26 Mei 2011

Review Buku - 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati


Review Buku Memasak JTT

~A book is like a garden carried in the pocket - Chinese Proverb~

Bagi anda yang mungkin rutin mengikuti blog saya pasti cukup mengenali beberapa postingan resep yang diambil dari buku 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati. Ini bukan karena saya kekurangan referensi buku sehingga seakan-akan semua resep di dalam buku tersebut berusaha saya praktekkan, tetapi karena memang beberapa resepnya menarik dan sesuai untuk saya coba. 

Review Buku Memasak JTT
Aneka masakan Chinese & tradisional Indonesia seperti pempek Palembang

Saya merekomendasikan buku ini karena memang keren, buku dicetak dalam edisi hardcover, disertai dengan halaman yang menggunakan kertas art paper 120 gram. Tampilannya full color dan glossy. Ini baru dari sisi fisik si buku, isi di dalamnya juga tak kalah dengan luarnya. Buku terbitan Gramedia, November 2010,  ini memiliki variasi resep terkenal yang cukup lengkap mencakup cake, roti, aneka kue tradisional dan mancanegara, masakan ikan, ayam, daging sapi, resep mengenai mie, nasi dan lontong, hidangan berkuah dari berbagai daerah di Indonesia, puding, cookies dan minuman. Semuanya dengan gambar-gambar yang sangat menarik. 

Review Buku Memasak JTT
Kue tradisional & luar negeri

Jika diperinci maka buku resep masakan Ny. Liem ini memiliki 98 resep cake dengan varian lapis legit yang sangat variatif;  54 resep roti; 34 resep snack; 23 resep kue tradisional Indonesia; 72 resep Chinese food;  32 resep puding; 55 resep minuman dan 37 resep kue kering. Jadi total keseluruhan resep sesuai dengan judul buku adalah 500 resep masakan. Resep-resep yang ditampilkan merupakan resep yang diajarkan di kelas kursus masak Ny. Liem yang sangat terkenal di Bandung. Mantap!

Review Buku Memasak JTT
Aneka jenis lapis legit batik
Review Buku Memasak JTT
Roti & puding

Selain itu saya cukup kagum dengan varian lapis legit Ny. Liem yang menurut saya luar biasa dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Untuk resep lapis legitnya hingga sekarang saya belum mencobanya karena jumlah telurnya yang membuat saya agak puyeng ^_^. 

Beberapa resepnya yang saya coba berakhir memuaskan seperti jenis-jenis kue kukus di Cake Buah Kukus; Cake Kukus Tumis Ayam; Kue Mangkuk Ubi Kuning;  dan brownies di Brownies Kukus, yang saya tampilkan di blog ini, resep masakan berkuah seperti Soto Padang dan Soto Betawi dan beberapa Chinese Food seperti Tim Ikan. Belum lagi aneka makanan berbahan ikan seperti pempek Palembang yang laziz dan unik di Pempek Lenggang & Tekwan, atau Otak-Otak Ikan. Ah, andai kursus memasak Ny. Liem ini membuka cabang di Jakarta, sepertinya saya sangat tertarik menjadi salah satu peserta kursusnya untuk menambah wawasan dan skill yang cethek ini ^_^

Mengingat materi buku yang padat dan ekslusif tidak heran jika buku ini cukup tinggi harganya, untuk melihat tampilan dan harganya secara online anda bisa klik di link Gramedia online disini. Walaupun cukup tinggi untuk ukuran buku masak tetapi buku ini layak untuk dijadikan koleksi di rumah karena sepertinya benar-benar akan berakhir di dapur anda untuk dibuka dan dicoba berulangkali, tidak hanya sekedar menjadi pajangan manis di rak buku di rumah. 

Review Buku Memasak JTT
Salah satu resep nasi goreng

Mungkin selain harganya, kelemahan lainnya menurut saya adalah beberapa bahan-bahan kue yang dipergunakan kurang familier bagi saya, jadi alangkah baiknya jika buku ini memberikan penjelasan juga mengenai bahan-bahan kue tersebut disertai dengan pengaruhnya pada satu resep  masakan jika kita tidak menggunakannya ke dalam campuran adonan. Karena terus terang saja, beberapa bahan kue ini ketika saya tanyakan di toko bahan kue langganan mereka pun jarang mendengar dan tidak memilikinya. 

Secara keseluruhan saya puas memiliki buku ini di rumah dan tidak sabar untuk mempraktekkan jenis-jenis masakan lainnya. Semoga review ini cukup bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan anda untuk menambah satu lagi koleksi buku masakan di rumah.


Source:
Buku 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati - Chendawati 
Gramedia Toko Buku Online



29 komentar:

  1. makasih banget mbak atas review nya :) :) bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Siti, thanks atas komentarnya. Yep, belum ada buku masakan lainnya yang bisa saya review hahahhah

      Hapus
  2. Kalau suatu hari mbak Endang menerbitkan buku masak dwi-bahasa,trus beredar di Indo & mancanegara...pasti laris manis deh mbak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaak, saya juga ngiler dengan ide itu hiiks, tapi masa iya ya hahahahha. Makasih atas semangatnya ya ^_^

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. aku udah punya mb buku ini, yg udah tsk praktekkan baru brownies hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kayanya kudu dipraktekkan yang lain ya, skrg buku ini susah carinya di pasaran hehehhe

      Hapus
  5. mbakk endang yang baik hati..
    saya mau tanya nih emang harga bukunya berapa ya??
    terus kalo misalnya emang mau beli,, beli dimana mbak endang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya sekitar 130 rb an ya, sayangnya setahu saya udah gak ada lagi stocknya di toko buku. Udah banyak yang cari2, sialnya buku saya rusak kena bocoran atap wakkakkak

      Hapus
  6. hai mbk endang,... Next time coba isi blognya mbk endang ini dibuat buku,saya pasti beli hehe ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fina, sudah ada bukunya ya Mba, judulnya Home Cooking, tapi hanya berisi 50 resep terfavorit JTT, ada di toko buku ya.

      Hapus
  7. susahnya nyari buku ini. hik3. ampe seantero jagad maya, semua kosong. makin baca, lihat reviewnya, makin penuh penyesalan kenapa nda punya my holy grail cookbook

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, sekarang susah cari buku ini, kemana2 sudah gak ada Mba ^_^

      Hapus
  8. Bisa beli online gak ini buku? ga ada di gramed..
    sama JTT cookbook

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali, saya tidak jualan buku ini ya, dan yep memang buku ini sudah tidak ada di pasaran ya.

      JTT cookbook saya rasa masih banyak di toko buku dan online shop ya

      Hapus
  9. wahh baru mau beli ternyata udah ga ada ya mba... sayang sekali yaa....

    BalasHapus
  10. Mba Endang,

    Setelah pencarian hampir 10 bulan, kesana sini dan toko buku bekas akhinya aku dapat buku ini kemaren siang. Selaen harganya yang fantastis ternyata iya banyak bahan' yg aku ga ngerti. Aku jg beli buku kue stick Ny.liem dan isinya jg sama, bnyak bahan" yang ga dimengerti.

    Lebih enak baca versi resep mba Endang walo resepnya diambil dari resep buku Ny. Liem karena lebih bisa dicerna bahasa dan detail pembuatannya wkkkwkwkwkwkwkwk.......


    -Inge \(^.*)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Inge, wah selamat ya, akhirnya ketemu juga hehhehe. Yepp, saya sampai sekarang masih banyak gak ngarti sama beberapa bahan yang dicantumkan di resep wakkakkaka, pilihan saya skip saja.

      Hapus
  11. Mba inge , dapat bukunya dimana?
    Mau donk beli, dah lama banget ku juga nyari.
    Beli ke mba inge juga gpp.....

    Pa mgkn mba endang jualan juga boleh.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka saya gak jual ya, saran saya keep hunting heheheh

      Hapus
  12. Mbak... yg punya buku ini saya minta foto copynya deh... saya berani bayar 150 ribu buat foto copy nya... sms ke saya ya klo ada yg punya ke Ari 081285383743 trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang sekali buku milik saya kini entah kemana hiiks.

      Hapus
  13. Penerbitnya siapa..dan ditoko buku mana saja biasanya ada..

    BalasHapus
  14. Saya cr digramedia barusan sdh ga ada hahhaa mbk sy senang resepnya mbak, sudah bnyk yg di praktekin skrg menu mknan kluarga jd bervariasi, suami jd senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, memang susah buku ini, udah gak ada cetak ulangnya juga. Thanks sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka

      Hapus
  15. Mau tanya utk buku ini didalamnya ada resep bolu kukus mekar ny liem kah ?
    Terimakasih

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...