26 May 2011

Book's Review - 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati


~A book is like a garden carried in the pocket - Chinese Proverb~

Bagi anda yang mungkin rutin mengikuti blog saya pasti cukup mengenali beberapa postingan resep yang diambil dari buku 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati. Ini bukan karena saya kekurangan referensi buku sehingga seakan-akan semua resep di dalam buku tersebut berusaha saya praktekkan, tetapi karena memang beberapa resepnya menarik dan sesuai untuk saya coba. 

Aneka masakan Chinese & tradisional Indonesia seperti pempek Palembang

Saya merekomendasikan buku ini karena memang keren, buku dicetak dalam edisi hardcover, disertai dengan halaman yang menggunakan kertas art paper 120 gram. Tampilannya full color dan glossy. Ini baru dari sisi fisik si buku, isi di dalamnya juga tak kalah dengan luarnya. Buku terbitan Gramedia, November 2010,  ini memiliki variasi resep terkenal yang cukup lengkap mencakup cake, roti, aneka kue tradisional dan mancanegara, masakan ikan, ayam, daging sapi, resep mengenai mie, nasi dan lontong, hidangan berkuah dari berbagai daerah di Indonesia, puding, cookies dan minuman. Semuanya dengan gambar-gambar yang sangat menarik. 

Kue tradisional & luar negeri

Jika diperinci maka buku resep masakan Ny. Liem ini memiliki 98 resep cake dengan varian lapis legit yang sangat variatif;  54 resep roti; 34 resep snack; 23 resep kue tradisional Indonesia; 72 resep Chinese food;  32 resep puding; 55 resep minuman dan 37 resep kue kering. Jadi total keseluruhan resep sesuai dengan judul buku adalah 500 resep masakan. Resep-resep yang ditampilkan merupakan resep yang diajarkan di kelas kursus masak Ny. Liem yang sangat terkenal di Bandung. Mantap!

Aneka jenis lapis legit batik yang luar biasa variatif
Roti & puding


Selain itu saya cukup kagum dengan varian lapis legit Ny. Liem yang menurut saya luar biasa dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Untuk resep lapis legitnya hingga sekarang saya belum mencobanya karena jumlah telurnya yang membuat saya agak puyeng ^_^. 

Beberapa resepnya yang saya coba berakhir memuaskan seperti jenis-jenis kue kukus di Cake Buah Kukus; Cake Kukus Tumis Ayam; Kue Mangkuk Ubi Kuning;  dan brownies di Brownies Kukus, yang saya tampilkan di blog ini, resep masakan berkuah seperti Soto Padang dan Soto Betawi dan beberapa Chinese Food seperti Tim Ikan. Belum lagi aneka makanan berbahan ikan seperti pempek Palembang yang laziz dan unik di Pempek Lenggang & Tekwan, atau Otak-Otak Ikan. Ah, andai kursus memasak Ny. Liem ini membuka cabang di Jakarta, sepertinya saya sangat tertarik menjadi salah satu peserta kursusnya untuk menambah wawasan dan skill yang cethek ini ^_^

Mengingat materi buku yang padat dan ekslusif tidak heran jika buku ini cukup tinggi harganya, untuk melihat tampilan dan harganya secara online anda bisa klik di link Gramedia online disini. Walaupun cukup tinggi untuk ukuran buku masak tetapi buku ini layak untuk dijadikan koleksi di rumah karena sepertinya benar-benar akan berakhir di dapur anda untuk dibuka dan dicoba berulangkali, tidak hanya sekedar menjadi pajangan manis di rak buku di rumah. 

Salah satu resep nasi goreng

Mungkin selain harganya, kelemahan lainnya menurut saya adalah beberapa bahan-bahan kue yang dipergunakan kurang familier bagi saya, jadi alangkah baiknya jika buku ini memberikan penjelasan juga mengenai bahan-bahan kue tersebut disertai dengan pengaruhnya pada satu resep  masakan jika kita tidak menggunakannya ke dalam campuran adonan. Karena terus terang saja, beberapa bahan kue ini ketika saya tanyakan di toko bahan kue langganan mereka pun jarang mendengar dan tidak memilikinya. 

Secara keseluruhan saya puas memiliki buku ini di rumah dan tidak sabar untuk mempraktekkan jenis-jenis masakan lainnya. Semoga review ini cukup bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan anda untuk menambah satu lagi koleksi buku masakan di rumah.


Sources:
Buku 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati - Chendawati 
Gramedia Toko Buku Online

10 comments:

  1. makasih banget mbak atas review nya :) :) bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Siti, thanks atas komentarnya. Yep, belum ada buku masakan lainnya yang bisa saya review hahahhah

      Delete
  2. Kalau suatu hari mbak Endang menerbitkan buku masak dwi-bahasa,trus beredar di Indo & mancanegara...pasti laris manis deh mbak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaak, saya juga ngiler dengan ide itu hiiks, tapi masa iya ya hahahahha. Makasih atas semangatnya ya ^_^

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. aku udah punya mb buku ini, yg udah tsk praktekkan baru brownies hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kayanya kudu dipraktekkan yang lain ya, skrg buku ini susah carinya di pasaran hehehhe

      Delete
  5. mbakk endang yang baik hati..
    saya mau tanya nih emang harga bukunya berapa ya??
    terus kalo misalnya emang mau beli,, beli dimana mbak endang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya sekitar 130 rb an ya, sayangnya setahu saya udah gak ada lagi stocknya di toko buku. Udah banyak yang cari2, sialnya buku saya rusak kena bocoran atap wakkakkak

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di justtryandtaste@gmail.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Salam sukses!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...