29 May 2011

Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis


Resep ini hasil mencontek kantin di kantor saya yang minggu lalu menyediakan menu ini dan laris manis diserbu oleh karyawan kantor. Gurami memang ikan yang mudah diolah menjadi aneka jenis lauk yang lezat, dagingnya yang gurih dan tidak amis selayaknya ikan air tawar lainnya menjadikan jenis ikan ini sebagai rajanya ikan air tawar. Tidak heran harganya pun tinggi di pasaran. Paling mantap memang gurami di goreng kering dengan minyak yang banyak sehingga garing dan crispy hingga tulang, sirip dan kepalanya yang besar itu bisa habis disantap. 

Mangga muda

Kali ini ikan gurami yang telah digoreng kering saya siram dengan saus mangga muda yang rasanya asam manis pedas. Hmm, bisa habis nasi berpiring-piring menyantapnya. Bumbunya simple saja dan proses memasaknya juga tidak rumit. Selain mangga muda, nanas juga sedap untuk kita gunakan di saus asam manis ini. Berhubung mangga sedang musim dan mangga muda melimpah di pasar maka saya gunakan buah ini untuk menyedapkan gurami goreng saya. Pilih mangga yang mengkal berwarna kuning keputihan dan hindari yang masih terlalu mentah karena warna dagingnya kurang cantik di masakan dan jangan gunakan yang terlalu matang karena mangga mulai lunak.


Agar gurami menjadi garing dan crispy ketika digoreng maka potong gurami membujur dari bagian kepala hingga ujung ekor dan lebarkan saat ikan dimasukkan ke dalam minyak panas. Minta ke tukang ikan langganan anda untuk menyiangi dan sekalian memotong gurami dengan cara seperti ini. Selain itu, goreng ikan dengan minyak yang banyak hingga badan ikan tenggelam (deep fried).  Tips lainnya, pilihlah ikan yang masih segar agar tidak berbau amis. Ikan air tawar jika dalam kondisi telah layu atau tidak segar  akan semakin menguarkan aroma amis atau bau tanah yang kuat. Biasanya tukang ikan menyediakan ikan gurami yang masih hidup di dalam bak plastik penampungan dan anda tinggal pilih saja ikan hidup yang diinginkan dan si abang tukang ikan akan membereskannya untuk anda. 

Berikut resepnya ya. 
 


Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 1 ekor ikan gurami, berat kira-kira 500 gram
- 1/2 buah mangga mengkal, iris korek api
- 100 ml air

Bumbu ikan, haluskan:
- 2 butir bawang putih
- 1/2 sendok makan ketumbar
- 1/2 sendok makan garam
- 1 ruas kunyit
- 1 sendok makan air asam jawa

Bumbu, diiris:
- 1 buah tomat merah
- 3 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit hijau
- 3 buah cabai rawit merah
- 3 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 1 butir bawang bombay ukuran sedang
- 2 ruas jahe, pipihkan
- 1/2 sendok teh merica
- 2 sendok makan saus tomat botolan
- 2 sendok makan saus cabe botolan (optional)
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok  teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:


Siangi ikan gurami, buang sisiknya, belah membujur panjang di bagian punggung ikan mulai dari kepala hingga ekor. Buang isi perut dan insang, biarkan ekor dan siripnya. Cuci bersih ikan, dan kerat-kerat dagingnya. Beri bumbu ikan, remas-remas ke ikan hingga bumbu meresap. Sisihkan. 


Siapkan wajan, beri minyak banyak dan panaskan. Masukkan gurami dalam minyak panas hingga gurami tenggelam.  Goreng hingga satu sisi matang kecoklatan dan kering, balik ikan dan goreng kembali sisi sebelahnya hingga ikan matang. Angkat dan tiriskan. 

Siapkan wajan, beri dua sendok minyak goreng dan panaskan. Tumis bumbu iris hingga harum dan bawang menjadi kecoklatan. Masukkan air, aduk-aduk. Tambahkan merica bubuk, garam, gula pasir, kaldu bubuk, saus tiram, saus tomat dan saus sambal. Aduk rata dan cicipi rasanya. Masukkan mangga muda, aduk dan masak hingga mangga layu dan tumisan mendidih. Angkat. 


Letakkan gurami goreng di atas piring lebar datar, siram dengan saus mangga. Gurami siap disajikan dengan nasi hangat. Yummy!




2 comments:

  1. Mbak, ketumbarndok di daftar bahan, apaan sih mbak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ketumbar Jeng, heheh salah ketik, sudah saya revisi ya. Thanks ya. ^_^

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di justtryandtaste@gmail.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Salam sukses!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...