23 November 2010

Resep Tom Yam Seafood (Sup Seafood Asam Pedas ala Thailand)


Resep Tom Yam Seafood JTT

Masakan Thailand memang oke dan telah terkenal hampir di semua negara termasuk Indonesia. Rasanya yang pedas dan spicy menjadikannya mudah beradaptasi dengan lidah kita. Restoran-restoran yang menyajikan hidangan khas Thailand juga begitu mudah dijumpai di Jakarta. Nah, salah satu masakan Thailand yang saya sukai adalah Tom Yam Kung atau sup udang asam pedas.  Menurut buku Low Fat No Fat - Thai & South - East Asian Cookbook, Tom Yam Kung merupakan hidangan sup yang paling terkenal dan populer dari negara tersebut. By the way,  kalau harus sering-sering merogoh dompet untuk bisa menikmati semangkuk Tom Yam Kung bisa bikin bangkrut juga.  Semangkuknya rata-rata di Thai Resto sekitar 30 ribu hingga 50 ribu rupiah. Isinya: prawn/udang besar dua ekor, kerang 3 biji, jamur merang sekitar lima potong. Sisanya? Potongan daun jeruk, serai dan air, dan air,  dan air semangkuk penuh. Mana nendang?

Resep Tom Yam Seafood JTT

Hidangan ini biasanya disantap sebagai menu pembuka atau appetizer, tapi dasarnya saya, mana ada menu pembuka? Semua langsung masuk ke main dish. Nah supaya bisa sepuasnya menikmati si sup yang lezat ini tentu saja dengan membuatnya sendiri. Mau dua atau tiga mangkok? Siapa takut? Untuk resepnya saya modifikasi dari resep di buku Low Fat No Fat - Thai & South - East Asian Cookbook.  Buku bagus dengan sampul hardcover dan gambar-gambar masakan yang cantik. Dilengkapi pula dengan foto-foto cara mengolah bahan makanannya. Layak untuk dijadikan koleksi bagi anda yang suka masak atau sekedar suka memajang buku tebal supaya terlihat keren di rak, seperti saya. Kali ini saya tidak hanya menggunakan udang, tetapi didalamnya saya tambahkan juga ikan tuna dan cumi-cumi. Jadilah Tom Yam Seafood. Memasak tom yam sangat mudah dan cepat, supaya rasanya lebih mantap saya tambahkan tom yam paste atau pasta tom yam yang bisa anda beli di supermarket. Mantap!

Berikut resepnya ya.  

Resep Tom Yam Seafood JTT
 
Tom Yam Seafood (Sup Seafood Asam Pedas ala Thailand)
Diadaptasikan dari Low Fat No Fat - Thai & South - East Asian Cookbook by Jane Bamforth

Untuk 3 porsi

Bahan:
- 2 ekor cumi-cumi, bersihkan dan buang lapisan kulit luarnya. Potong sepanjang 2 cm
- 150 gram fillet tuna, potong dadu 
- 6 ekor udang ukuran besar, cuci bersih dari kotoran yang menempel
- 700 ml air atau kaldu ayam (jika ada)

Bumbu:
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 10 lembar daun jeruk purut, sobek menjadi dua bagian
- 200 gram jamur merang, belah dua
- 2 sendok makan kecap ikan
- 2 sendok makan air jeruk nipis
- 2 butir cabai rawit merah, buang biji, iris tipis.
- 1/4 sendok teh merica bubuk secukupnya.
- 1 bungkus pasta tom yam instan (saya pakai merk Finna)
- 1 sendok teh kaldu bubuk, optional
- 2 batang daun bawang, potong melintang kasar 
- 1 sendok makan daun ketumbar segar
- 2 sendok teh garam

Cara mengolah: 
Potong kepala udang dan kuliti. Sisihkan daging udang. Letakkan kepala dan kulit di panci, masukkan air kaldu atau air biasa.

Pipihkan ujung serai yang berwarna putih, masukkan ke air kaldu berisi kepala dan kulit udang. Rebus beserta setengah porsi daun jeruk. Kecilkan api, biarkan mendidih selama 5 - 6 menit, hingga kaldu menjadi wangi. Matikan api.

Saring kaldu udang ke wadah atau panci bersih lainnya kemudian panaskan kembali.  Masukkan pasta tom yam, cabai rawit, jamur, cumi-cumi dan ikan tuna. Masak selama 2 menit. Masukkan  udang, masak hingga udang berubah warna menjadi pink.

Masukkan fish sauce/kecap ikan, air jeruk nipis, daun bawang, daun seledri dan sisa daun jeruk ke dalam kaldu udang. Masukkan garam, merica dan kaldu bubuk. Cicipi dan sesuaikan rasanya dengan selera anda.

Rasa sup ini harus asam, asin, pedas dan spicyHidangkan panas-panas.



30 komentar:

  1. wah ane coba akhhh,, klo yg laen mesti buat pasta manual alias harus buat dlu,, klo pake tom yam paste lagi praktis ..

    BalasHapus
  2. mba, pengen tanya kalo gak pake pasta tom yam yang udah jadi bagaimana bikin yg pasta tom yam secara manual ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dian, yep kita bisa bikin pasta tom yam sendiri. Bahannya cabai merah kering, bawang putih, bawang merah, ebi/udang kering, air asam jawa dan terasi. Gula garam menyesuaikan. next time saya posting yang lebih lengkap.

      Hapus
  3. Mba endang kmrn dpt tips dr ibuk2 di spm..katanya gantinya kaldu instant pakai gula batu mbak..katanya niiii..jd guriiiiih bgt..gitu...cmiiw tp yak..hehehehe..soalnya. saya mmg ga pernah pke kaldu atau msg terselubung itu..hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Agness, wah makasih banget tipsnya ya. yep saya juga berusaha menghindar pakai kaldu bubuk nih, susah juga, jadi mulai dikit2 dikurangi supaya lidahnya gak ketagihan. Okeh saya coba pakai gula batu dah hheehee.

      Hapus
  4. halo mbak, saya mo tanya nech,kebetulan skali baruuuuuuu aja belajar masak. kaldu bubuk yang mbak pakai, kaldu bubuk apa ya..? secara baru belajar mencari tahu bumbu2 dapur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaldu bubuk instan yang bnayk dijual dipasaran Mba, ada yang bubuk ada blok, merknya macam2, saya biasa pakai rasa sapi. Tapi saya lagi berusaha mengurangi pemakainnya, soalnya kaldu bubuk mengandung MSG juga hiiks

      Hapus
  5. mbak Endang mo nanya donk,,,gimana caranya kalo mo masak tomyam pake cumi...tapi cuminya jangan alot. saya baca di resep mbak Endang pas dimasukin cumi masak dua menit aja....apa itu tujuannya supaya cumi tidak dimasak terlalu lama sehingga alot???? kalo iya, yang saya ga ngerti, setelah cumi dimasak 2 menit trus api dimatikan baru dimasukkan udang atau bagaimana??? makasih mbak Endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, cumi alot karena terlalu lama dimasak. cumi dan udang sebaiknya di masukkan saat kuah sudah matang dan rebus sebentar saja (2 menit). jadi masukkan di bagian paling belakangan saja ya.

      Hapus
  6. mbaaaa...... aku saksessss masak tom yam tadi pagi.
    Gampang bangett....
    dan ternyata enakk. Pake BANGET

    bener2 blog nya mba endang ini paporit akuu....
    *aku tambahin tomat biar makin cantik warnanya. hihihi

    tetep berkarya yaa mba..

    i'm your biggest fan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resep tom yam nya sukses dicoba dan disuka, kalau sering2 dipraktekkin memasak itu gampang kok hehehe, sukses yaaa

      Hapus
  7. Haloo mba endaang..apa kabar? Kalo saya baik2 aja *eh belom ditanya ya*

    Oia saya pernah makan tom yam 1x mba, apakah bener rasanya mirip sayur aseem di kasi cabe trus isinya udang 2ekor kerang 3biji ama kuah yang seabreg-abreg? Serasa kenyang ama kuah yak..

    Resep yang ini ama tom yam kuah susu enak mana ya mba? Soalnya saya belum bisa mengira2 rasa aslinya tom yam seperti apa? Apa bener mirip sayur asem gitu? ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, deskripsi yang Mba sebutkan adalah tom yam, bedanya dr sayur asem, tom yam menggunakan rempah2 seperti serai, lengkuas dan daun jeruk dan daun ketumbar yang banyak, jadi rasanya unik dan beda dr sayur asem.

      saya suka yang tom yam bening tanpa susu ya. lebih segar menurut saya.

      Hapus
  8. Mba endang , saya nagih resep pasta tom yam nya. Kmrn saya uda coba resep ini , pastanya saya kira2 sendiri. untung jadi dan enak, Seger bgt. Saya mau tanya , air asam dan ebi langsung dicampur sama bumbu atau di pisah ? Kl disimpan di kulkas tahan brp lama mbak? Matur nuwun ya. Aster

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba aster, untuk pasta tom yam semua bumbu dan ebi dihaluskan jadi satu ya, dan ketika bumbu ditumis dan dimasak baru air asam dimasukkan dan dimasak sampai kental dan pekat, Awet sampai 1 bulan saya rasa mba, di kulkas dalam wadah rapat ya.

      Hapus
  9. Mba Endang, di "cara mengolah" ada disebutkan masukkan cumi-cumi & ikan tuna, tp di "bahan-bahan" kok tidak ada tertulis cumi-cumi & ikan tuna ya...? berapa takaran resep cumi2 & ikan tunanya mba......? makasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, makasih koreksinya ya, sudah saya betulkan resepnya diatas yaaa

      Hapus
  10. mbak endang, salam kenal. pengen nyoba juga. cuma sy bingun pas baca daun ketumbar itu belinya dimana ya mbak? kl ketumbarnya sy tau. makasih ya mbak atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, daun ketumbar biasanya ada di supemermarket besar di bagian sayuran ya, nama lainnya daun honsui ya. Skip saja kalau nggak ada mba

      Hapus
  11. Mba..kalo jamur merangnya diganti jamur kancing bisa ga ya?

    Terima kasih sebelumnya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rizky, yep pakai jamur kancing juga sedap ya mba ^_^

      Hapus
  12. Mbak Endang, boleh minta resep pasta tom yum yang lengkapnya ga? Misalnya bawang putihnya berapa siung, dll. Soalnya aku masih newbie nih takut ga enak hehe. Maksih ya mbak sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tika, yep saya sudah ada resep homemade pasta tom yam cumn belum ada waktu eksekusi hiiks. Ntar kalau sudah sya coba pasti saya share yaaa.

      Hapus
  13. Mbak Endang coba pake kaldu seafood deh,,dari kulit udang yg disangrai dulu lalu direbus atau langsung rebus aja,,ntar blender terus saring kaldunya,,itu rasanya super duper enak utk kuah tomyam

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dwi, wah makasih tipsnya ya Mba, kayanya mantep banget. Saya biasanya suka juga rebus kepala udang untuk kaldu tapi gak pernah diblender heheheh. Sip, thanks yaaa

      Hapus
  14. Mba, kalo untuk kuah tom yam yang suka ada di restoran suki itu sama seperti ini atau beda lagi?
    Thanks mba. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ya,mereka umumnya pakai pasta ready made (instan)

      Hapus
  15. Salam kenal mb endang..
    Saya sdh lama mengikuti resep2 JTT, dan eksekusi kali ini endesss mbak...

    BalasHapus
  16. Mbak Endang...blognya Mbak Endang itu anugerah. hehe. Blognya keren tiap pengen masak kan browsing resep dlu dn nggak ketinggalan nulis keywordnya pake ditambahi " jtt " pasti ada..hehe....udah gitu pas di praktek an resepnya cocok sama lidah. sdep smua hsilnya. MashaaAllah. Alhamdulillah. bersyukur dah nemu blog Mbak Endang.^^ suci, dr blitar.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...