30 November 2010

Resep Garang Asem Ayam


Resep Garang Asem Ayam JTT

Masakan yang dibungkus dengan daun pisang memang memberikan citarasa yang lebih yummy. Seperti pepes, bothok, atau garang asem yang satu ini. Wangi daun pisang yang dikukus atau dibakar memang tidak ada duanya. 

Untuk garang asem ini saya menggunakan daging ayam, anda bisa menggunakan daging sapi atau jeroan ayam sebagai isi si garang asem. Kuah kaldu ayam yang menyatu dengan bumbu dan rempah terasa semakin nikmat dengan aroma daun pisang, membuat makan semakin lahap. Wuihh, berat badanpun semakin bertambah. Tobat! Bumbunya mudah dan memasaknya juga cepat. Menu ini layak dicoba untuk memperkaya variasi masakan di rumah.

Garang Asem Ayam
Resep diadaptasikan dari Dapur Mlandhing, Garang Asem Ayam

Untuk 5 bungkus


Bahan:
- 300 gram ayam, potong kecil-kecil
- 200 ml santan kental
- 1 butir telur
- 6 butir cabai rawit utuh
- 4 lembar daun salam sobek kasar
- 3 ruas lengkuas, iris tipis-tipis
- 3 buah belimbing wuluh potong melintang kasar
- 1 buah tomat merah (resep asli tidak ada)
- 4 butir cabai hijau besar iris serong kasar (resep asli tidak ada)
- Daun pisang untuk membungkus, secukupnya


Bumbu halus:
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sendok teh ketumbar
- 5 butir kemiri
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir


Cara Membuat:
Tumis bumbu halus dengan 2 sendok makan minyak hingga harum dan matang. Matikan api. 

Masukkan santan, aduk hingga bumbu rata, masukkan gula, garam dan kaldu bubuk. Cicipi rasanya. Buat agak asin karena garam akan meresap di ayam saat dikukus. 

Masukkan 1 butir telur, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.


Ambil dua lembar daun pisang, tata lengkuas iris, belimbing wuluh, tomat iris, daun salam, ayam, cabai hijau dan cabai rawit utuh diatasnya. Bungkus seperti membungkus bothok. Semat dengan lidi. Lakukan hingga semua bahan habis. 

Kukus selama + 20 menit hingga ayam matang. Angkat dan siap untuk dinikmati.



0 komentar:

Poskan Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...