21 May 2011

Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan


Cuaca di Jakarta memang sedang tidak menentu, atau cuaca di Indonesia tepatnya, karena di Jawa Timur pun menurut Ibu saya, cuaca bisa berubah-ubah dalam sekejap. Pagi hari telah dimulai dengan matahari yang terik menyengat dan kemudian diatas pukul dua belas siang tiba-tiba saja awan mendung berarak menaungi langit Jakarta dan hujan pun turun dengan deras terkadang hingga larut malam. Nah, dalam kondisi seperti ini kesehatan tubuh memang kudu dijaga, selain makan yang teratur dan bergizi,  asupan vitamin C, tambahan porsi buah pun dirasa makin perlu supaya tetap fit dan tentu saja ... olah raga. Kegiatan yang terakhir ini saya ganti dengan menyapu, mengepel dan menyetrika baju bergunung-gunung. Maklum, saat tidak ada asisten di rumah Pete, maka acting sebagai upik abu pun saya lakoni ^_^.


Biasanya jika di kantor, saat siang hari panas begini saya akan menyerbu abang penjual rujak buah di seputar kantor ketika jam makan siang.  Walaupun buah-buahan yang ditawarkan sebenarnya kurang begitu menggugah selera, tetapi itu lebih baik dibandingkan tidak ada sama sekali. Selain rujak buah, ada satu lagi olahan buah lainnya yang manis dan segar serta pas untuk dicicipi setelah makan siang yang berat, sop buah. Penjual sop buah ini letaknya di samping kantor KPK, cukup jauh dari kantor saya sebenarnya. Disana, deretan penjual makanan komplit berjajar dan rasanya pun lumayan lezat untuk lidah karyawan kantor seperti saya. Sop buahnya segar dengan aneka buah yang menggugah selera. Sayang, porsinya kurang nendang... bagi saya ^_^.


Bagi anda yang belum pernah mecicipi sop buah jangan bingung ya, namanya memang sop buah tetapi makanan ini tidak ada hubungannya dengan sayur sop. Sop buah merupakan makanan sejenis es buah dimana di dalamnya berisi potongan-potongan buah seperti strawberry, jambu biji merah, melon, buah naga, apel, mangga, alpuka, kiwi, sirsak dan anggur. Lengkap kan? Buah-buahan ini ditata di dalam mangkuk dan disiram dengan susu kental manis, jus jeruk, sirup gula serta serutan es batu yang banyak. Mirip-mirip es teler hanya saja minus kelapa muda. Ketika es mencair maka akan tercipta kuah segar, manis dengan aroma jeruk dimana didalamnya potongan-potongan buah mengapung dengan cantiknya. Rasanya? Suegerrr!


Penjual sop buah cukup banyak di Jakarta, umumnya mereka menjajakan dagangannya menggunakan gerobak di tepian jalan, terutama di daerah perkantoran seperti di Jl. Rasuna Said atau Jl. Jend. Sudirman.  Berbekal resep si abang penjual sop buah disamping kantor KPK, maka saya pun membuatnya sendiri di rumah dari buah apapun yang masih tersisa di kulkas. Ternyata hasil mengaduk-aduk kulkas yang saya lakukan cukup memuaskan, saya menemukan apel, strawberry beku, sebuah jambu biji, satu buah pear, jus jeruk, jeruk lemon yang kulitnya telah hilang karena saya parut untuk membuat muffin. Kemudian si sop pun saya tambahkan dengan jagung manis kalengan dan agar-agar beku yang ada di freezer sisa membuat es sarang burung. So, apalagi yang kurang jika surga telah ada di mangkuk saya? 

Jika anda berniat membuatnya namun terasa berat karena banyaknya jenis buah yang digunakan, kenapa tidak membeli potongan-potongan aneka buah di abang penjual rujak? Hanya dengan enam ribu rupiah, satu bungkus potongan buah tersebut bisa anda sulap menjadi semangkuk sop buah yang laziz. Praktis kan?

Yuk kita buat saja.


Sop Buah
Resep dari penjual sop buah di bilangan Kuningan, Rasuna Said

Untuk 3 porsi sop buah

Bahan:
- 1 buah apel, kupas dan potong dadu, ciprati air jeruk nipis agar tidak berubah warna menjadi kecoklatan
- 5 buah strawberry, belah 4
- 1 buah pear, kupas dan potong dadu
- 1 buah jambu biji warna merah, kupas dan potong dadu
- 1/2 kaleng jagung manis pipilan
- 2 buah peach kaleng, potong dadu
- 1 potong agar-agar, parut kotak ukuran setengah cm

Kuah:
- Susu kental manis
- Sirup gula, saya menggunakan sirup vanila merk Marjan, anda bisa membuatnya sendiri dengan merebus 250 gram gula pasir dengan 1/2 liter air + 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk.
- Madu (optional)
- 6 butir jeruk peras ambil airnya
- 1 butir jeruk lemon ambil airnya (optional)
- Es batu yang dihancurkan
- Air matang

Cara membuat: 
Siapkan 3 buah mangkuk. 


Untuk masing-masing mangkuk, beri takaran seperti berikut:
- susu kental manis: 3 sendok makan
- sirup vanila: 3 sendok makan
- madu: 1 sendok makan
- air jeruk lemon: 1 sendok makan
- jus jeruk dari 2 butir jeruk peras
- air matang + 50 ml

Siramkan semua bahan-bahan diatas ke potongan buah dan taburi dengan es batu secukupnya.


Sop buah siap disajikan. Mantap!

2 comments:

  1. Hmm..siang2 ngeliat ginian pas puasa rasanya super sekali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas buka saya rasa lebih super, soalnya bisa langsung dicicipi heheheh

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di justtryandtaste@gmail.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Salam sukses!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...