31 May 2011

Pink Guava & Blueberry Smoothie (Smoothie Jambu Biji dan Blueberry)


Saya akui, saya memang penggemar berat aneka smoothie dan jus buah, kadang-kadang jika sedang malas makan sementara di rumah sedang melakukan aksi akrobat bersih-bersih dan cuci-cuci, se-pitcher besar smoothie - yep, se-pitcher besar - bisa saya minum sendiri hingga tetes terakhir ^_^. Contohnya hari ini, satu pitcher smoothie jambu biji dan blueberry di pagi hari dan satu pitcher smoothie mangga apel di malam hari. Wuah, perut saya rasa-rasanya seakan meledak karena kembung. Tentu saja saya harus katakan pada anda: don't try this at home. 


30 May 2011

Cumi-Cumi Asam Garam ala My Mom



Saya tidak tahu apakah anda akan setuju dengan saya, mengatakan enak untuk resep cumi-cumi yang satu ini, tetapi yang jelas resep ini telah turun-temurun di keluarga Ibu saya di Tanjung Pinang, mulai dari nenek saya, Mbah Surip, hingga ke anak-anaknya yang berjumlah 6 orang kemudian ke kami cucu-cucunya. Jelasnya cumi-cumi asam garam ini nggak ada matinya memuaskan selera kami akan masakan cumi-cumi yang sangat mudah  dibuat dengan rasa yang super tasty. Lezat! Nah, mumpung Ibu saya saat ini sedang di Jakarta, maka saya meminta beliau untuk memasak cumi-cumi asam garam untuk lauk hari ini. Hmm...


29 May 2011

Gurami Goreng Siram Saus Mangga Asam Manis


Resep ini hasil mencontek kantin di kantor saya yang minggu lalu menyediakan menu ini dan laris manis diserbu oleh karyawan kantor. Gurami memang ikan yang mudah diolah menjadi aneka jenis lauk yang lezat, dagingnya yang gurih dan tidak amis selayaknya ikan air tawar lainnya menjadikan jenis ikan ini sebagai rajanya ikan air tawar. Tidak heran harganya pun tinggi di pasaran. Paling mantap memang gurami di goreng kering dengan minyak yang banyak sehingga garing dan crispy hingga tulang, sirip dan kepalanya yang besar itu bisa habis disantap. 

Mangga muda

Cake Apel (Apple Cake ala Smitten Kitchen)


Satu lagi jenis cake yang sangat mudah dibuat, tidak memerlukan mixer dan proses yang rumit, Cake Apel ala Smitten Kitchen. Sudah lama saya ingin membuat cake apel yang lezat,  mudah dan murah, karena sering kali apel di kulkas berakhir kisut saking lamanya terbenam di sana bersama aneka bahan makanan lainnya yang kadang-kadang membuat saya takjub karena baru teringat jika saya memilikinya. Apel merupakan salah satu jenis buah yang kurang saya sukai dan biasanya paling banter buah ini berakhir menjadi jus  bersama dengan buah-buah lainnya sebagai campuran. 

 

27 May 2011

Pisang Goreng Pasir, Si Kriuk Untuk Menghangatkan Sore Anda

 
Pisang goreng, makanan yang tak lekang oleh waktu dan jaman yang terus bergulir. Di setiap sudut kota, gang hingga perkampungan tepencil pun penjual pisang goreng bisa kita temukan. Ini membuktikan makanan ini memiliki banyak penggemar. Mungkin karena itulah maka varian pisang goreng pun bermunculan jenisnya,  beragam modifikasi dilakukan untuk menciptakan pisang goreng yang paling renyah, paling lezat dan mantap. Salah satunya adalah pisang goreng pasir yang saya tampilkan kali ini. 

26 May 2011

Book's Review - 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati


~A book is like a garden carried in the pocket - Chinese Proverb~

Bagi anda yang mungkin rutin mengikuti blog saya pasti cukup mengenali beberapa postingan resep yang diambil dari buku 500 Resep Kue & Masakan: Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati. Ini bukan karena saya kekurangan referensi buku sehingga seakan-akan semua resep di dalam buku tersebut berusaha saya praktekkan, tetapi karena memang beberapa resepnya menarik dan sesuai untuk saya coba. 

Aneka masakan Chinese & tradisional Indonesia seperti pempek Palembang

Saya merekomendasikan buku ini karena memang keren, buku dicetak dalam edisi hardcover, disertai dengan halaman yang menggunakan kertas art paper 120 gram. Tampilannya full color dan glossy. Ini baru dari sisi fisik si buku, isi di dalamnya juga tak kalah dengan luarnya. Buku terbitan Gramedia, November 2010,  ini memiliki variasi resep terkenal yang cukup lengkap mencakup cake, roti, aneka kue tradisional dan mancanegara, masakan ikan, ayam, daging sapi, resep mengenai mie, nasi dan lontong, hidangan berkuah dari berbagai daerah di Indonesia, puding, cookies dan minuman. Semuanya dengan gambar-gambar yang sangat menarik. 

Kue tradisional & luar negeri

Jika diperinci maka buku resep masakan Ny. Liem ini memiliki 98 resep cake dengan varian lapis legit yang sangat variatif;  54 resep roti; 34 resep snack; 23 resep kue tradisional Indonesia; 72 resep Chinese food;  32 resep puding; 55 resep minuman dan 37 resep kue kering. Jadi total keseluruhan resep sesuai dengan judul buku adalah 500 resep masakan. Resep-resep yang ditampilkan merupakan resep yang diajarkan di kelas kursus masak Ny. Liem yang sangat terkenal di Bandung. Mantap!

Aneka jenis lapis legit batik yang luar biasa variatif
Roti & puding

Oleh-Oleh Dari Ibu Saya: Otak-Otak Ikan Asli Tanjung Pinang


Saya pernah tulis di artikel sebelumnya tentang makanan bernama otak-otak ikan khas Tanjung Pinang beserta resep yang saya peroleh dari Ibu saya, anda bisa klik disini untuk melihatnya. Nah, kali ini saya akan tampilkan makanan tersebut, asli dari daerah asalnya, Tanjung Pinang - Kepulauan Riau. Ibu, dua adik laki-laki saya serta Tante saya yang di Depok minggu kemarin berkesempatan untuk berlibur ke Batam, kemudian lanjut ke Tanjung Pinang, singgah sebentar di Duri-Pekanbaru, baru kembali lagi ke Jakarta untuk kemudian pulang ke Ngawi. Walaupun saya lupa menitipkan pesan-pesan ke Ibu sebelum berangkat, rupanya beliau tahu betapa anaknya ini penggila berat otak-otak ikan Tanjung Pinang. Jadi satu tas plastik besar otak-otak, habis saya sikat berdua Dimas, adik saya yang paling kecil. 


25 May 2011

Brownies Klasik


Ketika berkunjung ke salah satu institusi pemerintah dalam rangka training beberapa waktu yang lalu, saya dan rekan disuguhi dengan aneka kue lezat yang menggoda iman, salah satunya adalah potongan besar brownies yang dari tampilannya saya tahu pasti fudgy/legit sekali selayaknya brownies yang seharusnya. Sebuah merk bakery terkenal - yang berada di sekitar gedung tersebut - tercantum di kertas pembungkusnya. Ketika dipersilahkan untuk menikmati hidangan, maka brownies tampang fudgy ini langsung saya comot. Gigitan pertama, alis saya langsung naik. Hmm, so yummy! Kering di luar tapi lembab dan legit di dalam, sedikit liat dan rasa coklatnya nendang sekali. Ini brownies yang sempurna, pikir saya.


Hayam Masak Habang


Resep masakan ini saya ambil dari buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara yang diterbitkan oleh Saji bersama Kecap Bango, resep-resep Nusantara yang ditampilkan adalah resep yang termasuk kategori populer dari masing-masing daerah di Indonesia serta sangat mudah dibuat dengan rasa yang lezat. Beberapa resepnya telah saya praktekkan dan tampilkan di blog ini seperti Mie Kangkung dan Ayam Panggang Madu. Hayam masak habang ini adalah resep lainnya yang memiliki cita rasa pas dengan selera saya dan pastinya masyarakat Indonesia umumnya. Pedas, gurih sedikit manis dan asin. Mantap!

Menurut keterangan di buku, hayam masak habang adalah masakan khas dari daerah Riau yang artinya ayam masak merah. Warna merahnya apalagi jika bukan karena pemakaian cabai merah yang banyak. Meskipun berasal dari Riau, masakan ini juga terkenal di Kalimantan. Perbedaannya adalah hayam masak habang di Riau memakai kecap manis sehingga rasanya pedas manis sedangkan yang di Kalimantan memiliki cita rasa pedas asam.

24 May 2011

Yoghurt Rasa Mangga


Anda sering membeli yoghurt aneka rasa buah siap minum yang sekarang banyak sekali dijual di supermarket dalam berbagai merk? Nah, dengan sedikit usaha sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Apalagi yoghurt dengan rasa buah-buahan buatan sendiri ini tentunya lebih sehat dan baik bagi tubuh kita, karena lebih alami dengan buah asli dan tanpa bahan pengawet. Yoghurt-nya pun bisa kita pilih yang terbuat dari susu skim sehingga rendah lemak. 


Apa Yang Bisa Anda Ciptakan dari Sebotol Saus Spaghetti? (Bagian 3) Tagliatelle Alla Bolognese


Seporsi tagliatelle dengan saus bolognese untuk menemani makan malam anda? Bagi yang sedang berdiet, saya mohon maaf karena mungkin resep yang saya tampilkan kali ini kurang tepat mengingat kalorinya yang tinggi, tetapi bagi anda yang ingin menu makan malam yang sedikit berbeda dari yang biasanya, mungkin bisa dicoba. Tagliatelle alla bolognese ini menjadi makan malam saya dan Dimas, adik saya yang paling kecil dan sedang berkunjung ke rumah Pete - tadi malam. Berhubung cuma berdua, maka dua porsi besar pasta ini harus kami habiskan sendiri, dan terus terang sangat membuat kami megap-megap kekenyangan. ^_^

Sebagaimana dua resep masakan yang pernah saya tampilkan sebelumnya di Apa yang Bisa Anda Ciptakan Dari Sebotol Saus Spaghetti?, anda bisa klik kedua resep tersebut di Pizza Sayur: Terung, Jamur & Tomat  dan di Calzone Isi Tumis Daging Sapi Cincang, Jamur, Jagung Manis & Kacang Polong  maka resep ketiga ini masih dalam rangka yang sama yaitu untuk memberdayakan saus spaghetti botolan siap pakai yang masih tersisa di kulkas. Bersama resep ketiga ini maka saus spaghetti botolan saya pun habis sudah, walaupun saya masih punya banyak resep lainnya yang bisa dibuat dari saus tersebut. 


Tagliatelle dalam kondisi kering/mentah

23 May 2011

Sayur Bening Daun Katuk


Katuk, tanaman yang banyak tumbuh di pagar-pagar rumah penduduk dan seringkali di jual di pasar tradisional ini, dikenal memiliki banyak manfaat. Khasiat yang paling sering kita dengar adalah daunnya untuk memperlancar ASI (Air Susu Ibu) kaum ibu yang sedang menyusui. Padahal selain fungsi tersebut daun katuk ternyata juga banyak mengandung protein, serat, vitamin K, pro vitamin A (beta-karotena), B & C. Daun katuk juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor dan besi. Warna hijaunya yang gelap dikarenakan katuk banyak mengandung klorofil. (Wikipedia)

Daun Katuk

Cake Mangga & Kemacetan Jakarta - When Love and Hate Collide


Apa hubungan antara cake mangga dengan kemacetan Jakarta? Bagi anda mungkin tidak ada, tetapi bagi saya erat hubungannya. Jakarta memang tidak pernah lepas dari kemacetan dan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi pengguna jalan seperti saya untuk merasakannya, apalagi saat jam-jam sibuk seperti saat pulang kantor. Namun hari Jumat yang lalu, kemacetan memang sangat super sehingga terpaksa saya harus berjalan agak jauh hingga ke kawasan Setiabudi-Kuningan mencari taksi. Seperti biasanya, jika sedang dibutuhkan maka taksi pun seakan menghilang dari jalanan. Kaki dan bahu yang pegal karena harus menenteng notebook membuat saya mencari tempat untuk sekedar mengatur nafas sejenak. 

Nah, mata saya pun singgah pada penjual buah di sebuah sudut di jalan Setiabudi, mangga arum manis yang di-display di warungnya terlihat gemuk dan ranum. Ah tidak ada yang lebih manis dan sedap selain mangga arum manis masak pohon yang disantap sepulang berlelah-lelah mengarungi kemacetan Jakarta. Kaki saya-pun singgah kesana. 

Kemacetan di Jl. Rasuna Said (Kuningan)
Penjual buah di salah satu sudut jalan di Setiabudi

22 May 2011

Wheat Bran Bread - Roti Dari Wheat Bran


Adik saya, Wiwin, sedang menjalankan program diet. Program ini dia lakukan sejak melahirkan anak pertama, hasilnya adalah berat badan kadang turun tetapi lebih sering naik dengan diet ala yoyo yang dilakukannya. Diet pun berlanjut dan berhenti karena kehadiran anak kedua dan sekarang program berlanjut lagi. Nah, keponakan saya yang kedua ini sekarang telah berusia lebih dari lima tahun dan program penurunan berat badan yang dilakukan adik saya pun belum memuaskan. Belum? Tepatnya tidak memuaskan ^_^.


Ketika ke Jakarta minggu lalu, begitu adik saya mencicipi wheat bran muffin yang saya buat, dia langsung tertarik ketika saya jelaskan bahan-bahan si muffin yang sehat dan kaya serat. 

Adik saya yang agak-agak kecanduan tepung dan camilan ini pun request, "Bisa nggak kalau wheat bran dibuat menjadi roti? Kalau bisa, aku mau belajar buat supaya nanti di rumah Duri bisa bikin camilan sehat sendiri". "Tentu bisa", jawab saya yakin. Apalagi peralatan membuat cake dan roti yang dimiliki adik saya tergolong lengkap, bahkan mixer Bosch - yang menjadi incaran dan idaman saya dan hingga kini belum terwujud karena mahal harganya - telah dimilikinya sejak lama. "Tapi aku gagal terus kalau bikin cake atau roti, belum pernah berhasil satupun" lanjutnya. "Masa sih"? Balas saya tidak percaya. "Kalau bikin cake, pakai baking powder ini dong, pasti berhasil", lanjut saya sambil menunjukkan Hercules, merk baking powder andalan. "Udah, pakai itu kok tapi tetap saja bantat. Sudah pakai mixer mahal-mahal tetap gagal". Saya bingung juga, "Bikin cake apa"? tanya saya. "Oh bukan cake kok, aku bikin roti", jawabnya enteng dan saya pun bengong, speechless.


21 May 2011

Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan


Cuaca di Jakarta memang sedang tidak menentu, atau cuaca di Indonesia tepatnya, karena di Jawa Timur pun menurut Ibu saya, cuaca bisa berubah-ubah dalam sekejap. Pagi hari telah dimulai dengan matahari yang terik menyengat dan kemudian diatas pukul dua belas siang tiba-tiba saja awan mendung berarak menaungi langit Jakarta dan hujan pun turun dengan deras terkadang hingga larut malam. Nah, dalam kondisi seperti ini kesehatan tubuh memang kudu dijaga, selain makan yang teratur dan bergizi,  asupan vitamin C, tambahan porsi buah pun dirasa makin perlu supaya tetap fit dan tentu saja ... olah raga. Kegiatan yang terakhir ini saya ganti dengan menyapu, mengepel dan menyetrika baju bergunung-gunung. Maklum, saat tidak ada asisten di rumah Pete, maka acting sebagai upik abu pun saya lakoni ^_^.


20 May 2011

Kluwek: Tentang, Tips Memilih & Menggunakannya



Kluwek, keluwek, keluak, kluak, pangi, kepayang, picung, pucung, panarassan, semuanya adalah nama yang sama untuk menunjuk kepada tanaman yang bijinya digunakan oleh beberapa suku di Indonesia sebagai salah satu bahan bumbu masakan seperti rawon, brongkos, sayur pucung, coto, sop konro atau pallu kaloa (kuliner khas  Makasar, sejenis sup ikan berkuah kehitaman). Biji tanaman ini memberikan efek warna kehitaman pada hidangan berkuah dan juga bersifat mengentalkan dan menambah rasa gurih. Untuk resep rawon yang oke anda bisa klik di Rawon Ngawi ‘Nendang’ Ala My Mom yang pernah saya tulis sebelumnya. 

Tahukah anda ungkapan ‘mabuk kepayang’ dalam bahasa Melayu maupun bahasa Indonesia yang digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang sedang jatuh cinta sehingga tidak bisa berfikir logis diambil dari nama buah ini? Dalam kondisi mentah biji tanaman ini sangat beracun karena mengandung hidrogen sianida dalam konsentrasi tinggi. Menurut artikel di Wikipedia Indonesia, biji kepayang jika dimakan dalam jumlah tertentu akan menyebabkan pusing atau mabuk. Kondisi mabuk ini mungkin diasumsikan sama seperti ketika kita tidak mampu berpikir logis akibat keracunan sianida ^_^.


Nasi rawon khas Jawa Timur

19 May 2011

Rawon Ngawi 'Nendang' Ala My Mom


Di Ngawi, Jawa Timur, tempat saya dan Tedy dibesarkan, rawon merupakan santapan yang umum dijumpai disana. Jika anda sempat melewati daerah Madiun, Ngawi dan sekitarnya, papan-papan menu restoran yang menjual hidangan berkuah ini sangat mudah dijumpai, karena memang rawon adalah makanan khas Jawa Timur, walaupun di Surakarta, hidangan ini juga dikenal oleh masyarakat disana. Tidak heran, mengingat Surakarta jaraknya sangat dekat dengan Ngawi. 

Bagi anda yang belum familier dengan masakan ini, mungkin kurang berselera ketika menatap hidangan ini, potongan-potongan daging sapi bergelimang dalam kuah yang hitam dengan taburan daun bawang dan tauge diatasnya. Eits, jangan berubah pikiran dulu, idiom don't judge the book by it's cover saya katakan tepat untuk menggambarkan makanan ini. Tampangnya boleh tidak menarik tapi rasanya? Hmm, mantap! Gurih, kaya bumbu dan segar karena tidak mengandung santan. Warna hitam khas rawon ini karena adanya bumbu yang berperan sangat penting di masakan ini yaitu kluwek. Tidak menggunakan kluwek maka bukan rawon namanya. Kluwek selain memberikan efek warna hitam bak tinta juga membuat rasa kuah rawon menjadi gurih dan kental. 

Kluwek, biji dan isinya yang hitam

18 May 2011

Beef Teriyaki Dengan Jamur Shiitake

 

Masakan ini mudah dibuat dalam waktu yang relatif singkat, rasanya juga mantap sekali. Saya membuatnya pagi-pagi saat akan berangkat ke kantor dan dalam waktu setengah jam pun matang.  Lumayan, buat sarapan anggota keluarga yang sedang ramai di rumah plus sebagai bekal makan siang saya di kantor. Berhubung karena Ibu saya penggemar berat jamur shiitake kering maka saya tambahkan jamur ke dalam resepnya, jamur shiitake kering ini rasanya kenyal mirip-mirip dengan daging lho. Bahkan menurut saya dan keluarga, shiitake kering lebih lezat dari versi segarnya,  jika anda tidak suka silahkan di skip saja ya. 


Sebenarnya sangat disayangkan jika anda tidak menyukai jamur ini, karena selain lezat rasanya, shiitake adalah jenis jamur yang sejak dahulu kala sering dipergunakan untuk keperluan pengobatan. Penelitian modern menunjukkan bahwa jamur shiitake dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, memiliki sifat antibakteri, mengurangi agregasi trombosit, dan memiliki sifat antivirus, mungkin melalui agen antivirus yang dikenal sebagai inhibitor proteinase.  Selain itu jamur shiitake yang terpapar sinar matahari atau sinar UV dalam waktu yang tidak lama juga mengandung vitamin D dalam jumlah yang tinggi. (Wikipedia). 

17 May 2011

Tips Sukses Mengukus Cake

Brownies & Fruitcake Kukus

Sejak berkutat di JTT maka kukus mengukus cake sepertinya sudah tidak asing lagi bagi saya dan sejauh ini cake gagal berakhir bantat sehingga sulit dibedakan antara dodol dengan cake, belum pernah terjadi ^_^. So far, memang yang terpenting adalah jam terbang dan uji coba. Artinya, jangan menyerah jika hanya dua atau tiga kali gagal. Supaya kantong tidak kempes karena harus membeli bahan kue terus menerus untuk uji coba maka saran saya bagi yang hendak memulai membuatnya, gunakan resep yang sederhana baik bahan maupun prosesnya. 

Catat takaran & proses yang anda gunakan jika yang anda lakukan menyimpang dari resep sehingga bisa dilakukan analisa sesudahnya. Saya selalu menyiapkan sebuah buku catatan di dapur dan sebuah pulpen untuk mencoret-coret resep yang saya gunakan.

Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat


Mau makan camilan sehat karena kaya serat alami, rendah lemak namun enak dan mengenyangkan? Nah, kenapa anda tidak mencoba wheat bran muffin ini saja. Camilan ini sehat, lezat, mengenyangkan, sekaligus sangat mudah dibuat dalam waktu yang singkat. Kelebihan lainnya, muffin ini tidak perlu menggunakan mixer sama sekali, semua bahan tinggal anda cemplungkan jadi satu ke dalam mangkuk aduk-aduk dan panggang. Muffin lezat terhidang dalam sekejap dan menjadi makanan pas buat mengganjal perut saat sarapan. Kenyangnya bertahan hingga siang lho ^_^. Itu juga pendapat Ibu saya yang kebetulan ketika datang ke rumah Pete masih mendapatkan jatah satu buah muffin sebelum ludes diserbu anggota keluarga yang lain.

Wheat Bran

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...