05 Juli 2011

Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang


Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT

Makanan bernama sosis ini tentu saja bukan sosis sesungguhnya yang terbuat dari daging cincang dan dibungkus dengan selongsong mirip plastik sebagaimana yang banyak dijual di supermarket. Karena sosis Solo sesungguhnya mirip dengan risoles atau lumpia dengan kulit yang terbuat dari telur dadar dan diisi dengan tumisan daging cincang. Adonan kulit sosis Solo lebih banyak mengandung telur dibandingkan dengan lumpia atau risoles yang komposisi terigunya lebih besar, ini membuat sosis Solo lebih lunak, gurih dan sangat lezat. 

Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT
Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT

Jika anda ragu-ragu untuk membuatnya, coba anda perhatikan step by step gambar di bawah yang saya sertakan, dan saya yakinkan anda bahwa membuat makanan ini sangat mudah. Adonan dadarnya juga tidak memakan waktu untuk membuatnya, gunakan api yang kecil saat mendadar adonan agar dadar tidak gosong, adonan dadar harus bewarna kuning keemasan sehingga penampilannya setelah digoreng menjadi menarik. Matikan api kompor jika pan datar anda terlalu panas untuk menstabilkan kembali panas pan. 

Jajanan ini sangat lezat disantap saat masih hangat dengan cabai rawit. Jika anda tidak ingin terlalu banyak mengkonsumsi minyak maka setelah dadar digulung, sosis tidak perlu digoreng kembali langsung disantap saja. Hmm, mantap! Berikut resepnya ya.

Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT

Sosis Solo Isi Daging Cincang
Resep diadaptasikan dari buku Jajanan & Kue Basah Tradisional Indonesia oleh Sufi S.Y. 

Untuk + 12 buah sosis solo

Bahan kulit:
- 4 butir telur ayam, kocok lepas
- 75 ml santan setengah kental
- 1/4 sendok teh garam
- 50 gram tepung terigu
- 2 sendok makan minyak goreng 

Bahan isi:
- 200 gram daging sapi cincang atau ayam cincang
- 50 ml santan kental

Bumbu untuk isi, haluskan:
- 4 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 sendok teh ketumbar, sangrai
- 1/2 sendok teh jintan, sangrai
- 3 butir kemiri, sangrai
- 1 ruas lengkuas
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir

Cara membuat:
Membuat isi

Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT

Siapkan wajan, masukkan daging, santan dan bumbu halus untuk isi, masak hingga daging mengering. Angkat dan sisihkan.

Membuat dadar

Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam, santan, minyak goreng, aduk hingga menjadi adonan yang licin menggunakan spatula balon. Masukkan telur kocok dalam adonan, aduk rata. Sisihkan 1 sendok makan adonan dadar untuk merekatkan kulit ketika menggulung sosis Solo. 

Siapkan wajan/pan datar anti lengket/teflon diameter + 20 cm, sapukan sedikit mentega atau minyak pada permukaannya dan panaskan pan. Tuangkan kira-kira 1 sendok sayur adonan dadar, miringkan pan ke kiri dan kanan untuk meratakan adonan dadar ke seluruh permukaan pan. Masak hingga permukaan dadar terlihat mengeras, angkat dan tuangkan dadar diatas permukaan talenan/meja datar. Dadar semua adonan hingga habis. 

Tips mendadar adonan kulit: Gunakan pan datar anti lengket dan sapukan saja minyak atau mentega di atas permukaan pan. Jangan menggunakan minyak atau mentega terlalu banyak agar dadar mulus,  tidak berlubang dan keriting pada bagian tepiannya. Panaskan pan terlebih dahulu dengan api kecil sebelum adonan di tuangkan, kemudian segera goyangkan pan untuk meratakan adonan ke seluruh permukaan pan. Jika pan kurang panas, ketika adonan dituangkan maka adonan tidak segera mengeras dan akan berlarian saat kita mencoba untuk meratakannya.


Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT
Resep Sosis Solo Isi Daging Cincang JTT

Letakkan sepotong dadar di meja, beri satu sendok makan adonan isi, tekuk bagian bawah dadar menutupi adonan isi, kemudian tekuk bagian kiri dan kanan dadar dan gulung. Beri sedikit adonan kulit yang tadi kita sisihkan pada bagian ujung dadar dan rekatkan. Lakukan hingga semua dadar habis tergulung. Gunakan api yang kecil saja saat mendadar ya, agar dadar berwarna kuning keemasan dan tidak gosong.

Siapkan wajan, beri minyak dan panaskan. Goreng sosis hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. 

Sajikan sosis hangat-hangat dengan cabai rawit. Sedap!


Source:
Buku Jajanan & Kue Basah Tradisional Indonesia oleh Sufi S.Y.
 



17 komentar:

  1. Sosis solo... kok saya merasa mirip omelet dikasih daging cincang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, rasanya nggak kaya omelet ya, kaya risole isi daging cincang hanya saja dengan kulit yang lebih enak

      Hapus
  2. bagaimana kalau tidak pake santan? apakah bisa diganti dg lainnya?
    kalo adonan dan isi pake santan misal bkin ,mau disimpan utk digoreng sminggu lagi bagaimana penyimpanan sebaiknya?terima kasih banyak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bisa diganti susu cair ya, susu cair/santan akan membuat tekstur adonan menjadi lemas.

      kalau mau simpan tumisan isi selama seminggu sebaiknya di freezer bukan chiller. kalau saya biasanya kulit dan isi sudah dibentuk lipat dan saya bekukan di freezer.

      Hapus
  3. Mbak, kalo saya makan sosis solo itu kulitnya kaya ada lapisan telurnya, apa dilapisi telur lagi baru di goreng ya? kalo nggak salah lho soalnya saya mah beli aja nggak pernah bikin hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, dicelup dulu ke kocokan telur baru digoreng ya mb, saya kurang suka karena terlalu berminyak. Tapi memang biasanya begitu yaa

      Hapus
  4. Mbak klo mau bikin isi nya 2 resep apakah bumbu halus nya jg 2x resep?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, sebaiknya memang bumbu halusnya dibanyakin, 1 1/2 atau 2 kali resep oke ya

      Hapus
  5. Mbak, kalau sosisnya dikukus bukan digoreng bisa enggak ya? Atau harus pake resep khusus sosis kukus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, sosis diatas bisa langsung dimakan tanpa digoreng lagi, karena isi dan kulit sebenarnya sudah matang. Saya tidak pernah kukus ya

      Hapus
  6. Boleh gak isinya ditambah bawang bombai atau daun bawang prei?
    Kira2 lbh enak atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 saja, sesuai selera saja ya, menurut saya enak kok

      Hapus
  7. Makasih resepnya udah dicoba enak.Tapi kulitnya cmn jd sedikit ya tp enak juga kulitnya lembut dan kenyal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Linda, yep sebaiknya adonan kulitnya didouble supaya pas sama isinya.

      Hapus
  8. Untuk penggunaan santan kalau diganti dengan fiber creme apakah bisa ? Dan takarannya sama seperti takaran santan atau bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mba, cairan 50 ml, fiber creme bs diseusikan.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...