18 Mei 2011

Resep Daging Sapi & Jamur Shiitake Masak Teriyaki


 Resep Daging Sapi & Jamur Shiitake Masak Teriyaki JTT

Masakan ini mudah dibuat dalam waktu yang relatif singkat, rasanya juga mantap sekali. Saya membuatnya pagi-pagi saat akan berangkat ke kantor dan dalam waktu setengah jam pun matang.  Lumayan, buat sarapan anggota keluarga yang sedang ramai di rumah plus sebagai bekal makan siang saya di kantor. Berhubung karena Ibu saya penggemar berat jamur shiitake kering maka saya tambahkan jamur ke dalam resepnya, jamur shiitake kering ini rasanya kenyal mirip-mirip dengan daging lho. Bahkan menurut saya dan keluarga, shiitake kering lebih lezat dari versi segarnya,  jika anda tidak suka silahkan di skip saja ya. 

Resep Daging Sapi & Jamur Shiitake Masak Teriyaki JTT

Sebenarnya sangat disayangkan jika anda tidak menyukai jamur ini, karena selain lezat rasanya, shiitake adalah jenis jamur yang sejak dahulu kala sering dipergunakan untuk keperluan pengobatan. Penelitian modern menunjukkan bahwa jamur shiitake dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, memiliki sifat antibakteri, mengurangi agregasi trombosit, dan memiliki sifat antivirus, mungkin melalui agen antivirus yang dikenal sebagai inhibitor proteinase.  Selain itu jamur shiitake yang terpapar sinar matahari atau sinar UV dalam waktu yang tidak lama juga mengandung vitamin D dalam jumlah yang tinggi. (Wikipedia). 

Tertarik untuk mencoba jamur ini? Versi kering dan segarnya banyak djual di supermarket seperti Carefour dan Giant. Kembali ke resep beef teriyaki, berikut ini adalah beberapa tips untuk memasak menu ini berdasarkan pengalaman saya:
  • Gunakan daging sapi yang bebas lemak dan otot, selain lebih sehat juga lebih cepat empuk ketika dimasak. 
  • Untuk memudahkan mengiris daging menjadi potongan-potongan yang tipis maka masukkan daging ke dalam freezer terlebih dahulu dan iris-iris ketika kondisi daging masih setengah beku. Daging yang setengah beku seperti ini selain mudah diiris tipis juga lebih mudah empuk saat diolah dibandingkan yang masih segar, langsung dari penjual daging.
Berikut ini resepnya ya.

Resep Daging Sapi & Jamur Shiitake Masak Teriyaki JTT

Daging Sapi & Jamur Shiitake Masak Teriyaki
Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Beef Teriyaki 

Untuk 6 porsi


Bahan:
- 500 gram daging sapi, cari yang bebas lemak, potong tipis-tipis
- 5 buah jamur shiitake kering (resep asli tidak pakai)
- 2 buah bawang bombay ukuran sedang, belah dua membujur dan rajang kasar (resep asli tidak pakai)
- 2 buah daun bawang, rajang kasar
- 2 ruas jahe, cincang halus
- 50 ml kecap asin (resep asli 100 ml)
- 4 butir bawang putih, keprak dan cincang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan gula pasir
- 200 ml air
- 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Resep Daging Sapi & Jamur Shiitake Masak Teriyaki JTT

Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan daging sapi yang telah diiris, tambahkan kecap asin, bawang putih, merica bubuk dan jahe. Aduk rata. Biarkan selama 20 menit hingga bumbu meresap. 

Rendam jamur shiitake dengan air dingin hingga jamur mengembang dan empuk, peras jamur sehingga kesat. Potong-potong sesuai selera. Sisihkan. 

Resep Daging Sapi & Jamur Shiitake Masak Teriyaki JTT

Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum dan berubah coklat transparan. Masukkan daging sapi beserta bumbu perendamnya, aduk-aduk dan masak hingga daging berubah warna. 

Masukkan 200 ml air, garam, gula dan kaldu bubuk, dan masak hingga daging empuk dan kuah berkurang. Masukkan irisan jamur, aduk rata, masak hingga jamur empuk. Tuangkan tepung maizena yang telah dilarutkan, aduk rata. Tambahkan daun bawang dan masak hingga kuah habis dan mengental. Cicipi rasanya, angkat. 

Beef teriyaki siap disajikan dengan nasi putih hangat. Yummy!


Sources:
Buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Beef Teriyaki
Wikipedia - Shiitake



    32 komentar:

    1. Hallo mbak endang, mau nanya nih...itu di resep gak ada jaheny knp di ket ada ya? Trus gak perlu saos teriyaki ya n warna masakany kok bs coklat gt di tambhn apa lg mbak?
      Tri
      Bangka

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo Mba Tri, thanks atas koreksinya. Yep, pakai 2 ruas jahe, cincang halus ya Mba. Warna coklat dari kecap asinnya Mba.

        Hapus
    2. Mbak, jamurnya dimasukin kapan ya? Kok di caranya gak ada...
      Dias

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo mba Dias, sudah saya revisi ya cara memasaknya. Thanks banget ya atas koreksinya heheh.

        Hapus
      2. Mbaa..aku bikin sesuai resep, tapi koq jadinya asiiiinnn bgt ya?apa merk kecap nya ngaruh?

        Hapus
      3. Yep, kecap asin beda2, kalau kualitasnya bagus biasanya rasanya gak terlalu asin. Saran saya pakai merk lee kum kee, rasanya gak terlalu asin seperti kecap asin biasa. Kalau pakai yang biasa sebaiknya takaran kecap asin dikurangi ya. Kaldu bubuk pakai 1/2 sendok teh saja.

        Hapus
    3. mba kalau mericanya dimasukkin tuk rendaman atau pas brg ksh garamnya? mksh mba

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah iya lupa, masukkan beserta bumbu rendaman lainnya ya Jeng. Thanks koreksinya ya! ^_^

        Hapus
    4. Mbak, selain shrimp ball soup, saya juga coba resep ini, tapi pake ayam tdk pake shiitake. Kurang suka aromanya, kalau enoki suka banget. Enak .... Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sip, thanks sharingya ya Mba Sisca, memmang gak semua orang suka shitake ya hehehhe

        Hapus
    5. Mbak Endang, saya kemarin coba pake daging sapi spt resepnya. Saya tambahi sedikit saos teriyaki Saori. Dagingnya pake daging sapi sengkel/kisi kembang. Karena manisnya sdh cukup dari saos teriyaki, saya tdk pake gula pasir lagi. Muantap! Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hai Mba Sisca, wah mantep banget kayanya ya. Yep pakai saus teriyaki lebih praktis ya. sip, thanks sharingnya. ^_^

        Hapus
      2. Mbak, keponakan2 pada doyan banget. Mereka request untuk akhir pekan ini. Saya harus bikin lagi! Saos teriyaki cuma tambahan saja, bumbu2 lain sesuai resep mbak Endang, tapi tetep tanpa jamur shitake. Terima kasih!

        Hapus
      3. Hai Mba, waaah mantep, keknya akhir pekan ini gak perlu keluyuran makan di luar ya, di rumah sudah ada chef yang menghidangkan makanan sedap hehehe. thanks sharingnya ya ^_^

        Hapus
      4. Chef? Ha..ha.. bisa aja, mbak Endang ini. Mau coba bikin salad sekalian, mungkin pake wortel dan kubis merah. Ala hokben! Terima kasih.
        Sisca - Surabaya

        Hapus
      5. Mbak endang mao tanya, klo masak daging sapi lebih dr 3 menit biasanya uda alot dengan potongan kecil yaa bukan tebel2. Klo dimasak pake air banyak gt, keringnya kan lama, apa gak alot banget yaa? Maaf mbak banyak tanya, baru belajar masak. Hehe

        Hapus
      6. Hai Mba Vella, tergantung jenis dagingnya ya, kalau kualitasnya baik biasanya gak butuh waktu lama, sebaiknya memang potongan tipis saja supaya cepat matang. Kalau memasak 3 menit, potongan super tipis saya rasa bisa, tapi kalau potongan rada tebel biasanya belum matang ya jadi perlu direbus sangat lama.

        atau rendam saja dengan parutan nanas, takarannya untuk 1/2 kg daging pakai sekitar 1/4 buah nanas parut ukuran sedang. Rendam 20 menit dan siap dimasak, daging cepat banget empuknya.

        Hapus
    6. mb Endang....sy suka bgt dg jamur2. Shitake salahsatunya. Tp kok suka dibikin pusing ya dg aroma jengkolnya, hehe... sy pakainya shitake kering. direndam air, bisa lebih 3 jam blum juga empuk2. hiks..hiks...adakah tips tertentu mb?

      Dian_solo

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hai Mba Dian, wakaka iya, shiitake memang bau umami-nya khas ya, sampai sekarang gak tahu cara ngilanginnya. baik segar maupun kering sama baunya, dan udah cari/baca kemana2 gak ada tips ampuh buat ngilanginnya. hehheheh

        Hapus
    7. Halo Kak Endang ini cika lagi :)
      Kemaren cika masak teriyaki pake resep Kak Endang, enaaak banget suami cika suka. Dan hari ini masak mie goreng seafood resep kak Endang juga n enaak juga cuma seafoodnya diganti ayam :)
      Maakasi yaa kak resepnya enaak semua

      BalasHapus
      Balasan
      1. hai mba cika, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka mba, yep untuk mie goreng silahkan proteinnya diganti dengan yang lain sesuai kesukaan saja yaa

        Hapus
    8. Hari ini mau coba resep teriyaki nya tanpa jamur. Semoga berhasil. Doakan ya mba endang..
      Dulu Sebelum nya pake bumbu instan, tapi klo di lihat kemasan nya ada peringatan tidak di konsumsi ibu hamil. :( jd skrg cari yg sehat tapi tetep enak untuk bumil. Semangat trus tulis resep nya ya mba endang.
      -irna-

      BalasHapus
      Balasan
      1. hai mba irna, thanks sharingnya ya mba, moga resepnya disuka setelah dicoba ya,

        sukses dan sehat selalu ya

        Hapus
    9. ini eksekusi yg keberapa y? sayang dagingnya masih agak alot, cari nanas udah keburu magrib, tapi gpp anak2 and suami tetap suka, sampe anakku bilang sekarang mama senang masak y. semenjak ada jtt gak males ngubek didapur, terus berkreasi mbak, jadi pemalas dan gak kreatif kaya saya tinggal contek deh menunya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Thanks sharingnya mba, kalau mau empuk cepat pakai daging yang sudah diiris tipis, di supermarket biasanya disebut daging sukiyaki yang biasa dipakai di resto shabu2. daging sepertinya cepat sekali matang dan empuk

        Hapus
    10. mba mau tanya kalo dagingnya saya ganti dengan 1 ekor ayam negri berat krg lebih 1 kiloan dengan tulangnya, apa bumbunya tetap pake takaran di atas ato ada perubahan mba. tolong di bantu mba endang. makasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hai Mba, pakai takaran diatas oke ya, paling yang ditambah itu merica, gula, garam, dan air untuk mengempukkan ayamnya mba

        Hapus
    11. mba takaran garam brp ya? di resep ga ada tapi di cara pembuatan ada garamnya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. ini gak pakai garam ya, sori salah ketik, soalnya kecap asin sudah asin, kecuali kalau memang kurang asin silahkan tambah garam

        Hapus
    12. Hi mba endang, aku cobain tadi pakai shitake basah dan udang beku, karena ada di kulkas. Enak juga. Cepat bikinnya. Bisa jadi menu resep sahur nih.

      BalasHapus
      Balasan
      1. halo Mba, thanks yaaa, senang resepnya disuka, idenya pakai udang mantap juga hehhehe

        Hapus

    PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

    Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

    Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

    Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

    Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

    Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

    Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

    Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...