24 Mei 2011

Kreasi Saus Spaghetti Instan (Resep 3) - Resep Pasta Saus Bolognese


Resep Pasta Saus Bolognese JTT

Seporsi tagliatelle dengan saus bolognese untuk menemani makan malam anda? Bagi yang sedang berdiet, saya mohon maaf karena mungkin resep yang ditampilkan kali ini kurang tepat mengingat kalorinya yang tinggi, tetapi bagi anda yang ingin menu makan malam yang sedikit berbeda dari yang biasanya, mungkin bisa dicoba. Tagliatelle alla bolognese ini menjadi makan malam saya dan Dimas, adik saya yang paling kecil dan sedang berkunjung ke rumah Pete - tadi malam. Berhubung cuma berdua, maka dua porsi besar pasta ini harus kami habiskan sendiri, dan terus terang sangat membuat kami megap-megap kekenyangan. ^_^

Sebagaimana dua resep masakan yang pernah saya tampilkan sebelumnya di Kreasi Saus Spaghetti Instan, anda bisa klik kedua resep tersebut di Pizza Sayur: Terung, Jamur & Tomat  dan di Calzone Isi Tumis Daging Sapi Cincang, Jamur, Jagung Manis & Kacang Polong  maka resep ketiga ini masih dalam rangka yang sama yaitu untuk memberdayakan saus spaghetti botolan siap pakai yang masih tersisa di kulkas. Bersama resep ketiga ini maka saus spaghetti botolan saya pun habis sudah, walaupun saya masih punya banyak resep lainnya yang bisa dibuat dari saus tersebut. 


Resep Pasta Saus Bolognese JTT
Tagliatelle dalam kondisi kering/mentah

Bagi anda yang tidak familiar dengan tagliatelle, makanan ini adalah sejenis pasta dengan bentuk pipih seperti pita, berwarna kuning karena mengandung telur, mirip-mirip seperti kwetiau. Berbeda dengan kwetiau yang terbuat dari tepung beras dan di-packing kotak agak memanjang, maka tagliatelle biasanya terbuat dari tepung gandum dan semolina dengan bentuk berupa gumpalan lingkaran pasta seukuran kepalan tangan orang dewasa, seperti gambar yang saya tampilkan diatas. Rasa tagliatelle sama seperti pasta umumnya semacam spaghetti, ravioli, penne, lasagna atau macaroni. Biasanya pasta ini dimasak alla carbonara yaitu pasta dengan saus putih atau bolognese dengan daging sapi cincang seperti yang saya sajikan atau hanya dimasak sederhana saja dengan tomat dan daun basil. 

Resep Pasta Saus Bolognese JTT

Awalnya saya hendak membuat yang alla carbonara, menggunakan saus putih sesuai resep yang terdapat di belakang bungkus si tagliatelle, tetapi Dimas menolak mentah-mentah karena versi carbonara memang lebih eneg dan cepat bosan. Resep saus bolognese-nya simple saja dan sangat mudah, biasa saya pakai untuk saus spaghetti. Tentu saja taste-nya saya sesuaikan dengan lidah dan selera saya dan Dimas ya, sedikit pedas dengan komposisi gula dan garam yang pas. Berikut resepnya ya. 

Resep Pasta Saus Bolognese JTT

Pasta Saus Bolognese
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 - 3 porsi

Bahan:
- 200 gram tagliatelle, sekitar 4 gulung
- 200 gram daging sapi cincang

Bumbu untuk saus bolognese:
- 4 butir bawang putih cincang halus
- 1 butir bawang bombay, rajang halus
- 3 butir cabai rawit merah, rajang halus
- 4 sendok makan saus spaghetti botolan siap pakai (saya pakai merk Del Monte)
- 2 sendok makan saus sambal botolan
- 1 sendok makan saus tomat botolan (optional)
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh pala bubuk 
- 2 batang daun bawang rajang halus
- seujung kuku all herbs atau Italian seasonings (optional)
- 1 sendok makan minyak zaitun untuk menumis
- 20 - 30 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:

Resep Pasta Saus Bolognese JTT
Resep Pasta Saus Bolognese JTT


Siapkan panci ukuran sedang, tuangkan 1 liter air dan didihkan. Masukkan tagliatelle dan rebus hingga al dente, pasta matang dengan tingkat kematangan yang pas, tidak lembek dan tidak terlalu mentah, ketika digigit terasa kenyal.  

Jika telah matang, tiriskan dan siram dengan air dingin, tiriskan. Tidak perlu diberi minyak. Sisihkan.


Resep Pasta Saus Bolognese JTT


Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis cabai, bawang putih, bawang bombay hingga harum dan bawang berubah transparan dan berwarna agak kecoklatan. Masukkan daging sapi cincang, aduk-aduk hingga daging berubah warna. 


Resep Pasta Saus Bolognese JTT


Tambahkan saus spaghetti botolan, saus sambal, saus tomat, gula, garam, merica, pala bubuk, dan Italian seasonings. Aduk rata dan tambahkan 100 ml air. Masak hingga matang dan mengental. Masukkan daun bawang, aduk rata dan cicipi rasanya. Angkat. 

Penyajian:
Siapkan piring datar, beri satu porsi tagliatelle. Letakkan saus bolognese diatasnya dan taburi dengan keju cheddar parut. Tagliatelle alla Bolognese siap disajikan. Mantap!


Resep Pasta Saus Bolognese JTT

Sources:
Wikipedia - Tagliatelle
Wikipedia - Bolognese Sauce



4 komentar:

  1. Kalau diganti fettucine atau spaghetti bisa tidak ya?

    BalasHapus
  2. Mba aku vegetarian, tapi pengen banget bikin resep ini. Dagingnya sebaiknya diganti dengan apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. daging bs diganti pakai jamur merang/champignon/kancing atau kacang merah juga yummy ya, kacang merah kaya protein.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...