29 Mei 2011

Resep Cake Apel


Resep Cake Apel JTT

Satu lagi jenis cake yang sangat mudah dibuat, tidak memerlukan mixer dan proses yang rumit, Cake Apel ala Smitten Kitchen. Sudah lama saya ingin membuat cake apel yang lezat,  mudah dan murah, karena sering kali apel di kulkas berakhir kisut saking lamanya terbenam di sana bersama aneka bahan makanan lainnya yang kadang-kadang membuat saya takjub karena baru teringat jika saya memilikinya. Apel merupakan salah satu jenis buah yang kurang saya sukai dan biasanya paling banter buah ini berakhir menjadi jus  bersama dengan buah-buah lainnya sebagai campuran. 

 Resep Cake Apel JTT
Resep Cake Apel JTT

Hari ini Ibu saya yang pulang berkunjung dari Depok bersama Tante Sopiah membawa sekantung apel merah jenis Red Delicious, kali ini saya ogah mengolahnya hanya sebatas menjadi jus, saya pun berkutat sejenak mencari resep cake apel di website Smitten Kitchen yang pernah saya baca. Trala, hanya dalam waktu dua jam, maka cake apel yang lezat ini pun tersaji di meja dan menjadi buah tangan ketika Tante saya kembali ke Depok.  

Cake ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahan yang dipergunakan pun relatif sederhana,. Sebagaimana cake yang proses pengolahannya tidak menggunakan mixer maka teksturnya tentu saja tidak lembut namun legit dan empuk dengan permukaan yang garing.  Menurut saya takaran gulanya terlalu banyak sehingga cake terasa terlalu manis walaupun kemudian rasa manis yang berlebihan ini dinetralisir oleh potongan apel yang sedikit asam. Jika anda hendak mencoba membuatnya, saran saya kurangi sedikit porsi gulanya agar rasa manis cake tidak terlalu nendang. Secara keseluruhan cake ini lezat dengan aroma kayu manis yang lembut.

Resep Cake Apel JTT

Untuk jenis apelnya, saya rasa sebaiknya menggunakan apel dengan tekstur sedikit keras agar tidak lembek ketika di panggang, dan jika menggunakan apel jenis yang kecil  seperti yang saya pakai maka tambahkan jumlah apel sehingga menjadi sekitar 7 - 8 buah apel agar pas dengan takaran adonan. 

Berikut resepnya ya.


Resep Cake Apel JTT


Cake Apel
Resep diadaptasikan dari Smitten Kitchen - Mom's Apple Cake 

Untuk  1 loyang cake diameter 23 cm

Bahan:
Untuk apel, campur jadi satu bahan di bawah, aduk rata dan sisihkan.
- 7 butir apel, kupas kulitnya, potong dadu
- 1  sendok makan bubuk kayu manis
- 5 sendok makan gula pasir

Bahan adonan cake:
- 200 ml minyak sayur (saya menggunakan minyak zaitun)
- 300 - 400 gram gula pasir - 1 sendok teh vanila ekstrak
- 4 butir telur  ayam
- 50 ml jus jeruk
- 330 gram tepung terigu serba guna, saya menggunakan Segitiga Biru
- 1 sendok makan baking powder, pastikan fresh
- 1 sendok teh garam

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 175'C, letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang tulban  bongkar pasang (loyang cincin, lubang di tengah) dengan mentega dan taburi tepung terigu. Sisihkan. 

Resep Cake Apel JTT
Resep Cake Apel JTT

Dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan minyak, gula pasir, vanila ektrak dan jus jeruk. Aduk rata. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam menjadi satu, kemudian masukkan bahan basah (campuran minyak dan gula) ke dalam tepung. Aduk rata. Masukkan telur satu persatu ke dalam adonan, aduk rata sebelum menambahkan telur berikutnya. 

Resep Cake Apel JTT

Masukkan setengah adonan ke dalam loyang, ratakan. Kemudian tambahkan setengah apel ke atas adonan di dalam loyang, tata agar apel menyebar ke seluruh permukaan adonan. Tutup apel dengan memasukkan sisa adonan dan akhiri dengan memasukkan sisa apel ke dalam loyang sehingga menyebar ke permukaan cake. 

Resep Cake Apel JTT

Panggang selama + 1 1/2 jam, test dengan tusuk gigi, jika masih ada adonan yang menempel panggang kembali cake hingga matang. Keluarkan cake dari oven, biarkan kira-kira 10 menit, kemudian dengan menggunakan pisau sisiri tepian cake untuk memastikan tidak ada bagian cake yang menempel di loyang. Keluarkan cake dengan menarik bagian tengah loyang yang menonjol sambil menekan bagian bawah loyang agar terlepas.

Biarkan cake benar-benar dingin sebelum dipotong. Enjoy!


Source:
Smitten Kitchen - Mom's Apple Cake



18 komentar:

  1. mba ..thanks utk resep nya. pagi ini saya coba...bagus hasilnya TETAPI tengahnya nga mateng hehhee dan pas di keluarin dari loyang (loyang saya yang segi empat bukan yg seperti di contoh mba....ehhhhhhhhhh bagian tengahnya nempel di loyangnyaaa ...hehehe nways thanks thanksss.. mungkin kah kasalahnya karena loyangnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cake ini tebal karena itu digunakan loyang tulban/lubang tengah agar matangnya sempurna, jika hendak menggunakan loyang biasa sebaiknya cake dipanggang dengan suhu lebih kecil dan permukaan cake ditutup dengan alumunium foil agar tidak lekas gosong.

      Hapus
  2. ooooo ya. thanks ya mba.ure an inspiration espcially for beginner like me. thankssss sukses selalu . hari ini mau coba lagi. heheeeheh lovely day ahead.

    BalasHapus
  3. Mbak kl tanpa baking powder bisa ga ya? Apa telur nya perlu ditambain? Mohon pencerahannya ya. Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sayangnya untuk cake ini nggak bisa kalau nggak pakai BP, tidak bisa kembang Mba.

      Hapus
  4. Mbak Endang, kemarin sdh saya coba. Saya buat 1/2 resep, pakai gula 150g, dan hasilnya agak terlalu manis buat saya. Apelnya saya pakai Fuji, minyak sayur saya ganti dg margarin cair dg jumlah sama. Tekstur mirip banana cake ya, mbak? Rasanya lumayan enak, mungkin lebih enak lagi kalau apelnya granny smith yg asem2 seger (tapi lumayan mahal). Ada sedikit kecelakaan kemarin, mbak. Krn oven saya tangkring dan tdk pakai api atas, kue saya balik dan ... cake saya terbelah jadi dua pas di lapisan apelnya. Mungkin wkt itu kue belum matang sempurna, jadi masih lembek di tengah. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba ZSisca, yep teksturnya kasar kaya banana cake, mungkin karena adonan hanya diaduk2 ya, kudu cari resep yang pakai mikser supaya rasanya lebih nendang. Cake ini agak lama matangnya, karena tebal dan apel membuat basah di tengah. kalau cuman api bawah letakkan rak agak atas agar cake matang tpi gak cepat gosong di bawah.

      Hapus
    2. Ya, mbak matangnya lama. Pertama saya letakkan loyang di rak tengah, sampai 1 jam kok masih basah wkt tes tusuk. Trus saya pindah ke rak bawah kira2 30'. Lalu saya balik spy atasnya lebih kering, dan ambrol... Tapi bwhnya gak gosong kok. Cuma gak sabar, kuenya betah di oven lama2. he..he...
      Sisca - Surabaya

      Hapus
  5. kurang empuuk ya mba.... kata ayahku ini bantat ya???hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, semi bantat ya cakenya hehheheh, kalau mau empuk kayanya adonan harus dimikser Mba

      Hapus
  6. Mba Endang,
    Mba..aku sudah beberapa kali mencoba resep ini..enak mba..banget...aku ga pakai jus jeruk..pakai air aja..
    Mba hanya saja setiap aku buat ya apelnya menyebar di permukaan terus mba..ga kayak punya mba Endang ini..ga kliatan di permukaan...
    Tapi kubiarkan aja soalnya malah bagus menurutku..he he he...
    Mba ..ijin ya pakai resep ini..soale sudah kuposting di blog he he he...
    Makasih ya mba...uhuy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Monic, wah kenapa bisa menyebar ke permukaan ya, padahal adonannya berat ya, jadi menekan apel tetap di dasar loyang hehehe. Sip, silahkan di sharing di blognya. Thanks telah menulis pengalamannya disini ya Mba. sukses selalu! ^_^

      Hapus
  7. Ada resep cake yg tanpa mikser & dikukus gk mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak mba, coba cek saja di kategori cake kukus ya

      Hapus
  8. wah sy tertarik nih mba mau nyoba resep ini, kebetulan di kulkas ada apel malang yg nganggur hee
    tp klo masaknya sy kukus kira2 bs ga mba? wktunya jd brp lm?
    trus klo sy pake 1/2 resep aja, BP nya ikut dikurangin jg ga? trus satu lg, klo jus jeruk ga pake ganti apa ya mba?
    waduhh maap ya mba sy byk tny, maklum pemula mba hhee
    tq bgt yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, bisa dikukus ya, hanya saja mungkin hasilnya akan moist dan lembab. Kukus selama 40 - 1 jam ya. Kalau 1/2 resep pakai BP nya setengah saja mba. Jus jeruk ganti dengan air biasa atau susu cair gak papa ya.

      Hapus
  9. Enak bnget ini cake apple nya.. udh nyobain bkin. Thanks mba..untk resepny ;)

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...