27 November 2010

Resep Sup Ikan Patin


Resep Sup Ikan Patin JTT

Nah, menu yang ini juga hasil iseng-iseng melihat video di Okefood.com selain Bothok Ikan Patin yang pernah saya posting sebelumnya. Resto yang menyajikannya juga sama-sama berada di Sragen. Rupanya ikan patin melimpah ruah disana sehingga variasi masakan berbahan ikan ini banyak ragamnya. Saya tertarik mencobanya karena bumbunya yang berbeda dari sop ikan lainnya yang pernah saya coba plus irisan nanas membuat sop ikan patin yang satu ini menjadi spesial dengan rasa yang sangat segar. 

Di video diperlihatkan si Bapak pemilik resto merebus dulu ikan patin sebentar di air mendidih mungkin untuk menghilangkan bau tanah ikan yang membuat saya malas mengolah ikan satu ini. Hasilnya memang mantap!

Untuk resepnya karena penjelasan narator di video hanya sekilas saja sedangkan saya lihat aneka rempah-rempah berenang-renang di kuahnya, akhirnya saya melakukan penambahan beberapa bumbu untuk membuat rasanya semakin 'nampol'.

Resep Sup Ikan Patin JTT

Sup Ikan Patin
Resep diadaptasikan dari Okefood.com, Sop Ikan Patin ala Sragen

Bahan:
- 1 ekor ikan Patin berat 500 gram. Siangi, cuci bersih. Belah menjadi 4 bagian. Remas-remas dengan 1 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.

Bumbu:
- 5 butir cabai rawit merah, iris melintang kasar
- 4 butir bawang merah, belah dua
- 2 butir bawang putih, keprak, cincang halus
- 2 ruas jahe, pipihkan
- 2 batang serai memarkan
- 3 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk, sobek kasar
- 3 sendok makan air asam jawa
- 1/4 buah nanas ukuran sedang, potong dadu
- 1 buah tomat merah belah empat
- 2 batang daun bawang, iris melintang kasar
- 1 ikat kecil kemangi 
- 600 ml air 
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat:
Didihkan air di dalam wajan/penggorengan, rebus ikan patin sebentar kira-kira 3 menit. Buang airnya.

Siapkan panci, beri air, masukkan cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, salam, serai dan rebus hingga mendidih. Masukkan ikan patin, air asam jawa, merica, garam, gula, kaldu bubuk, nanas, dan setengah porsi daun bawang. Masak sebentar hingga ikan matang, masukkan tomat. Matikan api.

Ambil mangkuk saji, tuangkan ikan patin dan kuah, taburi dengan daun bawang  daun kemangi dan acar sebagai pelengkap.

Acar:
 1buah ketimun, buang bijinya, potong dadu.
3 siung bawang merah, belah dua
3 butir cabai rawit, iris melintang kasar
2 sendok teh gula 
1 sendok teh garam
1 sendok teh cuka. 
Semua bahan acar dimasukkan ke dalam mangkuk, aduk-aduk, diamkan 1 jam sebelum dihidangkan.

Yummy!



12 komentar:

  1. mbak, td saya nyoba resep ini, tp g pake patin, pake sejenis ikan kembung(lp namanya), ditambah jamur makin sedaaap mbak
    ika fitriani-surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ika, thanks yaa, actually saya juga bukan penggemar patin, lebih enak pakai ikan lain wakakka

      Hapus
  2. Mba, utk acar nya, klo ga punya cuja, alternatif nya apa ya? Kalo jeruk nipis, brubah rasa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya saya jeruk nipis ya, tapi memang acar sebaiknya pakai cuka, karena rasanya jadi beda kalau diganti jeruk

      Hapus
  3. Mbak klo boleh tau kenapa air rebusan ikan yg pertama harus dibuang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan patin mengeluarkan bau langu khas yang kurang oke, membuang rebusan pertma untuk mengurangi baunya, rebusnya cuman 3 menit mb, tdk akan membuat ikan matang

      Hapus
  4. itu bumbu nya ga ditumis dulu ya mbak? langsung rebus semua ya? kalau ditumis dulu bumbu nya,rasanya jadi beda ga? oya mbak makasih resep2nya.. saya dah coba beberapa dan hasilnya enaakkkk.. sering liat justtryandtaste sebelum masak..hihi.. trm ksh sdh berbagi ilmunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, tidak ya, saya biasanya kalau bumbu iris untuk sup langsung saya rebus saja. Kecuali kalau bumbunya dihaluskan dan supnya model yang agak kekuningan.

      Hapus
  5. Hallo mba. Nanasnya bisa diganti gak ya? Sebaiknya diganti apa? Terimakasih.

    BalasHapus
  6. hallo mba endang, aku dah recook sup ikan patin ini.enak dan seger rasanya.makasih ya dah mau berbagi.sukses selalu😉

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...