31 Mei 2011

Resep Smoothie Jambu Biji dan Blueberry


Resep Smoothie Jambu Biji dan Blueberry JTT

Saya akui, saya memang penggemar berat aneka smoothie dan jus buah, kadang-kadang jika sedang malas makan sementara di rumah sedang melakukan aksi akrobat bersih-bersih dan cuci-cuci, se-pitcher besar smoothie - yep, se-pitcher besar - bisa saya minum sendiri hingga tetes terakhir ^_^. Contohnya hari ini, satu pitcher smoothie jambu biji dan blueberry di pagi hari dan satu pitcher smoothie mangga apel di malam hari. Wuah, perut saya rasa-rasanya seakan meledak karena kembung. Tentu saja saya harus katakan pada anda: don't try this at home. 

Resep Smoothie Jambu Biji dan Blueberry JTT

Smoothie memang minuman yang lezat, segar dan membuat kepala seakan bersih dan enteng setelah meminumnya. Belum lagi kandungan gizi dan vitamin dari buah, yoghurt dan madu yang digunakan tentunya juga baik  bagi kesehatan kita. Minuman ini sangat mudah dibuat dan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Buah yang digunakan pun sangat fleksibel, anda bisa menggunakan mangga, strawberry, jambu biji seperti resep smoothie kali ini, alpukat, nanas, apel, jeruk, pepaya, melon, pisang dan aneka buah lainnya sesuai kesukaan anda. Nah, sebagaimana smoothie umumnya, jangan lupa untuk selalu menambahkan yoghurt ke dalamnya ya dan sebagai pemanis gunakan saja madu serta hindari menggunakan gula pasir.

Resep Smoothie Jambu Biji dan Blueberry JTT

Kali ini saya menggunakan jambu biji karena Ibu saya penggemar berat jus buah ini dan pagi-pagi beliau telah pergi berbelanja jambu biji merah ke Pasar Blok A. Saya tambahkan blueberry kering ke dalam jus sehingga warnanya menjadi keunguan. Tahukah anda bahwa jambu biji masuk ke dalam golongan buah super? Ini karena jambu biji kaya akan serat, vitamin A, C, asam folat dan mineral seperti kalsium, mangan & copper. Buah ini juga telah dikenal luas rendah akan kalori, namun kaya akan mineral dan vitamin. Bahkan kandungan vitamin C satu butir buah jambu biji setara dengan 4 butir buah jeruk. Sementara blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Nah, dengan manfaatnya yang segunung ini rasa-rasanya tidak salah jika saya menghabiskan satu pitcher besar smoothie ini bukan? ^_^.

Untuk resep smoothie lainnya anda bisa klik di Smoothie Mangga dan Pisang, dan untuk resep minuman berbahan yoghurt lainnya anda bisa klik di Yoghurt Rasa ManggaBerry Yoghurt.

Berikut resepnya ya.

Resep Smoothie Jambu Biji dan Blueberry JTT

Smoothie Jambu Biji & Blueberry
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Bahan:
- 4 buah jambu biji merah, berat kira-kira 1/2 kg
- 1 genggam blueberry kering, bisa dibeli di Carefour atau All Fresh
- 200 ml plain yoghurt, cari yang rendah lemak
- 4 sendok makan madu
- 400 ml air matang
- Es batu secukupnya

Cara membuat:

Resep Smoothie Jambu Biji dan Blueberry JTT

Kupas jambu biji, potong-potong daging buah beserta isinya yang berwarna merah. Masukkan ke dalam blender, tambahkan yoghurt, blueberry dan air. Proses hingga halus. 

Resep Smoothie Jambu Biji dan Blueberry JTT

Saring smoothie menggunakan penyaring kawat yang tidak terlalu rapat. Buang biji jambu. Tambahkan madu ke smoothie, aduk rata. Masukkan es batu. 

Smoothie siap dihidangkan. So fresh!

Source:
Wikipedia - Guava



12 komentar:

  1. terimakasih karena anda telah berbagi dengan kami, saya memiliki ide usaha untuk membuat yoghurt kecil-kecilan.. posting anda yang luar biasa sangat membantu saya.... semoga saya bisa berhasil... :D

    BalasHapus
  2. Yg ditengah warnah putih itu yougurt ya mba? yang fotonya lagi disiram madu

    BalasHapus
  3. Hai mba, ini jadi berapa porsi ya? ^^

    BalasHapus
  4. Mb kalo bluberry di pasar tradisional ada gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Funnie, setahu saya nggak ada ya, blueberry segar biasanya di toko buah tertentu dan supermarket, harganya mahl banget

      blueberry kering kadang ada kadang nggak

      Hapus
  5. Mat malam mb, salam kenal...sy seorg bpk2 yg dlm waktu dekat ini mau buka usaha warung juice, dr sekian resep yg sy liat sy lebih tertarik resep punya mb, pada saatnya nnt sy mau nanya2 ttg resep juice / smoothie, mhn mb dapat membantu, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo pak bhima, salam kenal ya.

      saya sama sekali bukan ahli di pembuatan jus ya, apalagi untuk usaha, jus yang saya buat langsung dikonsumsi dalm waktu 1 x 24 jam. resep jus bapak bs lihat saja di daftar resep JTT, disana ada beberapa resep jus yang bs menjadi referensi. salam

      Hapus
  6. Mbak yoghurt bisa diganti susu kefir nggak ya?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...