21 Februari 2011

Resep Cake Kukus Kelapa Pandan


 Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Menurut saya cake kukus memang lebih legit dan lembut dibandingkan cake yang dipanggang, selain legit cake kukus juga lembab/moist. Uap air saat proses pengukusan memang membuat tekstur kue menjadi lembab. Tidak terkecuali cake kukus kelapa pandan yang saya posting kali ini. Kue ini moist, lembut dan gurih sekali. Kelapa yang menjadi komposisi utamanya menjadi penyebabnya, saya menggunakan kelapa muda parut, santan kelapa kental dan daging kelapa muda yang dikerok. Hmm, so yummy! 

Tentu saja resep cake ini mengalami modifikasi dari resep aslinya. Cake kelapa ini sebenarnya dipanggang dan menggunakan kelapa parut kering, tetapi berhubung tagihan listrik membengkak gara-gara saya kebanyakan menggunakan oven listrik maka saya mencoba teknik kukus saja. Hasilnya tidak mengecewakan kok, cake kukus kelapa pandan ini tetap mantap rasanya.

Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Tipsnya: 
  1. Untuk kelapa parutnya, gunakan kelapa yang muda sehingga cake lebih lembut. Kupas terlebih dahulu kulit ari kelapa sebelum di parut.
  2. Santannya saya menggunakan santan instan yang saya encerkan dengan air. Anda tentu saja bisa menggunakan santan kelapa yang masih segar. Santan ini bisa anda ganti dengan susu cair jika anda berusaha menghindari konsumsi lemak yang berlebih.
  3. Untuk daging kelapa mudanya, cari yang benar-benar masih muda sehingga dagingnya lembut.
  4. Gunakan baking powder yang benar-benar fresh sehingga cake kukus anda mengembang dengan baik, cek terlebih dahulu tanggal kedaluarsa baking powder yang akan anda gunakan. Jika telah lewat masa expired atau mulai berbentuk gumpalan sebaiknya jangan digunakan.
  5. Kelapa parut yang masih muda biasanya suka bergumpal dan sulit tercampur merata di dalam adonan, agar tercampur baik saya mixer sebentar dengan kecepatan tinggi sekitar 10 - 15 detik. Jangan terlalu lama mengocoknya ya. 
  6. Pastikan dandang kukusan diisi dengan air yang cukup banyak karena cake akan kita kukus minimal 45 menit. 
  7. Panaskan dandang terlebih dahulu hingga air dalam dandang mendidih baru masukkan loyang berisi adonan ke dalamnya.
  8. Beri selembar kain lap bersih di permukaan dandang untuk menyerap uap air yang timbul saat proses pengukusan dan jangan buka-buka penutup dandang hingga cake matang. Membukanya saat cake baru setengah naik akan membuatnya menjadi bantat.
  9. Pastikan kue benar-benar dingin saat akan dipotong dan gunakan pisau yang tajam, tujuannya agar cake tidak hancur.
Berikut resepnya ya. 

Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Cake Kukus Kelapa Pandan
Resep diadaptasikan dari website Website Indobase.com - Coconut Cake

Untuk 1 loyang cake, diameter 23 x 9 cm

Bahan:
- 200 gram mentega, suhu ruang
- 225 gram gula pasir
- 220 gram tepung terigu serba guna
- 1/2 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh baking powder (pastikan masih fresh)
- 1 sendok teh pasta pandan (resep asli tidak menggunakannya)
- 3 butir telur
- 200 ml santan: diperoleh dari 100 ml santan kental Kara, encerkan dengan 100 ml air (jika menggunakan susu cair gunakan hanya 150 ml susu cair saja)
- 200 gram kelapa muda parut, pastikan kulit ari kelapa dikupas sebelum diparut (resep asli menggunakan kelapa parut kering)
- Daging kelapa muda dari 1 butir kelapa(resep asli tidak ada)

Cara membuat:
Siapkan loyang cake diameter 23 x 9 cm, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung. Sisihkan.

Ayak tepung terigu, garam dan baking powder, sisihkan.

Dalam mangkuk mixer, kocok mentega hingga menjadi cream, tambahkan gula pasir dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga mentega lembut dan berwarna pucat agak keputihan. Masukkan pasta pandan, terus mixer hingga pasta tercampur rata.


Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT
Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Masukkan telur satu persatu, pastikan telur tercampur dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya, terus kocok hingga menjadi adonan yang tercampur baik. Matikan mixer. Masukkan tepung terigu dan santan secara bergantian dalam 3 tahapan, dengan menggunakan spatula aduk perlahan. Pastikan tepung dan santan tercampur rata sebelum ditambahkan bagian berikutnya.


Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT
Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Masukkan kelapa parut, mixer kembali adonan dengan kecepatan tinggi dan kocok sebentar saja hanya agar kelapa tercampur baik, kira-kira 10-15 detik. Matikan mixer. 

Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT
Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Tata daging kelapa muda di dasar loyang secara merata, tuangkan adonan diatasnya. Ratakan permukaan adonan dengan mengangkat dan menjatuhkan loyang perlahan diatas meja. 


Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT
Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Masukkan air cukup banyak ke dalam dandang kukusan karena proses pengukusan memakan waktu 45 - 50 menit. Panaskan kukusan hingga air mendidih, masukkan loyang berisi adonan, tutup permukaan kukusan dengan kain lap bersih. Tutup dengan penutupnya. Kukus selama 45-50 menit. Jangan buka penutup kukusan selama pengukusan. 


Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Jika telah lebih dari 45 menit, buka kukusan dan angkat cake. Dinginkan selama 5 menit, keluarkan dari loyang dan biarkan dingin sempurna sebelum dipotong-potong untuk disajikan. 


Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT
Resep Cake Kukus Kelapa Pandan JTT

Enjoy!
Source:
Website Indobase.com - Coconut Cake




80 komentar:

  1. Makasih bgt, tips2nya sangat bermanfa'at.....
    sukses slalu.

    BalasHapus
  2. resepnya detail banget,makasih dah dshare sangat membantu

    BalasHapus
  3. Hai, senang membaca resepnya bermanfaat. Selamat mencoba dan thanks atas komen-nya ya.

    BalasHapus
  4. Makasih y resepnya
    Keliatannya enak...
    wajib dicoba... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal dan selamat mencoba ya. Sukses! ^_^

      Hapus
  5. aq udah coba resep ini tp pas dimasukin telor kok adonannya pecah trus santannya aq gnti susu tp 250ml kayaknya kbanyakn deh aq cm pake 150ml tp ttp enaak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kok pecah? Mungkin mentega dan gula nya belum terkocok hingga sempurna ya. Karena kalau sudah dikocok dengan baik dimasukkan telur nggak bakalan pecah kok ^_^

      Hapus
  6. Mbak, kalau dipanggang kira-kira memanggangnya berapa lama ya? Salam, Yunita. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yunita, kalau dipanggang sekitar 45 menit sampai 1 jam, agak lama karena cakenya cukup tebal. Pakai test tusuk gigi saja Mba, kalau nggak lengket di lidi berarti matang.

      Hapus
  7. Halo mbak, aku udah coba kuenya. Enak bgt, lembut dan gurih. Menteganya aku ganti pk margarin, gak ngaruh kok,msh tetep uenak. Tp yg agak kecewa, pas kue nya dipotong, terlalu lembut kali ya jadi banyak remah remah yang bertaburan. Maksudnya mau dibagi2, eh karena tampilannya setelah dipotong keliatan berantakan bgt, jd diabisin aja bwt keluarga...he..he... mksh ya mbak resepnya :)

    -mahirah-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Mahirah, cake ini memang agak britle ya alias remah hanya saja sebenarnya nggak terlalu remah juga, artinya masih bisa dipotong dengan cantik. Coba lain kali kurangi takaran kelapa parutnya sedikit Mba, supaya gak terlalu remah.

      Hapus
    2. Tunggu cake benar-benar dingin baru dipotong untuk memgurangi cake menjadi remah kala di potong. Pisau pemotong basahi dulu dengan air agar smooth saat mengiris.

      Hapus
  8. salam mbak...
    resep2x oke punya deh
    aq kmrn abs nyobain yg ini.. tp pake aer pandan dr pandan yg dialusin.. aernya ni yh aq pake bua ngencerin santan karanya..
    hasilnya..hmmm..aromanya bikin pengeenn makan mului..cuma warnax yg kurang WOW gtu.heheh
    trus daging klapa mudax ku masukin di adinan cakenya..jadinya klo dipotong hancurlah sang cake..heheh
    tp at all uwenaaakk.bangett..thx yaaw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, waaak jadi pengen pakai pandan asli nihhh. Sayang pandan di perkarangan mati total gara2 ditimbun bongkaran rumah waktu renovasi wakakka. Memang kalau pakai pewarna alami warnanya kurang cerah ya, mungkin bisa ditambah air daun suji yang dihaluskan supaya hijaunya lebih cantik. Thanks sharingnya yaaaaa^_^

      Hapus
  9. Supaya ngukusnya ga kelamaan & juga ga usah kuatir berkurang cantiknya gara2 dipotong, gmn kalo pake cetakan bolu kukus, dilapisi paper cup tentunya....cukup 15 menit sekali kukus & berombongan 7 kue, setelah matang kan ga pake potong2 lagi, tinggal buang cupnya, langsung happpp....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, yeppp, very good idea, jadi mirip2 sama kue kukus putri ayu ya. Thanks tips dan sharingnya ya ^_^

      Hapus
  10. Halo mba,
    salam kenal.. mau tanya, kalo resep ini di bake bisa ga ya? ga punya kukusan dirumah :p
    many thanks, greetings from spain :)

    donna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Donna, bisa dibake kok Mba, gak papa hehehe

      Hapus
    2. iya mba, ternyata resep aslinya di-bake, maaaap siwer ga baca lengkap dulu.. lol.. makasi ya mba :)

      Hapus
  11. Sore sis.. nie sementara nyoba buat resepnya. Tpi setelah 45 menit permukaan masih basah sist. jdi sy tu2p lgi dan lanjut dikukus. Moga2 sukses uji coba resepnya.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sudah ada yang mencoba menggantinya dengan susu, komentar di atas, takaran susu 150 ml ya.

      Hapus
  12. sist kok udah sejam lebih permukaannya masih basah ya? apa kebanyakan susu cair? saya mengganti santan dgn susu cair 250ml.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, tekstur susu cair dan santan berbeda ya, santan ketika dikukus akan menggumpal sedangkan susu cair nggak. Ini yang menyebabkan cake nggak kering tetapi tetap basah walau telah lama dikukus. Sebaiknya kalau menggunakan susu cair, kurangi susunya menjadi 150 ml saja. Terkadang ada bahan cake yang tidak bisa langsung digantikan begitu saja, atau kalau mau digantikan harus modifikasi ukuran.

      Hapus
  13. halo mbak endang...
    tadi siang saya nyobain resep ini.. sy ndak pake pasta pandan. saya ganti pake pandan biasa. pandan diulek kasar trus ulekannya direndem ke susu cair (saya pake susu cair, ndak pake santan). susu cair yang saya pake 150cc. cakenya saya potong setelah dingin. waktu dipotong bnyak remah2nya gitu mbak.. itu knapa ya mbk? apa susunya perlu dikurangi? ato memang lebih sip kalo pake santan ya mbk? kalo rasanya sih enak.. gurih2 kelapa..
    makasi resepnya mbk... sy slalu nyontek resep di blognya mbk :)

    cici ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Cici, yep banyak yang coba dan bilang cake rada2 brittle (banyak remah), saya bingung juga. Saya pakai santan dan kental ya karena takaran 100 ml kara + 100 ml air, dan seingat saya cake nggak terlalu remah. Apakah santan mempengaruhi hasil cake, saya juga bingung. Tapi menurtu saya bukan karena takaran cairan yang berlebih. Next coba kurangi kelapa parutnya Mba, kalau pakai susu cair.

      Hapus
  14. Nice resep...!!! Aq mo prktek noh buat cemilan anakq... Mbak request resep kue kering buat lebaran donk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba Mba, moga suka ya. Yep, kue kering hiiksss, belum punya waktu muluuuu, saya juga pengen, dah banyak resep menanti. kalau sudah coba pasti diposting. thanks ya

      Hapus
  15. Mbak, aku dah coba resepnya.. setengah dulu.. tapi habis itu aku menyesal. kenapa juga nggak satu resep aja, karena.. kuenya enyaak bangeett Mbak.. subhanallah.. Ibuku sampe bertanya2 belajar di mana aku bikin kue seenak ini, aku bilang aja ini adalah salah satu "kedermawanan seorang teman".. rasanya manis, tapi gak kemanisan, anakku yang setahun aja suka..trus tekstur kuenya juga lembut, moist, alhamdulillah gak begitu britle.. hihihi.. makasih banyak ya Mbak Endang.. sukses selalu buat Mbak dan keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya setuju, cake yang ini nagiiihhhh bangetttt, dulu waktu bikin saya habisin setengah loyang sendiri kikikikik, sekarang lagi diet jadi ngiler saja bayanginnya hehhehe. sukses ya mba dan thanks sharingnya.

      Hapus
  16. dear mbaa....baru aja nyoba bikin bolu kukus ini sambil nahan gregetan gara2 2 jagoan cilik ikut nimbrung bantuin ibunya..alhasil dapur brantakan ga karuan...xixixi...tapiiiiii...semuanya terbayar begitu liat hasilnya....cantik,utuh,sama persis kaya di foto....masih ngebul,blom nyoba,tapi mudah2an rasanya sama persis ama bikinan mba endang...:D
    sukses terus ya,mba.....ditunggu resep2 maknyuss tapi ekonomis lainnya....
    *kiss & hugs*Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dian, waah moga2 kuenya selezat penampakannya yaa, ini termasuk salah satu kue kukus favorit saya karena gurih dan sedappppp. waduh jagoannya pinter2 banget, mau bantuin di dapur hehheheh

      Hapus
  17. mbak Endang, mohon bertanya, maaf ya pertanyaan sy agak dodol neh : 1) mentega disini maksudnya sejenis merk "wisman" atau boleh blueband ? 2) Baking powder boleh ganti yg double acting ( gk punya BP biasa ) , takarannya brp ? . Thanks mbak Endang. Fr Melyta

    BalasHapus
    Balasan
    1. mentega dan margarine beda ya Mba. Mentega/butter contohnya wissman, margarine contohnya blue band.

      BP pakia yang double acting saya gak pernah pakai single acting. takaran di resep ya

      Hapus
  18. Saya abis coba bikin kue ini nih mb
    Awalnya sempet ragu2 krn saya tipe yg suka kue coklat dibanding buah2an
    Tp pas iseng cb bkin ini weleh jadi ketagihaaan uenaak bener d legit,manis,gurih kelapa pandan mantap d pokoknya
    Teksturnya juga enak walau agak crumbly gt yah rontok2 tp tetep maknyus
    Malah jd nyesel bkin cm setengah resep soalnya kurang hehehe bahaya bisa nambah gendut nih

    Thanks lho mba buat sharing resepnya akau pantau terus d resep2 cakenya yg yummy2 :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya coba cake ini 1 resep waktu itu (sudaaaah lamaaa banget heheheh) dan saya menyesal mengapa hanya satu resep?? karena rasanya enak dan gurih banget. Terus terang 1/2 porsi cake saya yang makan sendiri hehehheh. Thanks sharingnya ya

      Hapus
    2. Hehe sama dong mba dr 1/2 resep yg saya buat hampir 3/4 porsinya saya yg makan semua terus besoknya bikin lg krn masih ada sisa santan dan kelapa parut dan 3/4 porsinya jg berakhir di perut saya lg hehe skrg saya jd ngiler pengen makan kue ini lg...

      Oh ya mba saya mau numpang nanya di sini
      Kalau saya mau bkin kue ngurangin kadar telur kira2 apa yg harus saya tambah di resepnya? Saya lg pengen cb2 bkin kue dr milis yg terkenal itu lho tp penggunaan telurnya kadang bkin mata saya melotot hehe soalnya rata2 8 telur sedangkan saya irit penggunaan telur jd kepengen cb bkin resep dgn mengurangi penggunaan telur.

      Terus 1 lg mba ibarat resepnya utk dipanggang tp berhubung saya belum pny oven jadinya mau saya kukus aja. Kira2 utk resep yg dipanggang terus diubah jd kukus bisa pakai resep yg sama atau harus ada perubahan komposisi bahan ya?

      Sori mba byk nanya soalnya mba kayaknya uda ahli bkin kue huehehe

      Hapus
    3. Hai Mba, kalau telurnya harus dikocok sampai kembang mungkin telur gak bisa dkurangi ya. Biasanya kalau mau kurangi telur bahan penggantinya pakai yogurt, susu cair atau santan. tapi harus lihat2 resep juga, takutnya malah buyar alias gatot hehhehe.

      biasanya saya suka coba2 saja, cake panggang jadi kukus, kukus jadi panggang. cuman untuk cake dengan porsi mentega tinggi biasanya agak susah dpangang, karena basah cake gampang hancur, harus tunggu dingin banget baru bisa dipotong.

      Hapus
  19. Makasih resepnya mbak, izin nyoba ya? btw sama mbak, tagihan listrik saya juga bengkak karena keseringan baking :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Devi, silahkan dicoba Mba, wah makanya saya suka yang kukus2 saja, cuman kadang gatal juga mau versi ovennya huaaa

      Hapus
  20. Mbak,aq pengen mbikin,tapi ndak punya mikser,pake kocokan balon bisa ndak sih?
    Ngaruh ndak mba?maksudnya nanti bantet gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, prinsipnya bisa ya, asalkan adonan dikocok seperti hasil diatas dengan menggunakan mikser. pastikan pakai BP double acting ya mba.

      Hapus
  21. mba endang,kelapa parut 200 gram itu 1/2 butir ya?kalo misalkan dipanggang,brapa lama ya mba,n kalo di konversi ke loyang standar brownies gmn?dikurangi atau ditambah?
    maaf nanyanya banyak banget
    tak contek ke blog aku boleh ya mbak
    matur suwun sebelumnyua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, yep sekitar 1/2 butir kelapa, waaah konversi ke loyangnya saya bingung, keknya adonan diaats bisa jadi beberapa loyang brownis yaaa. Silahkan di share di blognya, jangan lupa sumber dan linknya ya Mba ^_^

      Hapus
  22. Halo salam kenal Mba Endang, terus terang saya pemula dalam hal membuat kue dan tertarik utk mencoba resep ini tp apakah bisa kalau saya tidak menggunakan kelapa parut dan kelapa mudanya? Apakah ada bahan yg harus ditambah atau dikurangi kalau tidak memakai kelapa parut dan kelapa mudanya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yennie, saya belum pernah coba minus kelapa parut ya, jadi mungkin mba harus trial dan error kala mencobanya. Menurut saya sih tidak ada bahan yang harus dirubah kalau mba mau skip kelapa di resep. Ada banyak resep cake kukus lainnya yang tidak pakai kelapa di JTT, mungkin itu lebih meyakinkan untuk dicoba.

      Hapus
  23. Mba Endang, saya sudah coba buat cake kukus kelapa pandan ini tanpa kelapa parut dan kelapa muda dan hasilnya OK loh (saya pakai daun pandan utk encerin santannya)..Wah senangnya...rasanya yummy dan moist..gak seret...Wah amazing banget buat saya yg pemula ini bisa bikin kue uueenaakk...jadi tambah semangat nich...jia you...Makasih ya resepnya..nanti coba yg lain ahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba yennie, thanks sharingnya ya. Senang sekali cakenya berhasil sukses dibuat.

      Hapus
    2. Mbak Endang, mbak Yennie, terima kasih sekaliii...
      Saya coba dengan pake pandan aja (seperti keterangan mbak Yennie) tanpa kelapa.
      Bener kata mbak Yennie, uenaaakkkkk....ih senengnyaaa..

      Hapus
    3. Halow mba yennie, thanks yaa. Senang resepnya sukses dicoba dan disuka. Sukses selalu ya.

      Hapus
  24. halo mba, salam kenal dr Medan. saya sudah berhasil buat cake nya mba. emang enak banget ya, anak2 dan suami pd suka. ini cake ketiga yg resepnya saya liat dr web ini (marble pound cake dan chocolate steamed cake). saya mau nanya nih mba, kenapa ya setiap cake yg saya buat jika telur + gula yg dimixer duluan hasilnya gak selembut jika mentega + gula yg dimixer duluan. perbedaannya dimana ya mba? kira2 jika saya mulai mentega dan gula yg dimixer bisa gak berhasil pd setiap cake yg dibuat? makasih sebelum dan sesudahnya mba.. terus berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nurlili, salam kenal juga ya. Umumnya resep yang menggunakan telur+gula dimikser akan menggunakan minyak atau mentega cair sebagai pelembutnya. Mba bisa saja memakai cara mentega+gula dimikser tetapi tentunya harus dilihat bahannya apakah menggunakan minyak/mentega cair atau mentega biasa.

      Kemungkinan kurang lembut karena telur + gula kurang maksimal ya ngocoknya, sebaiknya sampai tahapan ribbon stage dan campurkan dengan minyak secara bertahap.

      coba cek resep banana cake ini, hasilnya lembut kok:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/05/5-bahan-saja-untuk-cake-pisang-yang.html

      Hapus
  25. Hai mba endang :)
    Seneng deh aku nemuin blognya mba, resepnya enak2. Aku juga udah nyoba cake ini, dan keluarga pada suka, jadinya aku bikin lagi buat nikahannya temenku :D
    Tapi kenapa pas telurnya dimasukin adonannya pecah ya mba ? Padahal aku mixernya udah cukup lama, trus udah lembut juga. Tapi hasil akhirnya, tetep, enaaaaaakk bangeeeeeeet, ga cukup sepotong dua potong ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rachma. supaya adonan gak pecah saat telur masuk, pastikan telur dimasukkan satu persatu dan dimikser dengan baik sebelum telur berikutnya dimasukkan. Memasukkan telur secara sekaligus atau terburu2 memasukkan telur berikutnya sementara telur sebelumnya tidak tercampur baik dengan kocokan mentega akan membuat mentega berbutir2 seakan2 pecah.

      Hapus
  26. Hi mba idolaku.. salam kenal yah dari aku yg pemula bgt.
    Aku pengen bikin cake ini. Bahannya udah lumayan lengkap aku beli. Mba.. aku mau nanya?
    1. Kenapa santannya 100 ml santan + 100 ml air? Knpa mba ga pake santan aja 200 ml?
    2. Boleh ga aku skip kelapa parut dan kelapa mudanya.. trus diganti keju parut? Kalo bisa berapa takaran keju parutnya mba?
    3. Aku seneng bgt gali ilmu dari blognya mba.. tp kadang bingung kalo di resep mba pake emulsifier. Mba biasanya suka menggunakan apa tbm/sp/ovalet? Merek dan warna apa?

    Maaf ya mba byk nanya.. oh ya kapan-kapan kasih tau dong list top 7 cake kukus favorit mba, jd aku bsa ikut dan praktekin.. makasih mba ku.. wish u and ur life full of blessing :))


    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dila, salam kenal ya Mba. Berikut jawaban saya ya:
      1. Bisa pakai santan 200 ml ya, saya pakai air karena pakai merk kara instan yang kental, karena itu saya encerkan dengan air
      2. silahkan skip kelapa parut dan kelapa muda untuk takaran keju saya kira harus trial error ya, saya belum pernah coba, mungkin sekitar 100 - 150 gram
      3. saya pakai emulsi merk starkist ya warnanya putih
      4. next time saya list 7 top cake kukus ya, gud idea heheheh

      salam dan sukses selalu yaaa

      Hapus
  27. Oh iya mba itu yg barusan.. namaku dila hehe

    BalasHapus
  28. Aaaa dibales.. terima kasih mbaaa :)) I love you full dech

    BalasHapus
  29. Bingung..... mau coba yg mana duluan. Usul mbak.... selain di list top 7 di urut juga tingkatan or level kesulitannya. Jadi buat pemula kaya saya bisa jadi acuan dasar buat coba resep mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, thanks usulannya ya. Tapi semua resep di JTT mudah semuaaa, karena yang buat juga beginner, jadi kalau saya mau kasih level semua levelnya mudah ehehehe

      Hapus
  30. Hari ini saya suda mencoba resep ini..rasanya enag lembut

    BalasHapus
  31. Mbak Endang, saya butuh pencerahannya, nih. Beberapa kali saya mempraktekkan resep cake JTT belum ada yang berhasil mengembang (cenderung bantat) padahal saya sudah pakai BP Hercules. Pertanyaan saya:
    1. Gula pasir yang dimaksud diresep-resep JTT ini gula castor seperti yang beli di Titan atau gula pasir biasa tapi diblender dulu,ya?
    2. Gula belum larut (masih kelihatan butirannya di adonan mentega+gula) sewaktu telur saya masukkan. Apakah hal ini juga bisa menyebabkan bantat?
    2. Apakah kondisi oven yang kurang panas sewaktu adonan cake dimasukkan juga bisa menyebabkan adonan cake gagal mengembang?
    Ditunggu pencerahannya ya, mbak. Terima kasih, salam Heni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Heni, selain BP, proses pengocokan, maka oven juga berperan sangat penting ya.

      Berikut jawaban saya:
      1. gula pasir biasa yang saya gunakan. Sedangkan gula caster/castor memiliki butiran lebih halus tapi bukan gula bubuk (confectioner sugar). Tergantung resep, kalau resep meminta dihaluskan, bisa diblender.
      2. Tidak menyebabkan cake bantat, tapi biasanya terkadang akan terasa kasar di cake. Kalau mau aman gunakan gula caster yang memiliki butiran lebih halus
      3. Yep, ketika loyang cake masuk, oven harus dipanaskan minimal 15 menit sebelumnya. Karena itu di resep cake selalu saya minta, panaskan oven sebelum kegiatan membuat cake dilakukan. Tujuannya supaya, ketika adonan jadi maka oven pun telah siap panasnya.
      4. Kalau sudah pakai BP hercules, biasanya cake sukses loh mba, coba pakai resep yang diaduk2 dulu saja, bukan yang pakai mikser. Ada banyak resep muffin di JTT yang hanya diaduk saja prosesnya.

      Hapus
  32. Dear mbak endang, makasih bgt utk resep2nya, brguna bgt utk aku yg lg blajar masak. Kmrn bikin brownies & cake coklat kukus tanpa mikser, alhamdulillah brhasil, kluarga jg suka smua. Nnti aku mau bikin cake chocolate chips pisang. Cm kebetulan gak pnya choco chips, adanya meises, bisa gak kalo diganti meises mbak? Oia, ibu aku jg suka, trus nanyain mbak pnya resep ayam bakar taliwang gak mbak? Trus jg kalo ada resep sambel krecek+daging printil+kacang tolo yg super pedes& agak nyemek dikit, tolong di share ya mbak. Kmrn makan di catering, menunya ituwarna masakannya merah& kental brminyak, krn cabe dan rasa bumbu+makanannya nendang bgt, pengen bgt pas lebaran besok udh bisa bikin masakan itu. Kalo mbak endang punya resepnya, tolong dishare ya mbak ilmunya.,, ^_^
    Makasih banyak utk share ilmunya ya mbak. Selalu brsemangat ya mbak utk share2 ilmunya. Semoga mbak endang sehat selalu, dilimpahkan rezekinya dan selalu diberkahi oleh Yang Kuasa. Makasih banyak mbak endang. ^_^
    Regards_ Riananingrum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Riana, thanks ya sudah menyukai resep JTT dan thanks juga atas sharingnya.

      untuk pertanyaanya berikut jwaban saya:
      1. bisa, ganti saja dengan meses
      2. ayam bakar taliwang atau yang lain2 yang diminta belum adaaaa hehhehe, ditunggu saja yaa

      amiiin atas doanya ya mba, sukses dan sehat selalu juga untuk mba dan keluarga yaa. salam

      Hapus
  33. Eksekusi Minggu mbak. .:D

    Gileeeeeee, rasanya enaaak banget. . . .
    POkoknya gak tau kata apa untuk mengekspresikan gimana rasa kue ini, pulen, legit, gurih, manis, wangi. . :D
    Thx yaa mbak resepnya. . .

    Oh yaa mbak, banyakin lagi doong versi cake kukusnya. . hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Risa, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka. Yep cake kukus pandan kelapa ini salah satu favorit saya juga hehheheh

      Hapus
  34. This cake is my kids' favorite! Emang enak bgt mba. Aku udh beberapa kali buat, yg terakhir aku buat pakai cetakan kue talam kecil2. Gak rapuh, lebih moist dan langsung happp. Keep cooking and baking ya mba. -nana-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya Mba Nana, setuju banget, memang super duper enak, pengen coba weekend ini lagi buat oleh2 Ibu pulang kampung hahahha

      Hapus
  35. Mbaa kmren aku udah coba ini tanpa daging kelapa muda dan menteganyapun aku ganti blueband.wahh rasanya enak bgt loh mba.. legit manis enak deh pokoknya..orang rumah pada suka. Pdahal baru kali ini nyoba bikin cake kukus,alhamdulillah lngsung berhasil hehe..atasnya aku toppingin pake margarin n taburan keju parut aja.. enak bgt loh mba.. thanks bgt udah posting resep ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mba Putri shairngnya, senang sekali resepnya disuka yaa, suskes selalu

      Hapus
  36. Hallo Mba Endang, salam kenal mbak. Selama ini aku SR blog nya mbaaa.. Ini resep pertama yg aku cobain tp tanpa kelapa sih mba.
    Alhamdulillah sukses besar mbaaa :') Kata mamaku rasanya kaya di toko ahahaha.Tapi bentuknya aga horror krn masih panas udh maen keluarin dari loyang *Jiwa muda ga sabaran mba wkwk*
    sempet sedih tp rasanya bikin terharu krn enak buangetttt wkwkwk.
    makasi ya mba resepnya.
    simple bgt mudah dipahami buat pemula seperti saya 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Dewi,salam kenal juga mba. thanks shairngnya ya mba, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  37. mbak, posting resep cup cake kukus dong. . yang ngembang tanpa mixer

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba merita, semua cake kukus bs dibuat cupcake, cupcake basicnya adalah adonan cake hanya dicetak di kertas cup.

      Hapus
  38. Mba En kalo si kelapa parut aku ganti pake quaker oat kira" bisa ngga ya? Lg sok" healthy gt deh.. hehehee.. santan mau aku ganti pake susu aja.. gmn mba, msh ok ga ya? -agnes-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya sih bisa ya Mba. Mungkin akan lebih padat sedikit terksturnya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...