02 Januari 2011

Resep Nasi Goreng Brokoli


Resep Nasi Goreng Brokoli

Siapa bilang menyiapkan makanan sehat, lezat dan cepat itu sulit? Makanan cepat saji tidak harus junk food dan makanan sehat tidak harus ribet dan memakan waktu dalam menyajikannya. Nasi tumis brokoli ini adalah salah satu contohnya, makanan sehat ini sangat lezat dan praktis. Awalnya saya tidak percaya  jika nasi dan brokoli setelah ditumis menjadi pasangan yang serasi, tetapi saya penasaran sejak Sari, teman baik saya, mencetuskannya ketika kami sedang di vegetable counter sebuah supermarket sambil memandangi bongkahan - bongkahan brokoli  yang menggiurkan. Ide bagus, pikir saya. Bisa menjadi alternatif menu ketika sedang lapar berat dan malas memasak tapi maunya makan makanan yang bergizi.

Paduan nasi, brokoli dan bumbu sederhana sangat menggugah selera. Memasaknyapun tidak perlu lama-lama. Iris-iris dan sreng-sreng sebentar, dalam 10 menit jadi deh. Bahan tambahan lainnya untuk nasi tumis ini saya masukkan setengah batang sosis sapi dan kacang polong beku. Anda bisa menambahkan wortel yang dipotong dadu, smoked beef, bakso atau dada ayam rebus. Semua lezat. 


Resep Nasi Goreng Brokoli

Brokoli (Brassica oleracea L.) adalah salah satu sayuran favorit saya, sayuran hijau ini kaya akan vitamin, mineral, serat, kalsium dan salah satu sayuran penyumbang antioksidan yang tinggi. Jika anda bisa mendapatkan brokoli versi organiknya, itu lebih baik karena bebas pestisida dan bahan kimia lainnya. Brokoli merupakan salah satu keluarga Brassicaceae atau suku kubis-kubisan yang rentan sekali akan serangan hama sehingga kemungkinan besar pada saat penanamannya dilakukan penyemprotan pestisida yang cukup intensif. 

Resep Nasi Goreng Brokoli

Cuci bersih brokoli di air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang melekat, amati seksama jika ada ulat kecil yang suka sekali bersarang di sela-sela batang dan rimbunnya kuntum brokoli. Paling bagus setelah dicuci, siram  dengan air panas dan langsung tiriskan. Pada saat memasak, jangan memasak brokoli terlalu lama selain supaya vitaminnya tidak hilang juga brokoli paling enak disantap saat masih setengah matang sehingga masih crunchy.


Resep Nasi Goreng Brokoli


Ada teman saya yang bilang, malas beli brokoli. Batangnya yang segede kingkong itu pasti terbuang. Eits, siapa bilang harus dibuang? Saya selalu menyertakannya untuk dimasak. Jangan nyengir dulu, batangnya lezat juga lho. Caranya, kupas kulitnya menggunakan pisau, kemudian iris tipis-tipis. Pisahkan batang dengan kuntumnya karena batang brokoli lebih keras jadi kita masak lebih dahulu bersama bumbu. Mamamia lezatto!

Mari kita masak yuk. 

Resep Nasi Goreng Brokoli

Nasi Goreng Brokoli
Ide resep dari Sari 

Untuk 1 - 2 porsi? (terserah anda)

Bahan:
300 gram nasi putih ( 1 piring)
100 gram brokoli, siangi dan bersihkan, ambil kuntum-kuntumnya. Siram dengan air panas dan tiriskan. Kupas batang brokoli, buang kulitnya dan iris tipis-tipis.
1/2 batang sosis sapi, potong dadu kecil
1 1/2 sendok makan kacang polong beku
1 sendok makan daun bawang cincang (optional)
1 sendok makan minyak zaitun atau minyak goreng untuk menumis
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
2 buah cabai rawit merah, iris tipis (optional)
1 siung bawang merah, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Panaskan minyak zaitun di wajan, dengan menggunakan api kecil tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan cabai rawit dan batang broccoli. Aduk-aduk hingga batang broccoli layu, tambahkan sosis, aduk hingga sosis agak matang. Tambahkan kacang polong, aduk rata.

Masukkan nasi, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, daun bawang dan brokoli. Matikan api kompor terlebih dahulu karena kita akan membuat semua bahan dan bumbu tercampur rata tanpa nasi menjadi gosong.

Setelah rata dan anda cicipi rasanya. Hidupkan api kompor dan masak hingga brokoli agak empuk + 3 menit, jangan terlalu lama memasaknya, brokoli paling lezat jika setengah matang sehingga masih renyah. Angkat.

Resep Nasi Goreng Brokoli


Nasi tumis brokoli  siap untuk disantap. Mudah bukan? :)

Sources:
Wikipedia, Broccoli



6 komentar:

  1. salut dan terimakasih anda membuat blog yg bagus, informatif dan memberi banyak manfaat buat orang lain, saya sangat terbantu terimakasih!

    BalasHapus
  2. Hai, thanks atas kunjungan dan opininya ya, semoga JTT kedepan semakin bisa memberikan banyak informasi yang bermanfaat.

    BalasHapus
  3. aigoo.., knp baru kepikiran skrg yaa? tinggal tumis aja brokoli nya pake nasi. kurleb kyk nasgor yaa.
    belakangan ini tau nya brokoli tuh dikukus n dicocol ama saus, ato klo gak yaa dibuat isian omelet.
    krn daku lagi fod combining, jadi bakso, smoked beef, sosis dkk hrs diskip dehh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba richa, yep ini masakan simple tapi sedap banget rasanya, thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  4. EnAk banget.....
    Jadi suka makan brokoli....
    Sampe teknik tumis nasi gorengnya di ajarin...
    Detail banget..
    Ini yang namanya sharing resep...
    Lengkap, detail, ueeeenaaaak...
    Thank u banget Kak, kebaikan hatinya share resep buat pemula seperti aku...
    God bless u and all family😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Mei, nasi brokoli ini juga salah satu fav saya, sedap mudah hehehe. thanks sharimgnya ya, senang resepnya disuka

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...