09 May 2011

Tumis Jagung Muda & Bakso


Masakan ini telah lama saya buat hanya belum sempat untuk saya tampilkan di blog. Sebagaimana resep tumisan lainnya, bumbu-bumbunya sangat simple, membuatnya juga mudah, karena itu agar masakan yang ditumis 'nendang' di lidah maka kekuatan utamanya terletak pada perpaduan garam dan gula yang pas. Seringkali kita menemukan masakan yang rasanya 'cemplang' alias hambar, sebenarnya mungkin bukan karena bumbunya yang salah tetapi mungkin karena takaran gula dan garamnya yang kurang atau tidak seimbang. Karena sebanyak apapun bumbu dapur yang anda masukkan tetapi jika tidak diimbangi dengan garam dan gula yang sepadan maka lezatnya masakan tidak akan maksimal keluar.


Untuk bisa menakar kira-kira seberapa banyak gula dan garam yang harus anda cemplungkan ke dalam masakan memang memerlukan jam terbang dan uji coba berkali-kali. Saran saya jangan takut atau ragu untuk memasukkan takaran gula dan garam, perpaduan kedua bahan ini menciptakan rasa gurih yang mantap pada masakan anda.


Tips, masukkan gula pasir lebih dahulu baru kemudian diikuti dengan garam secara bertahap hingga dicapai rasa gurih yang pas, rasa manis lebih mudah dinetralisir dibandingkan dengan rasa asin. Untuk masakan yang ditumis dengan takaran kira-kira untuk 2 atau 3 orang maka 1 - 1,5 sendok makan gula pasir bisa anda masukkan, takaran garamnya kira-kira 1 - 2 sendok teh. Untuk masakan berkuah tentu saja takarannya harus lebih banyak. Jika anda menambahkan kaldu bubuk, kecap asin/soy sauce, saus tiram, kecap ikan atau jenis saus-saus lainnya, kurangi garam yang akan anda masukkan, karena kaldu bubuk dan saus umumnya telah ditambahkan garam ke dalamnya.  Cobalah bereksperimen dengan takaran gula dan garam ini, sekali dua kali mungkin rasa masakan anda akan seperti oralit tetapi untuk ketiga kalinya saya yakin pasti lebih lezat :)

Yuk, kita langsung masak saja.



Tumis Jagung Muda & Bakso
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 400 gram jagung muda, iris tipis
- 10 butir bakso sapi, iris tipis
- 2 tangkai daun bawang, rajang halus 
- 200 ml air 
- 1 buah tomat merah, rajang
- 2 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu, iris halus:
- 3 butir bawang putih
- 4 butir bawang merah
- 5 butir cabai rawit merah 
- 2 ruas jahe, iris tipis
- 3 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, pipihkan

Bumbu lainnya:
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 1/2  sendok teh garam
- 1 sendok teh saus tiram
- 2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu iris hingga harum dan layu.  Masukkan bumbu-bumbu lainnya, aduk rata.


Tambahkan irisan bakso dan jagung muda, aduk rata dengan bumbu, gunakan api sedang saja agar tidak gosong. Tuangkan 200 ml air kedalam tumisan, aduk-aduk dan masak hingga semua bahan matang.

Masak hingga air tumisan hampir kering, tambahkan daun bawang, aduk rata. Masak sebentar hingga daun bawang layu,  cicipi rasanya. Angkat.

Tumis jagung muda dan bakso ini lezat sekali disantap dengan nasi putih hangat, anda tidak perlu menggunakan lauk lainnya. Hmm, yummy!

0 komentar:

Post a Comment

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...