26 Mei 2011

Oleh-Oleh Dari Ibu Saya: Otak-Otak Ikan Asli Tanjung Pinang


Otak-Otak Ikan Asli Tanjung Pinang JTT

Saya pernah tulis di artikel sebelumnya tentang makanan bernama otak-otak ikan khas Tanjung Pinang beserta resep yang saya peroleh dari Ibu saya, anda bisa klik disini untuk melihatnya. Nah, kali ini saya akan tampilkan makanan tersebut, asli dari daerah asalnya, Tanjung Pinang - Kepulauan Riau. Ibu, dua adik laki-laki saya serta Tante saya yang di Depok minggu kemarin berkesempatan untuk berlibur ke Batam, kemudian lanjut ke Tanjung Pinang, singgah sebentar di Duri-Pekanbaru, baru kembali lagi ke Jakarta untuk kemudian pulang ke Ngawi. Walaupun saya lupa menitipkan pesan-pesan ke Ibu sebelum berangkat, rupanya beliau tahu betapa anaknya ini penggila berat otak-otak ikan Tanjung Pinang. Jadi satu tas plastik besar otak-otak, habis saya sikat berdua Dimas, adik saya yang paling kecil. 

Otak-Otak Ikan Asli Tanjung Pinang JTT

Otak-otak ikan ini warnanya jingga menyala, sangat berbeda dengan otak-otak Jakarta atau Makasar. Selain bumbunya yang lebih pedas dan rempahnya  yang berani, juga campuran parutan kelapa di adonannya yang membuat otak-otak Tanjung Pinang semakin gurih. Pembungkusnya juga cukup unik yaitu daun kelapa. Untuk rasanya sebenarnya  mirip dengan  otak-otak yang pernah saya posting sebelumnya di Otak-Otak Ikan Tanjung Pinang. Hanya saja takaran cabai merah dan kunyitnya sepertinya harus ditambah jika ingin mendapatkan warna jingga menyala seperti aslinya. 

Selain itu adonannya juga menggunakan cacahan daging cumi-cumi, saya baru teringat saat menyantapnya. Resep saya sebelumnya tidak menggunakan daging cumi-cumi dan kelapa parut, sebagai gantinya saya memakai santan agar adonannya menjadi gurih. Saya belum mencoba resep dengan versi menggunakan cumi-cumi, namun jika anda berminat berikut resep otak-otak ikan tanjung pinang versi kedua ya, resep yang ini belum saya coba di dapur JTT. Resep ini dari Ibu saya yang bertanya langsung dengan penjual otak-otaknya. Mantep!

Otak-Otak Ikan Asli Tanjung Pinang JTT

Otak-Otak Ikan Tanjung Pinang Versi 2
Resep dari pedagang otak-otak di Tanjung Pinang

Untuk + 30 otak-otak

Bahan:
- 300 gram daging ikan berwarna putih, bisa menggunakan selar, layur, kembung. Pisahkan daging dan tulangnya. Haluskan dagingnya.
- 2 ekor cumi-cumi ukuran sedang, bersihkan dan cincang agak kasar
- 50 gram kelapa muda parut
- 1 sendok makan tepung sagu atau tapioka
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- beberapa lembar janur lengkap dengan lidinya, potong-potong sepanjang 20 cm.
- 3 lembar daun jeruk purut, rajang halus

Bumbu dihaluskan, saya masukkan semua bahan ke dalam blender:
- 10 butir cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit merah
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 2 sendok teh ketumbar
- 1 ruas jahe
- 2 ruas kunyit
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 1/2 sendok teh jintan
- 1 ruas lengkuas, iris-iris

Cara membuat: 
Siangi ikan, buang kepala, duri dan kulitnya. Masukkan daging ikan dan semua bumbu  yang dihaluskan ke dalam blender. Proses hingga halus. 

Tuangkan daging ikan ke dalam mangkuk, tambahkan cumi-cumi yang dicincang, kelapa parut, tepung tapioka, garam, gula, dan kaldu bubuk.  Aduk rata dan cicipi rasanya.

Isikan sekitar 1 sendok makan adonan ke dalam salah satu pelepah daun kelapa, tutup dengan daun kelapa lainnya sehingga adonan ikan berada di dalam daun. Semat kedua ujungnya dengan steples.

Bakar otak-otak diatas bara atau pemanggang kawat yang diletakkan di atas kompor hingga permukaan daun kecoklatan dan otak-otak matang. Angkat dan sajikan. 



29 komentar:

  1. akhirnya dapat jg resep otak - otak khas tanjung pinang. saya tinggal di tanjung uban (kepri). Makasih mba' Endang....... I LIKE JUST TRY & TASTE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Reeta, di Batam ada penjual Otak2 nama warungnya Shiang-Shiang. Otak2ya mantap surantap, sayangnya otak2 yang saya buat belum mirip itu hiiksss

      Hapus
  2. Akhirnya dpt resep otak2 yg uenak n' mantap. Dah lame sy nyari resep ni. Dulu pernah nyoba bikin, malah jdnya sperti empek2 bakar, he...he...he... Mks mb Endang, jarang ada org yg mau berbagi resep, smoga bs terus berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Reeta, moga sesuai keinginan setekah dicoba ya, terus terang resep ini belum seperti otak2 impian di Batam

      Hapus
  3. Jadi inget waktu kecil di tg pinang. Tiap pulang dr pantai trikora pasti beli otak" cumi.. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yepp, waktu kecil keluarga saya suka tamasya disana dan pasti kami membeli otak2 sebanyak2nya.murah dan enakkkk

      Hapus
  4. Mbak endang asalnya dr tanjung pinang ya?saya liat bbrp postingannya khas dr Riau,saya dr pekanbaru mba,salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba jeani, yep ibu saya asli dari tanjung pinang ya, dan masa kecil saya memang sempat disana hehhehe. salam kenal juga ya mba

      Hapus
  5. Mbak gmn caranya spy kenyal...sy buat malah lembek bek bek

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mas Hendri, tipsnya daging ikan 300 gram, 1 putih telur, 2 sdm tapioka, 100 ml santan, 1/2 sdm baking powder, dan semua bumbu, proses dengan chopper/food pro sampai smooth. pasti hasilnya akan kenyal.

      Hapus
  6. ا لسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ mb bumbu halusnya utk apa? K☺k gak d masukin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho kan sudah ada di prosenya mba:
      Masukkan daging ikan dan semua bumbu yang dihaluskan ke dalam blender. Proses hingga halus.

      Hapus
  7. Mbk sbnrnya resepnya pake santan gak? di resep atas ga pk santan, tpi resep yg di comment pke santan.thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya buat diatas tidak pakai santan, tapi saya sudah coba lagi dan ganti proses pakai santan. sayangnya resep masih di buku ke 3 belum saya masukkan di blog hehhehe. pakai santan lebih oke

      Hapus
  8. Assalamualaikum mb Endang salam kenal...sama2 Endang yah...barusan saya juga buat otak2 nya ..pak3 santan..tp rasa kurang manis....karwna sulit cari daun kelapa akhirnya sy pakai daun pisang...alhamd jadi sih..kenyal..meski tanpa baking soda...tapi tepung kanji nya saya tambahi td...juga pakai telor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba, adonannya harus dicicipi dulu mba, goreng secuil adonan, jadi kalau kurang garam/gula bs ditambah. yep pakai telur oke ya. thanks sharingnya mba

      Hapus
  9. Wah... makasih banyak Mbak... sebagai orang yang pernah beberapa tahun tinggal di sana dan lama nggak ke sana lagi, saya kangen banget dengan makan ini. TFS Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Ika, resep diatas kurang maknyus dan belum mirip seperti disana mba. Coba pakai yang ini:http://www.justtryandtaste.com/2016/02/resep-otak-otak-ikan-bumbu-rempah-JTT.html


      actually saya sudah trial error makanan ini berulang kali tapi masih belum puas hiiks

      Hapus
  10. izin copy resepnya ya mbak. terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh bikin tp rasa nya gk seenak yg d jual2 gtu..putus asa.tp coba dlu deh resep dri kk ini smoga tdk mengecewakn..trima ksih buat yg udh berbagi resep

      Hapus
    2. bumbu mau ditumis ya silahkan mba, kalau rasa ya selere masing2 beda . kalau mau sama kek yang jual ya kudu minta resep yang jual mba.

      Hapus
  11. Mbk kalau pkai santan pkai kelpa parut juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, cek resep otak-otak yang lain saja, ini linknya. ini lebih relevan rasanya hehehe

      http://www.justtryandtaste.com/2016/02/resep-otak-otak-ikan-bumbu-rempah-JTT.html

      Hapus
  12. Salam kenal mba..... Mertua saya dr tanjung pinang dan saya suka Skali otak2ny. Mau nanya dong,kalau untuk otak2 yg ga pedas yg putih itu apa resepnya sama ya mba,tinggal ga pakai cabe begitu,soalnya anak2ku ga suka pedas.... Mdh2an mba mau balas komentarku yaa.... Makasih sebelumny

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba, setahu saya sih sama saja, hanya tidak pakai cabai dan kunyit. Ini ada link resep otak2 terbaru yng pernah sya buat:
      http://www.justtryandtaste.com/2016/02/resep-otak-otak-ikan-bumbu-rempah-JTT.html

      Hapus
  13. Salam mba
    Untuk ikannya , ikan apa aja selain ikan tenggiri mba ?
    Soalnya ikan tenggiri harganya lumayan

    BalasHapus
  14. Mantap mbak..izin copas ya mbak..nanti saya coba buat dengan istri di rumah..

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...