05 Mei 2011

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese


Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Minggu lalu saya membeli dua buah pisang tanduk super di toko buah di dekat rumah, rencananya saya akan membuat pisang coklat keju, camilan yang sering sekali kita temui dijual di pinggiran jalan. Makanan ini berupa kulit lumpia gulung berisi pisang dan coklat yang digoreng hingga kecoklatan. Tetapi rumah Pete sedang miskin penghuni dan membayangkan saya yang harus menyantap sendiri gorengan pisang berlumur coklat rasanya berat sekali, akhirnya saya urungkan niat dan saya ganti resepnya dengan banana cream cheese cake ini. Cake panggang tentunya lebih tahan lama sehingga saya bisa membawanya ke kantor untuk disantap bersama teman-teman di kantor. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Pisang tanduk super ternyata oke juga disulap menjadi cake, pisang ini warnanya lebih oranye dibandingkan dengan pisang tanduk biasa. Teksturnya juga lebih padat dan ketika dipanggang rasanya legit dan lebih liat. Anda tentu saja bisa menggunakan jenis pisang lainnya, tetapi dikarenakan cake ini menggunakan irisan pisang yang disusun di dasar dan di pinggir cake maka sebaiknya gunakan pisang seperti pisang raja kuning atau kepok kuning yang  tidak terlalu lembek sehingga bentuknya menjadi bagus. Sebaiknya hindari menggunakan pisang yang teksturnya lunak seperti pisang ambon. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Cake ini sangat lezat dan lembut dengan perpaduan rasa keju dan pisang utuh. Hmm, mantap. Cream cheese yang saya tambahkan di adonannya membuat cake menjadi moist dan gurih. Untuk topping-nya, saya menggunakan susu kental manis untuk menempelkan keju parut pada permukaan cake. Anda bisa skip bagian ini atau mengganti susu kental manis dengan kocokan mentega dan cream cheese. Saya sendiri berpendapat, cake lebih lezat tanpa topping sama sekali :).  Resep cake ini hasil modifikasi sana dan sini tetapi untuk bahan dasar cake saya ambil dari resep Banana Cheese Brownies di buku masak Ny. Liem. 

Berikut resepnya ya.

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep dimodifikasi dari buku 500 Resep Kue & Masakan, Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati - Banana Cheese Brownies

Untuk 2 buah loyang cake ukuran + 5 x 10 x 25 cm

Bahan:
- 2 buah pisang tanduk, iris tipis
- 150 gram cream cheese
- 150 gram mentega, cairkan
- 4 butir telur ayam suhu ruang
- 150 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh pelembut kue : ovalet/TBM/SP

Ayak jadi satu
- 90 gram tepung terigu protein sedang
- 20 gram tepung maizena
- 20 gram susu bubuk
- 1 sendok teh baking powder

Topping:
- Susu kental manis
- 100 gram keju parut

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Cara membuat:
Siapkan oven, set di suhu 185'C, letakkan rak panggangan di tengah oven. Siapkan 2 buah loyang ukuran + 10 x 25 cm dengan tinggi sekitar 5 cm.  Olesi mentega dan taburi tepung. Letakkan selembar kertas baking/kertas minyak di dasar loyang. Sisihkan.

Siapkan pisang tanduk, saya membaginya menjadi 3 bagian dengan panjang masing-masing  + 10 cm. Iris tipis pisang seperti akan membuat keripik pisang, tata pisang di dasar loyang, dan di bagian tepi loyang. Anda bisa hanya menatanya di dasar loyang saja. Sisihkan. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan cream cheese kedalamnya dan kocok dengan mixer kecepatan rendah kira-kira 5 menit hingga menjadi lembut. Sisihkan. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Siapkan mangkuk mixer, masukkan telur, ovelet, gula pasir, vanili dan kocok dengan kecepatan rendah hingga bahan tercampur kemudian rubah menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga hingga menjadi adonan yang putih, kental dan mengembang. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Rubah kecepatan mixer menjadi paling rendah, masukkan ayakan tepung sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur. Kocok sebentar hanya agar tepung tercampur rata. Matikan mixer. Tuangkan mentega cair kedalam adonan dan aduk menggunakan spatula hingga rata. Mentega cair suka mengendap di dasar mangkuk dan tidak tercampur baik, karena itu pastikan spatula benar-benar mengaduk hingga ke dasar wadah agar mentega tercampur rata. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Tambahkan cream cheese yang telah dikocok kedalam adonan dan aduk rata menggunakan spatula. Jangan terlalu berlebihan mengaduk ya. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Tuangkan adonan  kedalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama + 35 - 40 menit hingga permukaan cake berwarna coklat keemasan dan test dengan tusuk lidi untuk memastikan cake telah matang. Keluarkan dari oven dan biarkan 5 menit di loyang. Balikkan kue di rak kawat dan dinginkan. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Jika cake telah benar-benar dingin, letakkan cake di piring datar, tuangkan susu kental manis keatas permukaannya dan taburi dengan keju parut. 

Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese
Resep Cake Pisang dengan Cream Cheese

Potong-potong cake dan siap disajikan. Enjoy!

Source:
Buku 500 Resep Kue & Masakan, Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati - Banana Cheese Brownies.



26 komentar:

  1. haduh aku ga punya ovennya....bisa ga yang ini dijadi'in kukus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, Mba Yanti saya belum pernah coba versi kukusnya, jadi nggak berani komentar. Maap ya

      Hapus
  2. siang mbak endang...aku bikin cake ini yg pertama sukses..yg ke2 kok agak bantat ya...salah nya dimana nich minta percerahannya donk hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waak, susah juga pertanyaannya hahha, asalkan resep dan proses diikuti pasti sukses kok, pasti ada yang berbeda prosesnya tuh hehehe

      Hapus
  3. mbak endang mo tanya apa sih bedanya margarine sma mentega...klo yg blueband itu msk mentega apa margarin....tolong ksh contoh ya biar aku nyarinya gampang mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Tiara, margarine terbuat dari lemak tumbuhan (kelapa sawit, kacang atau biji2an) misal blueband, simas, palmboom. Mentega terbuat dari lemak hewan, rasa dan aromanya lebih sedap dan harga lebih mahal. Merk misalnya Elle n Vire, Wisjman, Orchid, banyak kok.

      Hapus
  4. mantaaaap mbak endang.. sy pakex pisang raja kuning krn gda pisang tanduk hehehe.. bikin separuh resep ludes mbak hihi.. suwun mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, pakai pisang raja kuning pasti lebih mantap dibandingkan dengan pisang tanduk. ^_^

      Hapus
  5. Mba, tanya dong, kalo ga pake pelembut kue bisa ga y? Makasih. (Mama Hanzel)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tekstur saya rasa nggak terlalu ngaruh ya, alias masih lembut. Tapi untuk kepastian supaya cake ngembang sebaiknya ganti ovalet dengan BP double acting 1 sendok teh.

      Hapus
  6. Mbak kl kue yg dipanggang gini bisa tahan brp hari mbak? Lbh awet drpd kue yg dikukus ya? Makasiy

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, bisa tahan 3-4 hari di suhu ruang, kalau di kulkas bisa lebih lama. kalau kue kukus paling 2 hari sudah basi ya.

      Hapus
  7. sore mba, kalau pakai pisang nangka cocok gak sama teksturnya? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal pisangnya gak asam saya rasa oke ya, bagusnya memang pisang yang agak keras teksturnya ya

      Hapus
  8. Mb endang mau tanya tp bkn resep ini..biasanya ada resep yg pake mentega tp ga bisa dganti sm margarine nah itu klo pake mentega mix misalnya margarita vanilla ttp bisa ga mb trs ngurangi rasa ga mb misal nastar dll soalnya mentega khan hrgnya lmyn dkantongku mb hehe makasih mb
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yeni, saya biasa pakai margarita vanila atau bakers mixed (campuran butter dan margarine) untuk nastar. Rasanya enak2 saja wakakak. Justru nastar kalau mentega semua akan lumer kala dipanggang dan terlalu berat rasanya ya.

      Hapus
  9. Mba, nanya dong. Kl pengen rasa kejunya kenceng, waktu proses mencairkan mentega bisa ditambah keju ga?jadi kayak resep cake kukus lapis coklat keju. Atau cuma ditambahin keju parut diadonannya aja. Takarannya brp ya?makasih ya mb endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya rasa pakai keju parut saja ya, atau pakai cream cheese kalau mau rasa lebih berat. Saya belum pernah melumerkan keju dengan mentega, jadi tidak bisa memberikan saran.

      Hapus
  10. Mba salam kenal yaa.. saya fans beratnya mba endang hehee

    Btw itu dibakarnya pake api atas atau bawah ? Tekniknya gmn mba bakarnya?Saya baru pakai oven listrik nich

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Egha, salam kenal juga dan thanks sudah menjadi fans JTT hehheheh. Sya pakai oven listrik juga ya, pakai api atas bawah. Cek saja di oven Mba, apakah punya fasiltas api bawah dan atas. Tapi saya rasa api bawah saja juga bisa ya, hanya saja lebih lama memanggangnya.

      Hapus
  11. Mbak, kalo pisangnya pake pisang kepok bisa nggak? salam. hety.

    BalasHapus
  12. Salam kenal mba endang.Baru kali ini saya ketemu blog yang pemilik nya aktiv balas pertanyaan😊 dan detail step2 pengolahanya di sertai gambar sehingga sangat membantu untuk pemula seprti saya ini 😊. Mba endang resep banana cream chees cake ini bisa untuk kuku tanpa harus merubah bahanya kah? Soalnya saya blm punya oven.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba Narti, thanks sharingnya ya, senang resep JTT disuka. Yep bs dikukus ya, tdk ada bahan yang dirubah Mba.

      Hapus
  13. Salam kenal ya mba endang,hem lagi mau coba ni.muda2 yuamii dan berhasil.bismillah.jika uda berhasil sy comen lagi ya.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...