28 November 2010

Resep Bandeng Isi


Resep Bandeng Isi JTT

Waktu saya dulu tinggal di Malang selama 3 bulan dalam rangka mengikuti bimbingan belajar selepas lulus SMA, ibu kos saya di Malang sering membuat masakan bandeng isi. Saya biasanya menyebutnya dengan otak-otak bandeng. Membuatnya memang sedikit memakan waktu tapi hasilnya adalah bandeng yang bisa dimakan dengan nyaman dan rasanya juga lezat. Untuk membuatnya diperlukan ikan bandeng yang berukuran cukup besar agar mudah mengeluarkan duri dan dagingnya. Dagingnya kemudian kita pisahkan dengan duri dan dicampur dengan bumbu sebelum dimasukkan kembali ke dalam kulit bandeng. Hasilnya bandeng yang bebas duri. 

Untuk resep bandeng isi kali ini saya ambil dari buku seri memasak Femina, Memasak Cepat & Lezat. Kelezatannya sama dengan yang dimasak oleh mantan Ibu kos saya dulu lho. Ayo dicoba! Berikut ini resepnya.

Resep Bandeng Isi JTT

Bandeng Isi
Resep diadaptasikan dari seri resep Femina, Memasak Cepat & Lezat

Untuk 5 orang

Bahan:
- 1 ekor bandeng besar, berat kira-kira 700 gr.
- 5 sendok kelapa parut, sangrai dan haluskan
- 100 ml santan kental
- 2 butir telur dikocok lepas
- 1 sendok makan tepung sagu
- daun pisang untuk membungkus

Bumbu dihaluskan: 
- 2 sendok teh ketumbar, sangrai
- 3 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 4 buah cabai merah
- 1 batang serai ambil putihnya saja 
- 2 ruas lengkuas
- 4 butir kemiri sangrai
- 1 sendok makan gula jawa
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Siangi ikan, buang insang dan buat sayatan dekat kepala ikan. Keluarkan isi perut melalui sayatan kepala, usahakan membuat sobekan sekecil mungkin agar kulit tidak rusak dan tetap utuh. Cuci ikan lalu seka hingga kering.

Patahkan tulang di bagian ekor bandeng. Pukul-pukul badan bandeng dengan ulekan dari kayu atau gagang pisau supaya daging ikan terlepas dari kulitnya. Keluarkan duri tengah ikan dengan  hati-hati dari kepalanya. Sambil memukul arahkan daging bandeng ke bagian kepala agar kita bisa mengeluarkan daging dan duri bandeng dari bagian insang. Korek bagian dalamnya dengan sendok agar lebih bersih.

Sangrai daging ikan agar lebih mudah untuk membuang duri-durinya. Campur daging ikan dengan kelapa parut, santan, telur kocok dan bumbu yang telah dihaluskan.  Cicipi rasanya.

Masukkan adonan ke dalam kulit ikan melalui sayatan di dekat kepala. Setelah penuh rapatkan kembali. Bungkus dengan daun pisang dan kukus selama 20 - 25 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan. Panggang sebentar sebelum dihidangkan.



4 komentar:

  1. wah telaten sekali mbak... ngebayangin mungutin duri ikan nya yang super banyak fuhhhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyaaa, ini resep diibuat sekali setahun saja, gak sanggup nyabutinnya wakakkak

      Hapus
  2. Mba itu serius bandengnya 700kg, ga kbayang sgede apa..
    Aku lg mau bikin mba, tp habis keluarin dagingnya liat duri segitu banyaknya langsung berhenti dulu...ngilu liatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiyaah sorryyy, 700 gram wakakka. masukin saja semua duri dan daging ke dalam blender atau food pro, proses sampai halus. cepat ringkas. thanks koreksinya yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...