21 November 2010

Resep Oseng-Oseng Mercon ala Just Try & Taste



Sering mendengar nama oseng-oseng mercon tapi belum pernah merasakannya? Berarti anda setali tiga uang dengan saya. Menu satu ini sering dimunculkan di acara kuliner di televisi atau di beritakan di internet. Dari gambar-gambar yang dimunculkan terlihat sangat lezat dan komentarnya-pun bintang lima semua. Dalam benak saya, makanan ini pasti pedas, kaya bumbu dengan paduan garam dan gula yang 'medhok' khas masakan Jawa.

Berusaha mereka-reka bumbunya tapi belum pernah merasakan masakan aslinya memang susah. Apalagi beberapa situs atau food blog yang mencantumkan resep oseng-oseng mercon terasa hambar bagi saya. Tetapi memang bumbu dalam masakan Jawa memang tidak terlalu beraneka ragam selayaknya masakan Padang. Jadi mungkin dasar bumbu oseng-oseng mercon umumnya sama hanya saja ada modifikasi tertentu yang membuat hasilnya berbeda.

Nah yang ini versi saya, hasil bereksperimen di dapur di Minggu pagi yang mendung.

Yuk, kita tengok resepnya.

Oseng-Oseng Mercon ala Just Try & Taste
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan: 
- 250 gram daging sapi dengan sedikit lemak (oseng-oseng mercon asli menggunakan daging tetelen dan full lemak). Potong-potong daging, kira-kira sebesar 2 ruas ibu jari.

Bumbu dihaluskan:
- 15 buah cabai rawit
- 5 buah cabai merah
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 1 sendok teh ketumbar sangrai
- 1/4 sendok teh jinten
- 4 butir kemiri sangrai

Bumbu lainnya:
- 2 ruas jari lengkuas (sekitar 3 cm), pipihkan
- 3 lembar daun salam
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja dan pipihkan
- 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
-  1 sendok makan gula jawa, iris-iris
- 2 sendok makan air asam jawa
- 1 sendok makan kecap manis
- 2 sendok teh  garam
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat: 
Panaskan wajan, beri sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan lengkuas, daun salam,  serai, daun jeruk, aduk dan tumis hingga daun bumbu layu. Tambahkan daging, aduk dan masak hingga daging berubah warna menjadi pucat. Tambahkan 100 ml air, tutup wajan. Masak hingga daging empuk. Jika air habis tetapi daging belum empuk tambahkan air sedikit dan masak hingga daging lunak.

Masukkan gula jawa, air asam jawa, kecap manis, gula merah dan garam. Aduk rata dan cicipi rasanya.

Masak hingga kuah mengental. Matikan api dan sajikan dengan nasi hangat.



13 komentar:

  1. Assalamu'alaykum...
    Mbak yang kueren.. Salam kenal ya.. Ini blog masakan terkeren yang pernah saya temui. Resep2nya TOP BGT terutama gambar2nya.Keren!!! He2... Sebenarnya saya tidak suka memasak mb, tapi saya suka melihat resep2 masakan terutama gambarnya. Saya ijin copy ya Mb..Buat cuci mata atau barangkali suatu saat saya "tergerak" untuk memasak.. ^^
    Terimakasih y Mb udah share. Smoga Mb snantiasa bersemangat untuk berkreasi dan dilapangkan rizkinya. Sekali lagi Terimakasih.. ^^

    Fani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Fani, makasih atas komentarnya ya, senang ada yang suka blog ini. Tapi saya gagal membuat Fani mau mencoba memasak. Ayo, ayo dicoba ntar pasti ketagihan loh heheehhe. Sukses selalu ya ^_^

      Hapus
  2. Enaaak mba, dieksekusi Minggu. . .
    Mba, itu maksudnya 250 gr yaa bukan kg??? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep mba risa, 250 gram yaaa hehheheh. sudah saya betulkan resepnya, thanks yaa

      Hapus
  3. Haii mbk endang...
    Lama memasak dagingnya berapa lama y mbak kira2 biar matangnya pas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dita, saya gak pakai waktu mba, yang jelas saya masak sampai benar2 empuk dan nyaman dikunyah. Kalau air habis daging blm empuk ya saya tambah air lagi dan rebus sampai benar2 empuk

      Hapus
  4. Haiii mbak endang...
    Lama memasak dagingnya brapa lama ya mbak kira2 ?? Trus sayur pendamping yg pas buat oseng2 mercon ini apa mbak?? Maklum mbak.. Suami saya makannya kurang lahap kalo g lihat yg ijo2 dipiring ... ๐Ÿ˜
    Maksih y mbak

    BalasHapus
  5. Mumpung lg byk daging d'rmh dpt qurban.. Ak mau bkin mba buat mertua sm suamiku yg doyan pedes. Manfaat bgt resep'a mba.. Ma'aci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, moga sukses oseng2nya ya, senang resepnya disuka.

      Hapus
  6. Hai mba endang,.
    Mbak, kalo daging sapinya di ganti kikil bisa yaa๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...