28 November 2010

Resep Donat Ungu Ubi Jalar


Resep Donat Ungu Ubi Jalar JTT

Jangan terkecoh dengan penampilan donat yang satu ini, memang tampangnya tidak secantik donat umumnya tapi rasanya... Mantap! Donat ini hasil modifikasi saya dari resep donat kentang. Kebetulan minggu lalu saat berbelanja ke supermarket D-best di Jalan Fatmawati, saya melihat tumpukan ubi jalar ungu. Terpikir untuk membuat cake ubi jalar. Pasti cantik hasilnya. 

Nah, karena ubi yang saya beli terlampau banyak akhirnya saya mengutak-atik beberapa resep dengan menggunakan ubi jalar. Salah satunya adalah Donat Ungu Ubi Jalar ini.  Ternyata dengan tambahan bahan ubi jalar, donat tetap mengembang cantik dan ketika digigit empuknya bukan main. Lezat sekali.  Bisa menjadi alternatif untuk memberdayakan sumber bahan pangan lainnya, tidak melulu menggunakan tepung terigu saja.

Yuk kita tilik resepnya.

Resep Donat Ungu Ubi Jalar JTT

Donat Ungu Ubi Jalar
Resep diadaptasikan dari Belzy'z Kitchen, Potato Doughnut with Choco Glaze

Untuk 20 donat

Bahan:
- 350 gram tepung terigu serba guna
- 100 ml susu cair, dingin
- 1 sendok teh ragi instan (saya menggunakan merk Fermipan)
- 1 sendok teh pengembang & pengempuk roti (saya menggunakan merk Baker's Bonus A)
- 250 gram ubi jalar ungu, kupas, potong-potong dan kukus hingga matang, haluskan dengan menggunakan blender untuk mendapatkan tekstur yang benar-benar halus
- 100 gram gula pasir
- 75 gram margarine
- 1/2 sendok teh garam
- 2 butir telur
- 1/4 sendok teh vanilli

Cara membuat:
Di mangkuk besar campur terigu, ragi, baker's bonus, gula pasir, vanili. Aduk hingga rata. Masukkan garam. Aduk.

Masukkan ubi jalar yang telah dihaluskan, tambahkan telur, susu cair dan margarine. Uleni adonan menggunakan tangan hingga adonan kalis. Jika adonan masih lengket di mangkuk, taburi dengan terigu sedikit-sedikit kemudian uleni kembali.  Kira-kira 4 - 5 menit.

Kemudian bulatkan adonan dan tutup mangkuk dengan plastik wrap atau lap basah. Istirahatkan selama + 20 menit.

Bagi adonan masing-masing dengan berat 50 gram, bentuk bulat. Tata di atas loyang. Tutup dengan lap basah atau plastik wrap. Istirahatkan selama 25 menit.

Bentuk adonan menjadi bulat dengan lubang di tengah. Goreng di minyak panas hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan taburi dengan gula bubuk.

Cocok untuk menemani segelas teh hangat di hari libur. Hmmm...

Selamat mencoba :)



38 komentar:

  1. mba ini sampe kalis aja ya ga usah sampe elastis.katanya kalo bikin donat ato roti harus sampe elastis, window test pen ya kalo ga salah istilahnya,hehe...yang kalo di tarik adonannya ga putus. nah inilah yang membuat sy frustasi. sampe kapan ngadonin hingga begitu?huhu..

    BalasHapus
  2. Halo Mba Anita,
    Sampai kalis untuk adonan roti/donat berarti harus elastis, lentur dan lemas. Yup window test pen namanya, kalau ditarik akan terbentuk membran yang tak putus. Tapi nggak perlu terpaku dengan itu, tidak sampai terbentuk adonan seperti itupun roti/donat akan mengembang, asalkan airnya cukup, adonannya lemas dan lembek dan raginya berfungsi baik, sebenarnya menguleninya tidak akan frustasi banget dan nggak lama. Jika terlalu lengket, istirahatkan saja adonannya, biarkan ragi dan gluten bekerja, setelah 1 jam adonan akan lemas dan elastis. Dulu saya pikir menguleni adonan memang berat, untuk resep roti tertentu yang menggunakan sedikit air memang berat. Tapi untuk adonan2 roti dengan air yang banyak menguleni adonan adalah pekerjaan yang ringan, lumuri tangan dengan tepung selama menguleni agar tidak terlalu lengket. Hayu dicoba saja, sekali dua kali gagal adalah guru yang berharga ^_^

    BalasHapus
  3. Mbak.. Td sakses bikin donat ungu, tanpa si baker's bonus Alhamdulillah tetep empuk, enyaaaakkk ;) Suami dan anakku terus-terusan bila enak sambil nyomot donat yang masih panas, hihihi
    Tinggal ngumpulin nyali buat bikin roti deh sama ngumpulin 'modal' buat beli oven, hihihihi
    Thankyou anyway for the donut recipe

    Salam sehat,

    Hanif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa Mba Hanif, senang saya membacanya hahahah. Donat yang saya buat waktu itu juga enak Mba, cuman bentuknya parah, gak ada oke2nya, sampai pusing mau tampilin foto yang mana di blog wakakka. Thanks ya Mba

      Hapus
  4. Mbak, aq da cb resep ini pk ubi madu cilembu jg. Emang manteubh bangeudh deh! teksturnya empuk. Tapi fillingnya aq pk selai marmalade & keju soalnya stok selai kacangnya gy g' ada. rasanya makin kaya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, saya jadi pengen coba pakai cilembu neh, pasti lebih empuk, lembut dan manis. Saya pakai ubi ungu agak2 keras hehehhe. Pasti enak banget ya, sip, thanks atas sharingnya ya Mba Mila.

      Hapus
  5. salam kenal mbak..ni jd salah satu target resep ku mbak..krn agak sulit nyari ubi ungu,mau nyoba pake ubi orange aja.makasih udh ngasih resep donat ubi ini mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dewi, pakai ubi oranye oke kok, kalau adonan terlalu padat dan keras, tambahkan sedikit santan/susu cair hangat ya mba. supaya donatnya lebih lembut.

      Hapus
  6. haloo mbak endang saya mau tanya,, untuk melubangi donat mbak endang pakai cetakan apa ya? trims

    BalasHapus
  7. allo mbak salam kenal ya mba... oya mba sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih banyak ya mba udah mo berbagi resep2 berkualitas dan mudah utk dicerna di webnya mba ini...sy udah coba resep donat kentangnya mba dan sukses...hehehe ohya mba...saya uda coba buat donat ubi jalar dgn memakai resepnya donat kentang, cuma hasilnya kog rasa ubi jalarnya kurang terasa ya mba dan adonanya juga terasa kurang manis. utk ubi jalarnya saya pakai sbanyak 200gr. klo saya pake pengempuk roti kira2 berapa takaran yg mesti saya gunakan (jika komposisi bahan yg lain sesuai dgn resep donat kentangnya mba) tolng pencerahannya ya mba...makasih (dian)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dian, salam kenal juga dan thanks sharingnya.

      Saya rasa resep donat kentang, porsi kentangnya cuman dikit ya, jadi kalau pakai ubi dengan takaran sama kaya kentang, ubinya gak kerasa. Resepnya pakai resep donat ubi saja mba seperti diatas, kalau tetep kekeh mau pakai resep donat kentang, sepertinya mba harus uji coba ya, saya sendiri belum pernah coba soalnya, takutnya salah.

      Bisa pakai pengempuk, 1 atau 2 sendok teh bisa ya.

      Hapus
    2. haloo mba, makasih ya buat masukannya..oh ya mba, kira2 bisa ga mba ya klo donat kita buat tanpa menggunakan ragi..? soalnya saya pernah beli donat kentang di tempat saya, itu donatnya ga terasa dan tercium sama sekali aroma "asam" raginya mba... jadi bisa ga mbak ya klo kira2 donat itu kita buat tanpa ragi namun kita ganti dgn baking soda/kue.. kira2 bisa mengembang juga ga ya..?
      mba satu lagi ya.. saya pernah baca diwebnya mba juga, katanya kita mesti hati2 menggunakan bread improver soalnya bisa memicu kanker... bnar ya mba..? jadi solusinya gimana ya mba..?
      terima kasih ya mba..

      Hapus
    3. halo mba, kalau murni baking soda saja saya belum pernah coba, yang ada juga ragi sedikit plus baking soda.

      kalau takaran ragi kebayakan dan fermentasi kurang maksimal maka bauya pasti masih tercium mba. Mba bisa coba2 saja kurangi takaran ragi, dan panjangkan waktu istirahat adonan.

      tidak semua bread improver seperti itu, kalau kualitasnya baik saya rasa akan aman ya mba.

      Hapus
    4. mba... makasih banget ya atas masukannya, sangat membantu sekali bagi saya yg masih awam soal kue ni mba...lain kali boleh tanya2 lagi ya mba..heheh :)

      Hapus
  8. Mumpung di rmh sdg ada ubi ungu dan cilembu, mau coba aah.... tak kabari mbak, gmn hasilnya nanti. Kemarin sdh nyoba muffin ubi ungunya. Enaak..... yummy
    tekstur muffinnya mmg agak padat ya mb? Kayak butter type cake. Kl dibuat agak fluffy tp tdk seringan sponge cake atau chiffon cake gmn ya caranya mb? Any suggest?

    devy-malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba devy, thanks ya sharingnya, moga suka ya setelah donatnya dicoba. Untuk muffin ubi ungu, mungkin mba harus kurangi porsi ubi dan mentega gula dikocok hingga kembang ya. jadi kaya bikin cake biasa, karena muffin memang cuman aduk2 saja ya, karena itu teksturnya gak ringan.

      Hapus
  9. Dear Mba Endang, mohon pencerahannya kalo pake tepung terigu serba guna apakah hasilnya akan berbeda dibanding kl pakai yang protein tinggi (misalnya merk cakra kembar)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk roti tidak ya, bs pakai serba guna atau protein tinggi ya

      Hapus
  10. Mba endang...mau tanya, kalau adonan di buat malam dan mau proses gorengnya besok pagi. Cara penyimpanannya bagaimana ya mba? Dan apakah akan tetap mengembang besok pagi nya atau gimana mba? Mohon info nya ya mba. Trims before

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Dea, yep bisa ya, di chiller hanya semalam saja dan kudu ditutup rapat gak boleh kena udara kulkas. Besok tinggal dibentuk, diamkan 15 - 20 menit agar ngembang dan goreng deh

      Hapus
  11. Halo mbak, saya sudah mencoba resepnya. Tp pakai ubi cilembu oven. Hasilnya mak nyus. Tp kalo dibandingkan donat kentang, teksturnya beda. Lebih lembut dan fluffy donat kentang. Juara deh pokoknya, kl donat kentang. Donat ubi lebih padat, walaupun fermentasinya sudah diperpanjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Devy, thanks sharingnya yaa, yep setuju donat kentang lebih lembut ya, hehhehe

      Hapus
  12. hallo mb Endang... aq mau nanya juga nih, kalau ditutup pake plastik warp itu sbenernya fungsinya biar apa sih? biar g ada udara keluar masuk ya? *maklumilah org baru kenal donat ini mb��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Dhia, boleh tutup pakai kain biasa atau plastic wrap ya, intinya adonan tdk terkena langsung dengan udara ya

      Hapus
  13. Mbak endang..
    Apakah bisa warna dari donat ubi ini luarnya tetap ungu?bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya akan coklat karena digoreng ya, saya kurang tahu caranya membuat tetap ungu

      Hapus
  14. Terima kasih atas jawabannya mbak endang..
    Saya ingin bertanya lagi
    Apakah pengaruh telur pada adonan donat nanti?dan berapa banyak kah donat yang didapat berdasarkan resep mbak di atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. telur membuat donat lebih empuk, jumlah donat sudah ada di resep ya, 20 bh

      Hapus
  15. Holo Mba izin bertanya saya dian ,saya buat donat dari ubi cilembu tidak memakai telor dan mentega hanya memakai ragi dan gula serta tepung terigu setelah saya uleni saya tutup hingga kira kira 40 menit ,memang mengembang tetapi waktu saya icip dikit terasa asam . Apakah ada yang salah dalam adonannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, harusnya kalau hanya 40 menit tdk terasa asam ya, karena terkadang saya fermentasi bs lebih dari 2 jam dan adonan baik2 saja. Saya kurang tahu salahnya dimana ya

      Hapus
    2. Assalamualaikum mba endang. Salam kenal. Saya sudah coba resep dontang mba endang dan Alhamdulillah skrg jadi lumayan yg suka pesen dontang di saya. Walaupun sempet beberapa kali gagal dan saya blm ketemu salahnya dimana. Baca komen mba endang yg ini saya jadi penasaran mba endang bilang pernah fermentasi donat SMP 2 jam. Adonan yg mba fermentasi 2jam itu yg proses istirahat pertama atau yg ke 2 ya mba? Krn saya sempet berfikir kalo saya pernah gagal buat dontang kesalahan ada dikelamaannya saya istirahatkan adonan setelah Kalis. Mohon bantuan jawabannya ya mba. Terimakasih.

      Hapus
    3. walaikumsalam Mba, salam kenal ya. Fermentasi tergantung suhu dan porsi ragi. Makin hangat suhu ruang/suhu adonan fermentasi semakin cepat, makin banyak ragi maka fermentasi semakin cepat. 2 jaman jika suhu tidak terlalu hangat (cuaca mendung), dan ragi yang dipakai sedikit (separuh dari porsi normal). semuanya kembali ke kondisi adonan, kalau sudah mengembang minimal 2 kali lipat biasanya sudah ready. makin lama difermentasi justru malah gagal karena ragi mati dan mengeluarkan gas ethanol yang akan membuat roti tdk mengembang dan berasa getir.

      Hapus
  16. Halo mba Endang, ini kalau ubi ungunya diganti pakai tepung ubi ungu bisa ga yah? Apakah takaran tepung ubinya disamakan dengan ubinya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Shanty, saya belum pernah coba pakai tepung mba, kemungkinan tidak sama prosesnya. Karena ubi lebih liat dan menggiumpal, kalau tepung mungkin kudu diolah dulu supaya mudah dibulatkan dan mudah ketika digilas

      Hapus
  17. Salam kenal mba Endang, saya kemarin bikin donat ini. Karena nggak sempat2 nggoreng, saya masukkan di kulkas bawah 1,5 hari. Hasilnya lembut sekali, besoknya juga masih lembut. Saya suka resep ini karena perbandingan ubi nya paling banyak. Terimakasih resepnya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...