20 Januari 2011

Resep Bakpau Isi Ayam Tumis


Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT

Kalau anda sempat lewat di jl. HR. Rasuna Said saat sore jam pulang kantor maka anda akan menemui banyak sekali penjual bakpau yang berjejer di tepi jalur cepat. Bakpaunya memang terlihat menggiurkan apalagi jika si abang penjualnya baru saja membuka dandang kukusan, uap yang mengepul makin membuat air liur menetes. Bakpau yang empuk, lembut dan hangat, memang pas untuk disantap saat perut lapar keroncongan sepulang kerja. 

Sabtu kemarin saya jadi terpikir untuk membuatnya sendiri, membeli memang harganya tidak mahal dan rasa-rasanya makan satu buah juga cukup. Tetapi kalau membuatnya sendiri bagaimana ya? Di dorong rasa ingin tahu akan berhasil atau justru gagal maning lah yang membuat saya mencoba untuk membuatnya. Apalagi dengan membuatnya sendiri saya jadi bebas untuk menggunakan isi bakpau sesuai selera saya. 

Sebenarnya membuatnya tidak sulit, saya mengambil resepnya dari salah satu website masakan asia yang saya suka kunjungi. Hasilnya? Terus terang roti bakpaunya belum bisa bersaing dengan abang-abang di pinggir jalan, selain bakpau buatan saya agak sedikit lebih keras juga bentuknya masih compang-camping. Perlu jam terbang tinggi rupanya untuk membuat seperti yang dijual di luaran. Saya sengaja tidak menggunakan tepung bakpau yang dijual di supermarket karena ingin mencoba menggunakan tepung terigu seperti yang  terdapat di resep aslinya. 

Jika anda tertarik, berikut ini resep dan caranya ya.

Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT

Bakpau Isi Ayam
Resep diadaptasikan dari Cook, Eat, Share - Linda Tay Esposito: Basic Yeast Dough for Steamed Bun

Untuk adonan kulit bakpaunya, anda bisa klik di posting saya sebelumnya di Cara Membuat Steamed Bun (Roti Kukus Isi)  

Untuk 10 buah bakpau ukuran sedang

Bahan isi bakpau: 
- 250 gram daging ayam, pisahkan dari tulangnya dan potong dadu kecil
- 2 batang daun bawang, iris halus

Bumbu:
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh kecap asin
- 1 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh saus tiram
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1 ruas jahe, parut
- garam secukupnya
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna. 

Tambahkan semua bumbu lainnya dan 100 ml air, masak hingga ayam empuk dan air menyusut, cicipi rasanya. Tambahkan daun bawang iris dan masak hingga semua matang dan air habis. Angkat.

Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT
Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT

Siapkan adonan bakpau, gilas adonan di papan talenan yang telah ditaburi tepung. Isi dengan 1 sendok makan ayam tumis.

Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT

Tarik semua sisinya keatas sehingga menutup isinya, rapikan sambungan adonan  dengan menekannya agar adonan tidak terbuka ketika dikukus.

Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT

Lakukan hingga semua adonan dan isi habis. Letakkan satu lembar kertas minyak di bawah bakpau, kemudian masukkan bakpau ke dalam kukusan. Tutup permukaan kukusan dengan menggunakan kain bersih sebelum ditutup dengan penutup dandang. Kukus selama 40 menit hingga matang. Keluarkan dari kukusan dan siap disantap.

Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT
Resep Bakpau Isi Ayam Tumis JTT

Source:
Cook, Eat, Share - Linda Tay Esposito: Basic Yeast Dough for Steamed Bun



3 komentar:

  1. Bun alias kulitnya itu sama ga ya dgn kue mantou ? Kalo sama...asiiikkk bgt...soalnya kalo beli frozen mantou itu jatuhnya mahallll....hiks...padahal hobi bgt nyemil mantou, entah dikukus ato digoreng, sama asiknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip dengan mantou kok hanya saja mantou lebih padat ya. Secara bahan, keduanya sama. Silahkan dicoba gampang kok ^_^

      Hapus
  2. met siang sis,
    ini okvi kmrn ada coba buat, hasil stlah kukus lembut, tp keesokan paginya pao nya da gk lembut lag jd kalo utk makan mesti kukus lag, ada gk mbak caranya uda pertahankan kelembutan paonya , tq sis

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...