29 Mei 2011

Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis


Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT

Resep ini hasil mencontek kantin di kantor saya yang minggu lalu menyediakan menu ini dan laris manis diserbu oleh karyawan kantor. Gurami memang ikan yang mudah diolah menjadi aneka jenis lauk yang lezat, dagingnya yang gurih dan tidak amis selayaknya ikan air tawar lainnya menjadikan jenis ikan ini sebagai rajanya ikan air tawar. Tidak heran harganya pun tinggi di pasaran. Paling mantap memang gurami di goreng kering dengan minyak yang banyak sehingga garing dan crispy hingga tulang, sirip dan kepalanya yang besar itu bisa habis disantap. 

Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT
Mangga muda
Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT

Kali ini ikan gurami yang telah digoreng kering saya siram dengan saus mangga muda yang rasanya asam manis pedas. Hmm, bisa habis nasi berpiring-piring menyantapnya. Bumbunya simple saja dan proses memasaknya juga tidak rumit. Selain mangga muda, nanas juga sedap untuk kita gunakan di saus asam manis ini. Berhubung mangga sedang musim dan mangga muda melimpah di pasar maka saya gunakan buah ini untuk menyedapkan gurami goreng saya. Pilih mangga yang mengkal berwarna kuning keputihan dan hindari yang masih terlalu mentah karena warna dagingnya kurang cantik di masakan dan jangan gunakan yang terlalu matang karena mangga mulai lunak.

Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT

Agar gurami menjadi garing dan crispy ketika digoreng maka potong gurami membujur dari bagian kepala hingga ujung ekor dan lebarkan saat ikan dimasukkan ke dalam minyak panas. Minta ke tukang ikan langganan anda untuk menyiangi dan sekalian memotong gurami dengan cara seperti ini. Selain itu, goreng ikan dengan minyak yang banyak hingga badan ikan tenggelam (deep fried).  Tips lainnya, pilihlah ikan yang masih segar agar tidak berbau amis. Ikan air tawar jika dalam kondisi telah layu atau tidak segar  akan semakin menguarkan aroma amis atau bau tanah yang kuat. Biasanya tukang ikan menyediakan ikan gurami yang masih hidup di dalam bak plastik penampungan dan anda tinggal pilih saja ikan hidup yang diinginkan dan si abang tukang ikan akan membereskannya untuk anda. 

Berikut resepnya ya. 
 
Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT

Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 ekor ikan gurami

Bahan:
- 1 ekor ikan gurami, berat kira-kira 500 gram
- 1/2 buah mangga mengkal, iris korek api
- 100 ml air

Bumbu ikan, haluskan:
- 2 butir bawang putih
- 1/2 sendok makan ketumbar
- 1/2 sendok makan garam
- 1 ruas kunyit
- 1 sendok makan air asam jawa

Bumbu, diiris:
- 1 buah tomat merah
- 3 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit hijau
- 3 buah cabai rawit merah
- 3 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 1 butir bawang bombay ukuran sedang
- 2 ruas jahe, pipihkan
- 1/2 sendok teh merica
- 2 sendok makan saus tomat botolan
- 2 sendok makan saus cabe botolan (optional)
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok  teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT

Siangi ikan gurami, buang sisiknya, belah membujur panjang di bagian punggung ikan mulai dari kepala hingga ekor. Buang isi perut dan insang, biarkan ekor dan siripnya. Cuci bersih ikan, dan kerat-kerat dagingnya. Beri bumbu ikan, remas-remas ke ikan hingga bumbu meresap. Sisihkan. 

Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT

Siapkan wajan, beri minyak banyak dan panaskan. Masukkan gurami dalam minyak panas hingga gurami tenggelam.  Goreng hingga satu sisi matang kecoklatan dan kering, balik ikan dan goreng kembali sisi sebelahnya hingga ikan matang. Angkat dan tiriskan. 

Siapkan wajan, beri dua sendok minyak goreng dan panaskan. Tumis bumbu iris hingga harum dan bawang menjadi kecoklatan. Masukkan air, aduk-aduk. Tambahkan merica bubuk, garam, gula pasir, kaldu bubuk, saus tiram, saus tomat dan saus sambal. Aduk rata dan cicipi rasanya. Masukkan mangga muda, aduk dan masak hingga mangga layu dan tumisan mendidih. Angkat. 

Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT
Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT

Letakkan gurami goreng di atas piring lebar datar, siram dengan saus mangga. Gurami siap disajikan dengan nasi hangat. Yummy!

Resep Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis JTT



16 komentar:

  1. Mbak, ketumbarndok di daftar bahan, apaan sih mbak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ketumbar Jeng, heheh salah ketik, sudah saya revisi ya. Thanks ya. ^_^

      Hapus
  2. mbak, kalau saus mangga nya diganti dgn nanas, butuh nanasnya brp banyak? Thx b4 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba June, pakai 1/2 buah nanas yang kecil cukup kok mba ^_^

      Hapus
  3. Mbak endang, makasih resep guramenya. Udah dipraktekkan dan suamiku lahap makannya. Kalo yang udah diberi bumbu, masuk kulkas yang bawah tahan berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantappp, thanks ya. Kalau chiller (kulkas bagian bawah) hanya tahan 2 hari saja ya

      Hapus
  4. Mbak Endang....posting resep ikan bakar madu dong.....yang uenak kayak di resto itu lhoooo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba hany, waah ikan bakar madu yang kaya gimana yaa wakakka, ntar saya gali2 memory dulu dah pernah makan apa belum ya hehehe

      Hapus
    2. Mungkin ikan yg dibakar dengan olesan bumbu madu ya Mba

      Hapus
    3. kaya ayam bakar madu ya, hmmm enak kayanya tuh, hehehhe

      Hapus
  5. mba, kalau pake nanas, resepnya sama aja kah?

    BalasHapus
  6. Mba Endang, saya sudah cobain resepnya, seperti biasa wuenakkkk, bumbu ikan maupun bumbu saosnya. makasih ya mba... oya mau nanya ni mba, kenapa ya kalo saya goreng ikan, ikannya lengket di wajan, salahnya dimana? sehingga jadi hancur ga cakep sama sekali, salah wajannya yg bukan anti lengket, atau salah minyak yg kuran panas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Welly, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka.

      tips ibu saya kalau nggoreng pakai wajan biasa (bukan anti lengket): minyak harus benar2 panas ketika ikan masuk. Saat akan dibalik, matikan api dulu, diamkan beberapa saat sampai gak terlalu panas, baru dibalik. Butuh kesabaran memang kalau menggoreng ikan pakai wajan biasa ya, paling oke pakai wajan anti lengket mba hehehhe

      Hapus
  7. Salam, mbak saya pengunjung baru. Resep nya sudah saya coba. Bener enaaak. Saya gk harus bingung2 lagi nyeimbangin rasa karena komposisi garam gula nya di jabarkan jelas. Maklum masih pemula dalam masak. Terimakasih resep nya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Listia sharingya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...