31 July 2011

Obsesi Roti 8: Roti Gandum Isi Daging Cincang dan Keju


Obsesi roti ke-8 yang saya posting ini adalah roti gandum isi daging cincang dan keju yang rasanya mantap! Apalagi ketika roti baru saja keluar dari dalam oven, disobek ketika masih setengah panas dan keju meleleh membasahi daging cincang yang terdapat di dalamnya. Seantero rumah menguarkan bau harum roti, keju dan daging yang terpanggang. Hmm, air liur pun langsung menetes dan mulut tak sabar untuk segera merasakan gigitan yang pertama. Surga! Rotinya sendiri dengan penuh semangat saya buat di bulan lalu, hanya saja mood saya baru sekarang tergerak untuk menuliskan resep dan cara membuatnya. Resep roti memang umumnya simple namun menjelaskan prosesnya yang membutuhkan banyak sekali kata-kata untuk dirangkai ^_^. 


30 July 2011

Tumis Bunga Genjer dengan Tempe & Teri

Mencoba aneka resep unik dari mancanegara memang seru dan mengasyikkan, selain menambah wawasan dan pengetahuan mengenai ragam jenis makanan dari luar dan menghindari kebosanan akan masakan yang itu-itu saja, juga membiasakan indra pengecap kita untuk merasakan aneka rasa masakan, just in case ketika tiba-tiba dalam suatu kesempatan kita dihidangkan dengan makanan yang kurang familier maka lidah dan perut kita tidak terkaget-kaget lagi menerimanya. Tentu saja selama makanan yang terhidang halal. Walaupun begitu tetap saja saya akui makanan negeri sendiri tidak ada duanya, baik dari segi rasa, keunikan dan kesederhanaan bahan dan bumbunya. Seperti resep yang saya posting kali ini, dimana lagi anda bisa merasakan olahan bunga genjer yang lezat selain di bumi Pertiwi?

Bunga Genjer

Sayap Ayam Manis & Renyah


Sayap ayam memang tidak ada habisnya untuk diolah menjadi aneka makanan dan hampir semua menyukainya. Salah satu olahan sayap ayam favorit saya tentu saja hot and spicy chicken wing, yang rasanya gurih dan manis, very tasty. Saya pernah posting resepnya, jika anda tertarik bisa klik di Sayap Ayam Berbumbu - Tasty Chicken Wing. Rasanya so yummy! Untuk resep kali ini, sayap ayam yang dibalut tepung berbumbu digoreng hingga renyah baru kemudian di masukkan ke dalam sausnya yang terbuat dari larutan gula mirip caramel. Sebenarnya tanpa saus caramel-pun sayap ayam yang telah digoreng renyah ini sudah cukup lezat. Hanya saja dengan tambahan saus caramel dan kacang tanah goreng, hidangan ini menjadi lebih mantap. Semangkuk sayap ayam ini habis saya sikat sendiri ketika baru saja keluar dari penggorengan ^_^.


28 July 2011

Klappertaart Tidak Dipanggang


Pertama kali merasakan klappertaart, dan itu sudah lama sekali, seingat saya adalah ketika ada teman sekantor yang baru saja kembali dari tugas di Manado. Samuel, teman saya ini, membawa satu loyang klappertaart dengan diameter sekitar 23 cm, dan dalam sekejap mata si kue lezat ini habis, ludes disikat beramai-ramai. Rasanya sungguh sedap. Tekstur kue yang seperti puding ini begitu lembut, lumer di mulut dengan rasa yang manis, ditambah dengan lembaran-lembaran lembut daging kelapa muda dan kacang kenari yang gurih dan ditutup dengan semriwing rhumAhh, saya langsung mengklaim, tidak ada hidangan selezat klappertaart! Mungkin ambrosia, makanan para dewa dalam mitology Yunani seperti ini rasanya, pikir saya saat itu. Sayangnya waktu itu di Jakarta makanan ini sulit ditemui, sehingga kami pasti akan berlomba-lomba memesan jika kebetulan ada teman yang pergi ke Manado, kota si Klappertaart ini berasal.

Kelapa muda yang lembut dan manis

27 July 2011

Sup Daging & Kentang dengan Aroma Bawang


Bawang, dari semua rempah dan bumbu masakan, bumbu yang satu ini menempati urutan teratas rempah-rempah favorit saya selain cabai tentunya. Apakah itu bawang putih, bawang merah, bawang bombay, hingga daun bawang, semuanya saya suka dan biasanya selalu saya gunakan dalam jumlah cukup banyak di dalam masakan, terutama tentu saja bawang putih dan daun bawang. Aroma dan rasanya yang khas membuat masakan menjadi harum dan membangkitkan selera, serta mantap untuk jenis masakan berkuah seperti sup contohnya. Masyarakat kita mengenal tanaman dari genus Allium dan famili Amaryllidaceae ini dengan nama bawang, untuk membedakannya biasanya kita melihat dari warna dan ukurannya. Berkulit putih kita sebut bawang putih, yang merah kita katakan bawang merah, sedangkan yang gendut dan jumbo kita sebut bawang bombay. Jika hanya menghasilkan daun saja kita namakan dengan daun bawang. ^_^


26 July 2011

Kue Sus Isi Vla Vanilla


Niat hati ingin membuat cream puff yang bisa bersaing dengan Choux Cream - penjual kue sus (puff pastry) dengan isi krim yang sangat lezat di Mall Ambasador - kue sus saya berakhir menjadi isi vla vanilla. Well, walaupun menurut saya kue sus yang saya buat tidak kalah sedapnya namun tetap saja ada rasa kesal juga karena goal utama saya tidak terwujud. Sudah cukup lama saya mengincar untuk membuat kus sus berisi krim kocok karena jika berisi vla vanilla sepertinya sudah umum dimana-mana. Namun tadi malam ketika saya membuatnya terjadi accident, krim kental yang saya kocok menggunakan mikser tidak kunjung berubah kaku dan pekat membentuk soft peak. Sesuai instruksi krim harus didinginkan selama 30 menit di kulkas dan itu telah saya lakukan namun ketika dikocok puncak yang terbentuk kurang maksimal. Tidak sabar menunggu, saya masukkan krim ke freezer, saya pikir kalau hanya sebentar dan tidak sampai membeku krim pastinya masih baik-baik saja. Olala, yang terjadi justru kekacauan, krim pecah ketika dikocok, terpisah antara bahan dasarnya dan air. Entah akan saya modifikasi menjadi apa krim yang pecah ini, yang jelas semangkuk krim pecah sekarang tersimpan di kulkas menunggu terpakai atau justru terbuang. Nasib...

25 July 2011

Cake Kukus Yoghurt Strawberry


Variasi cake kukus memang seakan tidak ada habisnya dan bahan-bahan yang digunakan pun ternyata bisa kita modifikasi dari berbagai macam. Cake kukus yang saya sajikan kali ini resep awalnya sebenarnya menggunakan blueberry yoghurt, namun berhubung di kulkas saya adanya strawberry yoghurt maka resepnya pun saya modifikasi sedikit, selain jenis yoghurtnya berbeda saya juga menambahkan strawberry segar yang dihancurkan ke dalamnya. Rasanya pun menjadi nano nano, sedikit asam dan manis.  Walaupun saya tidak bisa katakan cake kukus yoghurt strawberry ini spektakuler rasanya, namun sepertinya cukup lumayan juga sebagai variasi cake yang anda buat di rumah. Terutama jika anda mulai bosan dengan cake yang hanya terbuat dari coklat atau keju melulu saja.


Beef Cheese Burger


Walaupun masuk ke dalam jenis junk food, tidak bisa dipungkiri makanan bernama beef cheese burger memang sangat lezat. Sekali-sekali menyantapnya dalam porsi yang tidak berlebihan mungkin masih bisa ditolerir ya, namun seringkali saya kalap juga jika selembar voucher MAP tergenggam di tangan sambil mata memelototi aneka burger di counter Burger King. Duh, tidak puas rasanya jika voucher senilai seratus ribu rupiah itu belum beralih semua menjadi aneka macam  burger lezat, dan yang tersisa kemudian adalah rasa sesal merambat ketika perut telah membengkak kekenyangan. Walau begitu kejadian ini tetap akan saya ulangi lagi jika mendapatkan voucher gratisan berikutnya ^_^

22 July 2011

Obsesi Roti 7: Membuat Roti Burger - Burger Bun


Mengapa anda harus membuat roti sendiri jika diluaran banyak sekali dijual roti dengan aneka rasa dengan harga yang terjangkau? Jawabannya adalah karena roti buatan sendiri jauh lebih baik dibandingkan yang dijual di toko roti. Benar-benar fresh from the oven, sehingga cita rasanya sangat lezat. Bagi anda yang belum pernah memberanikan diri membuatnya, saya anjurkan untuk mencobanya. Sekali, dua kali hasilnya mungkin kurang memuaskan tapi percayalah seiring dengan makin banyaknya latihan dan teknik uji coba yang anda lakukan maka roti yang anda hasilkan pun akan semakin membanggakan. Saya bisa mengatakan demikian karena saya telah membuktikannya sendiri. 

Roti yang diolesi dengan puth telur (kiri) dan mentega (kanan)

Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi



Pedas, segar, gurih. Tiga hal yang saya suka dari semangkuk hidangan berkuah nan panas yang disebut sup. Jika sedang kumat malas memasak maka hidangan seperti inilah yang menjadi alternatif saya. Tidak ada yang lebih praktis dari ini, bayangkan saja, lauk dan sayur dalam satu belanga? Saya bahkan telah mengembangkan keahlian menciptakan masakan setipe dengan aneka lauk dan sayur yang bisa dikombinasikan dan dimodifikasi. Mulai dari ikan, seafood, ayam, tahu-tempe dan kali ini daging. Rasanya lezat lho. Bumbunya mirip-mirip dengan sayur asam Jawa, berbeda dengan sayur asam Jakarta yang bumbunya dihaluskan sehingga kuahnya berwarna merah membara, maka sayur asam khas Jawa bumbunya cukup diiris saja sehingga tercipta rasa yang lebih ringan.


20 July 2011

Pizza Bagi si Pemalas - Lazy Pizza


Apa yang paling memberatkan jika kita akan membuat pizza sendiri di rumah? Pasti kebanyakan dari anda akan mengatakan adonan rotinya. Membuat adonan kulit pizza yang seperti roti ini memang memerlukan proses dan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan membuat sausnya serta menata aneka topping di atasnya. Belum lagi jika ternyata adonan pizza yang kita buat hasilnya tidak memuaskan, waktupun habis terbuang dan pizza justru tidak layak dimakan. Nah, bagi mereka yang ingin menyantap pizza namun tidak bersedia repot dan alasan segi kepraktisan mungkin resep pizza yang saya posting ini bisa menjadi solusi. Roti pizzanya terbuat dari roti tawar yang ditata di atas loyang, sausnya dibuat dari resep yang sederhana. Panggang sebentar dan jadilah pizza lezat untuk keluarga.

19 July 2011

Cake Kukus Lapis Coklat Keju


Tidak ada yang lebih klop untuk dikolaborasi selain coklat dan keju. Rasa manis, asin dan gurihnya merupakan perpaduan yang sangat pas dalam sepotong cake lapis kukus yang lembut. Hmm.. Resep ini telah lama saya incar hanya saja baru tadi malam saya berkesempatan untuk membuatnya. Beberapa hari ini kondisi kantor saya memang cukup hectic karena relokasi kantor pusat dari daerah Kuningan ke samping Mall Ambasador. Yup, tepat! Kami pindah ke area termacet yang dihindari oleh hampir semua penduduk Jakarta. Dua kali hari Sabtu berturut-turut saya habiskan di kantor membuat saya tidak sempat untuk menyalurkan hobi memasak, keinginan menggebu tetapi apa daya tenaga tak ada. Namun tadi malam, dalam upaya untuk merilekskan diri, maka sayapun menghabiskan waktu berkutak-kutik di dapur dan hasilnya tidak mengecewakan saudara-saudara. Cake ini sedap! ^_^


18 July 2011

Cireng Isi Tuna Pedas


Cireng alias aci digoreng, bahasa Sunda untuk tepung kanji digoreng, merupakan makanan ringan khas daerah Priangan, Jawa Barat. Umumnya makanan yang terbuat dari bahan yang sangat sederhana ini dijual oleh pedagang gorengan di pinggir jalan dan dikonsumsi oleh anak-anak sekolah. Namun seiring dengan perkembangan serta modifikasi bentuk dan bahan bakunya, terciptalah cireng dengan aneka isi yang lezat dan mulai banyak dikonsumsi bukan hanya di daerah Priangan tetapi telah meluas ke daerah lainnya. Di Bandung, kota yang kreatif dalam urusan modifikasi dan inovasi kulinernya, banyak penjual yang menjajakan cireng aneka isi dengan rasa yang sangat sedap dan laris manis diserbu selain batagor, siomay, mie ceker atau brownies kukus khas Bandung yang terkenal. Di Jakarta sendiri umumnya cireng yang dijual oleh abang-abang penjual gorengan di gerobak pikulan atau sepeda adalah cireng biasa, yaitu tanpa isi dalamnya. Makanan ini digoreng kering, berwarna putih dan terbuat dari tepung tapioka, tepung terigu serta bumbu-bumbu lainnya, rasanya gurih dan kenyal. Sedap menjadi camilan di sore hari kala hujan gerimis. Mantap!



16 July 2011

Muffin Ketan Hitam


Bagi pemula seperti saya, muffin merupakan jenis kue yang paling saya suka untuk dibuat, karena mudah dan anti gagal. Ketika saya telah tahu bagaimana membuatnya dengan benar - klik disini untuk tips membuat muffin -  dan dari beberapa kali eksperimen menghasilkan kue yang memuaskan dari sisi bentuk dan rasa maka seakan seseorang yang baru belajar berenang sehingga rasanya ingin terus dan terus mengayuhkan kaki dan tangannya kalau perlu hingga seluruh kulit tubuh berkeriput karena berjam-jam terendam air. Begitupun saya. Membuat muffin seakan menjadi satu hobi tersendiri sehingga aneka jenis modifikasi kue inipun saya coba untuk praktekkan, kalau perlu membuat modifikasi sendiri dari resep dasar muffin yang paling saya suka dan menciptakan ratusan (okeh, mungkin itu terlalu berlebihan), mungkin puluhan resep muffin dengan cita rasa lezat dan tentu saja, kudu mudah dibuat. Pilihan saya jatuh pada resep muffin di web AllRecipes.com - Bacon Cheese Muffin  dan hampir semua resep muffin yang saya buat bersumber dari resep tersebut. Hasilnya sangat memuaskan, bagi saya tentunya ^_^.
 

15 July 2011

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi - Kiwifruit Ring Bread



Di posting sebelumnya mengenai membuat selai kiwi, saya sempat menulis bahwa selai kiwi tersebut saya gunakan sebagai bahan pengisi roti. Nah, postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat roti isi selai buah kiwi. Walaupun umumnya roti isi selai biasanya terbuat dari selai nanas, strawberry atau coklat, dengan selai kiwi buatan sendiri yang terasa asam dan manis hasilnya tak kalah sedapnya. Roti ini saya buat minggu lalu, dan baru sempat saya posting sekarang. Ketika saya bawa ke kantor untuk menemani lembur di hari Sabtu, roti pun langsung habis ludes di serbu oleh teman-teman di kantor. 


Membuat Selai Dari Buah Kiwi


Selai kiwi yang sangat mudah dibuat ini saya gunakan untuk mengisi roti isi selai kiwi minggu lalu. Walaupun sebenarnya selai yang digunakan bisa dari jenis apapun namun selai kiwi ini saya buat selain sebagai pengisi roti juga sebagai alternatif mengolah buah kiwi yang asam, walaupun tentu saja kiwi sedap juga untuk dibuat jus atau smothie. Seperti posting saya sebelumnya di Kiwi Smoothie, anda bisa klik disini jika tertarik dengan resepnya.

Buah kiwi yang dihaluskan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...