29 November 2010

Resep Ayam Woku Manado JTT


Resep Ayam Woku Manado JTT

Masakan woku Manado memang terkenal, sarat akan daun rempah sehingga rasa dan aromanya membuat air liur menetes. Selain itu membuatnya juga sangat mudah. Untuk resep kali ini saya menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Aroma yang berpadu dari daun bawang, daun jeruk, daun kunyit, daun pandan dan kemangi meresap ke dalam ayam membuat anda pasti ingin menambah porsi nasi yang kedua seperti saya dan Tedy. Bagi yang tidak pernah menggunakan daun pandan di dalam masakan ayam atau ikan pasti akan mengernyitkan kening, tapi saya yakinkan ke anda, daun pandan membuat masakan menjadi harum dan lezat. 

Kali ini Tedy, adik saya, berbaik hati membantu saya memotong ayam dan membumbuinya dengan garam dan jeruk nipis untuk mengilangkan bau anyirnya. Tips agar ayam matang dan bumbu meresap dengan sempurna adalah potonglah ayam menjadi ukuran yang kecil. Berikut resepnya yang saya peroleh dari browsing di internet dan rasanya bisa diadu dengan ayam rica di resto Manado langganan anda.

Resep Ayam Woku Manado JTT

Ayam Woku Manado
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi 

Bahan: 
- 1/2 ekor ayam, potong menjadi 10 bagian + 1 sendok air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis di ayam
- 2 genggam daun kemangi
- 5 lembar daun jeruk, rajang halus
- 1 lembar daun pandan, potong dengan panjang 15 cm, sobek-sobek, simpul
- 2 batang daun bawang, rajang kasar
- 1 lembar daun kunyit, iris halus
- 2 batang serai, memarkan
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- garam dan gula secukupnya
- 200 ml air

Bumbu halus: 
- 7 buah bawang merah
- 10 buah cabai rawit
- 10 buah cabai merah

Cara Membuat:

Remas-remas potongan ayam dengan 1 sendok makan garam dan air jeruk, diamkan 15 menit. Cuci ayam hingga bersih dari garam. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun pandan, serai dan daun kunyit. Aduk sebentar hingga daun bumbu layu. Masukkan ayam. Aduk dan tambahkan air. 

Masak hingga air berkurang, masukkan daun jeruk, daun bawang, garam, gula, kaldu bubuk dan merica. Aduk hingga air menyusut dan ayam matang. Jika ayam kurang matang masukkan air sedikit dan masak hingga air menyusut. Cicipi rasanya. 

Matikan api dan masukkan daun kemangi. Aduk rata. Sajikan.



13 komentar:

  1. aku sudah buat ayam ini, hanya saja aku menggunakan ayam fillet yang di potong kotak-2, yummy dehhh, thanks yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sipp, senang membaca komentarnya, ayam fillet pastinya lebih mantap heheh. Thanks ya.

      Hapus
  2. Mba Endang, di bumbu yg dihaluskan itu ada 10 buah merah maksut nya cabe merah kah..? Lili

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lili, yep Mba, maksudnya cabai merah. Sudah saya koreksi di resep. Thanks ya ^_^

      Hapus
  3. Halo mb Endang.. mo Ijin, besok hari Minggu saya mau buat resep ini ya mbak. Wish me luck. hehehe... Thank you mb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Gracia, silahkan dicoba Mba, moga sukses dan suka yaaaa ^_^

      Hapus
  4. Mba, Rica Rica nya ga pake Kecap manis yaa ? Akuu kirain pake, thanks ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayyu, wah nggak ya, masakan Manado nggak ada yang pakai kecap manis yaaa hehhehe

      Hapus
  5. Mba Endang, resepnya baru aku coba, cuma ga aku pakein daon kunyit, kemangi sama daon pandan, sulit nyarinya, sama aku beri kecap biar pedes manis gitu, rasanya tetep JUARA, trima kasih resepnya mba endang, sukses selalu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayyu, sip thanks sharingnya ya. Senang resepnya disuka, sukses selalu juga ya!

      Hapus
  6. thank u Mbak Endang, enak banget...
    resepnya muanthap dan lengkap..
    jadi semangat ke dapur karna resep dari Mbak Endang semuanyaa UeNaaak
    Hehehehe

    BalasHapus
  7. siang mbak endang.. ayam wokunya menggoda euy, liat gambarnya aja jadi ngiler... hehe.. itu bumbu halusnya memang gak pake bawang putih kah mbak? dan klo cabenya dikurangi ngerusak rasa gak? hehehe soale si bungsu di rmh blm terlalu tahan pedas.. hehehe.. terima kasih mbak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Siti, tdk pakai bawang putih ya, masakan manado umumnya pantang bwang putih. Cabai bs disesuaikan sesuai selera mba

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...