09 Juli 2011

Resep Manisan Mangga Muda


Resep Manisan Mangga Muda JTT

Musim panas atau kemarau seperti sekarang ini maka saatnya buah mangga merajai pasar, mulai dari yang masih mentah hingga yang matang merona. Di Jakarta, mangga muda bukan hal yang sulit ditemukan karena mangga jenis Indramayu hampir sepanjang waktu selalu tersedia di pasar dan toko buah. Mangga Indramayu yang masih muda umumnya dikonsumsi untuk rujak dan merupakan salah satu buah wajib yang dijajakan oleh abang penjual rujak gerobakan di sepanjang jalan di Ibu Kota. 

Manisan mangga sendiri juga bukanlah makanan yang langka, di supermarket seringkali saya menemukan manisan mangga di jual dalam stoples-stoples kaca, berwarna kuning merona dan terendam dalam air yang terasa manis, asam dan kadang pedas. Walaupun banyak tersedia dan mudah ditemukan, membuat manisan mangga anda sendiri tentunya lebih aman dan terjamin kualitasnya, karena manisan mangga yang dijual umumnya menggunakan pengawet, pemanis buatan dan bahan pewarna kuning, sehingga seringkali terasa getir di lidah dan tentunya berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terus-menerus.

Resep Manisan Mangga Muda JTT
Resep Manisan Mangga Muda JTT

Untuk membuat manisan mangga versi yang saya posting ini memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, hanya saja jika telah jadi maka manisan mangga ini tahan di suhu ruang sehingga anda tidak perlu memasukkannya ke dalam kulkas. Sirup gula yang  kental yang melapisi permukaan mangga berfungsi sebagai bahan pengawet makanan yang efekif. Tentu saja anda tetap bisa menyantapnya langsung tanpa harus menunggu air gula berubah menjadi sirup kental, terutama jika jumlah mangga yang digunakan hanya sedikit sehingga kurang efektif untuk  dirubah menjadi manisan.

Manisan mangga ini sering sekali dibuat oleh Ibu saya di Ngawi, ketika musim buah mangga melimpah ruah disana dan harganya pun menjadi sangat murah. Ibu saya biasanya akan membuat sepanci besar manisan untuk bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Sirup gulanya yang kental, pedas, asam dan manis ini juga lezat jika dicairkan dengan air dan ditambahkan es batu ke dalamnya. Pas untuk menyegarkan tenggorokan saat musim kemarau seperti sekarang ini. 

Resep Manisan Mangga Muda JTT

Tips untuk membuat manisan mangga ini adalah menggunakan mangga yang masih keras. Hasil terbaik diberikan jika mangga masih setengah matang saat warnanya mulai kekuningan, namun masih mengkal dan masam. Kondisi seperti ini akan menghasilkan manisan mangga yang selain lebih sedap juga terlihat menarik. Jangan menggunakan mangga yang layu atau terlalu matang ya, karena saat terendam air gula akan menjadi sangat lembek sehingga rasanya kurang oke. 

Berikut resepnya ya.


Resep Manisan Mangga Muda JTT

Manisan Mangga
Resep diadaptasikan dari Ibu saya

Bahan:
- 3 buah mangga yang masih mudah, berat + 1 kg, kupas, potong-potong tipis memanjang
- 250 gram gula pasir
- 5 butir cabai merah keriting, dihaluskan
- 3 butir cabai rawit, dihaluskan
- 1 liter air
- 1/2 sendok makan garam

Cara membuat:

Resep Manisan Mangga Muda JTT

Siapkan panci, masukkan air, garam, gula dan cabai halus. Masak hingga mendidih dan gula larut. Biarkan mendingin.

Masukkan mangga ke dalam mangkuk yang agak besar, tuangkan air gula sambil mangga diaduk-aduk dan semua bagian tenggelam dalam air. Tutup mangkuk dan biarkan semalamam.

Resep Manisan Mangga Muda JTT

Hari kedua:
Tiriskan mangga, kemudian masukkan  air gula perendam ke dalam panci dan rebus hingga mendidih dan airnya berkurang hampir setengahnya. Dinginkan.

Siramkan air gula ke dalam mangga, aduk rata. Tutupi mangkuk dan diamkan semalaman.

Hari ketiga:
Lakukan hal yang sama seperti hari kedua, kali ini rebus air gula hingga agak mengental. Dinginkan dan tuangkan ke mangga dan aduk rata. Pada tahap ini mangga menyusut hingga separuh volume semula dan terlihat mengkerut dan berbau alkohol. Biarkan semalaman. 

Resep Manisan Mangga Muda JTT

Hari keempat:
Keesokan harinya jika air gula masih terlihat encer maka rebus kembali hingga kental, dinginkan dan masukkan mangga ke dalam sirup gula yang telah mengental, aduk rata. Mangga siap disantap, dalam kondisi seperti ini mangga tahan di suhu ruang. Masukkan manisan mangga dalam stoples tertutup rapat. Enjoy!



50 komentar:

  1. halo mbak endang...sy lagi nih hehe...
    ngiler banget liat manisan mangganya :D sampai sampai sy 2x nyoba buat, ttapi oh tapi dua duanya gagal trus hikssss...
    apa mungkin karena waktu di hari ke3 sy rebusnya di sore hari, bukan pagi hari y mbak?trus emang tercium bau alkohol yg menyengat, tp disertai busa putih kaya jamuran...
    dan sampai skarang sy masih ngiler tiap liat pic manisan ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mba, kalau keluar busa putih berarti airnya kurang direbus lama. Coba rebus agak lama sampai kental jadi kandungan airnya berkurang, masukkan kembali mangganya. Kalau airnya masih banyak memang akan mudah basi kalau tidak disimpan di kulkas. Kalau mau cara aman, masukkan kulkas saja. Saya suka buat versi simplenya, nggak pakai rebus merebus, tapi saya masukkan ke kulkas, tapi bertahan cuman 2-3 hari ya. Kalau mau lama masukkan ke plastik kecil2 sekali santap, trus bekukan di freezer. Nah ini bisa berbulan-bulan. Biasanya Ibu saya suka banget bikin versi ini kalau musim mangga tiba, karena praktis dan awer. Selamat mencoba lagi ya ^_^

      Hapus
  2. ohhh iya juga ya, soalnya meski sy rebus sampe sisa setengahnya tapi belum mengental jga, jadi kurang lama rebusnya yah hehe...makasih pencerahannya y mbak :D

    kalo versi simpelnya bentuknya bisa sama dengan yang punya mbak itu ga?menarik banget soalnya mbak, sampe ngiler hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng, hmm kalo versi simple tampilannya nggak sama, mangganya nggak sampai berkerut2 seperti versi yang ini. Hahaha, kayaknya lain kali kudu direbus sampai airnya benar2 kental ya.

      Hapus
  3. mantappp.....♏♏♏åå媪ñÑñ†††ªªåååP .

    BalasHapus
  4. Mb Endang... Aku udah nyobain resep ini loh,,dan alhamdulillah berhasil,,seneng banget untuk pertama kalinya bisa bikin manisan sendiri.. :D tapi aku pake kedondong mb, karena skrg blm musim mangga,,hehe. makasih mb endang.. :)
    Aku mau nanya ni mb, manisan yang aku buat rasanya menurutku terlalu manis, kalau misal ditambah air bisa nggak mb? mempengaruhi tingkat keawetannya nggak kalo nyimpennya nggak di dalam kulkas? makasih mb :)

    -Amel-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Amel, yep pakai kedondong juga ciamik Mba, saya juga suka bikin dengan kedondong kalau lagi musim. kalau kadar air di dalam buah sudah berkurang, buah terlihat kisut2, biasanya manisan akan awet. Jadi kuahnya bisa ditambahkan air sedikit, tapi jangan sampai encer, kadar gula kurang akan membuat manisan mudah berjamur.

      Hapus
  5. Mbak endang apa kabar ( ‾̴̴͡͡ ε •‾̴̴͡͡ʃƪ) ... Mo laporan └A̶̲̅gɪ̣̇ neh.... Secara seminggu ♈g̶̲̥̅̊ lalu bikin manisan mangga ‾ƪ( ^o^)... Tp ӚҞƯ butuh waktu seminggu sampe jadi.... °\(^▿^)/° ... Setelah jadi n ӚҞƯ pikir kemanisan n blm dpt rasa seger ♈g̶̲̥̅̊ ӚҞƯ pingin, ӚҞƯ tambahin perasan air jeruk nipis (sekitar 5 bh).... Tambah suegerrrrr.... Thanx 4 d recipe ya mbak.... Lop u pulllll dah ah

    Eka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eka, kabar saya baik Mba. Wow udah musim mangga ya, jadi ngiler nihh. Manisan ini bikinnya memang butuh kesabaran wakakka, wah saya belum pernah tambah jeruk nipis, asem banget pastinya ya. Thanks ya!

      Hapus
  6. Lupa mbak.... Jeruk 5 bh Ĭƭй krn ӚҞƯ bikinnya 5kg ƗƗαα=D<=-P"̮.. ƗƗαα=D<=-P.."̮ ƗƗαα=D<=-P.. "̮\=D/ .... Jd kl 1 resep mbak endang ‾ƪ( ^o^) cuma butuh jeruk nipis or jeruk lemon 1 bh saja ( ‾̴̴͡͡ ε •‾̴̴͡͡ʃƪ)

    BalasHapus
  7. halo mba, artikel manisan ini yang pertama kali membuat saya menemukan JTT... kesininya... saya langsung berlangganan. saya suka masak, walopun baru ini resep yang sempat saya praktekkan :).. ini mba.. saya sudah mencoba melakukan step by step sesuai dengan petunjuk mba Endang... tapi di hari kedua kok air gulanya basi yaa... banyak busanya gitu... n yang jelas bau dan rasanya juga basii... mohon petunjuknya mba... triimmmss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Alela, kalau menurut saya saat merebus larutan gula bekas rendaman mangga waktunya kurang lama dan kurang kental, sehingga kandungan air lebih tinggi dibanding gula, akibatnya manisan menjadi basi. setiap hari air rebusan harus direbus dikurangi kadar airnya dan akan semakin kental sehingga mangga ketika direndam akan makin mengkerut karena proses osmosis, cairan mangga keluar karena larutan gula lebih pekat. ini terus dilakukan sampai benar2 kental dan mangga tidak mengeluarkan air lagi. kalau air masih encer berarti manisan belum jadi mba.

      Hapus
  8. mba, saya desi..
    waktu di diamin 1 malaman itu di taro di kulkas ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak Mba, di suhu ruang saja. Besok pagi harus ditiriskan dan direbus lagi airnya.

      Hapus
  9. Mba Endang..
    Mau tau g rahasiaku.:P
    hampir 20 tahun aku g pernah masak memasak..hehehehehe
    kebetulan aku menikah di denpasar dan nemu blogmu. jadilah aku pencitraan terus sama suami kalau aku jago masak. padahal nyontek semua dari blognya mba..wkwkwkwkw
    tak terhitung lg, mulai dari semua cake kukus, cake panggang, sambal sambalan, manisan, berbagai masakan ayam, nasi goreng, berbagai masakan ikan semuanya aku contek dan hampir 85 persen berhasil. Makasi ya mba blognya...
    oh iya yg paling enak itu selai kacangnya mba. disini kacangnya beda sama yg di jakarta atau kota lain. disini lebih besar2 dan lebih legit menurutku (lupa nama kacangnya) mertuaku kasih 1 kilo yg udah di goreng beli di toko gitu, langsung dah jadi selai kacang semua.wkwkwkw.
    aku cuma oseng sebentar biar rada panas dan g di goreng lagi baru aku blender. Josss Gandossss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Desi, wakakkak saya ngakak bacanya, senang banget trial2nya berakhir oke ya, saya yakin bentar lagi udah gak nyontek resep lagi tapi semua hasil resep sendiri hehehe. Mantap dah, thanks sharingnya ya Mba, sukses selalu ya ^_^

      Hapus
  10. Mba Endang, saya minta resep untuk membuat manisan pepaya muda dunk mba.....kayaknya klo blom dapet resep dari Mba Endang, rasanya masih kurang sreg walaupun sudah googling sana sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dwi, sayangnya saya belum pernah coba ya. gak susah cari pepaya yang pas mengkalnya. kalau sudah ada pasti saya share ya

      Hapus
  11. alamakkkkk...dikantor jadi ngileerrr baca resep ini....manisan yang pedesss ini aku syukaaak banget ...thx resepnya mbakk...

    BalasHapus
  12. Mbak Endang, saya biasanya bikin asinan mangga mengikuti cara di Femina. Langkah2ya beda. Cara Femina spt pd hari pertama, lalu disimpan di kulkas 2 atau 3 malam. Kira2 apa pengaruhnya ya mbak? Mohon petunjuk. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda teksturnya saja mba Sisca, manisan diatas lebih kenyal dan keras ya, dan bisa disimpan tanpa dimasukkan ke kulkas karena air ddalam manisan sudah hilang.

      Hapus
  13. O ya ada yg lupa cara Femina. Irisan mangga direndam dlm air garam kira2 1 jam sampai lemas. Bilas dan tiriskan. Kmd direndam dlm air kapur sirih kira2 1 jam spy tdk mudah hancur. Bilas sampai air bening dan tiriskan. Bilasan terakhir dg air matang. Lalu langkah spt hari kesatu. Terima kasih
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Sisca, sangat bermanfaat infonya ^_^

      Hapus
  14. Mba Endang.. ini kalo udah jadi bisa tahan berapa lama di suhu ruang? dan di chiller? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. disuhu ruang mungkin sekitar 3-4 hari ya, takutnya berjamur kalau konsistensi gula kurang kental. Dalam chiller bs 1 bulan

      Hapus
    2. Makasih mba endang yg baik hati :)

      Hapus
  15. Mba endang kalo buat asinan jambu air gmna ya yg mantap?ada 1 plastik gede ni jambu air nya,,tq mba endang

    BalasHapus
  16. Tq ya mba endang. Aku bumil dan pgn coba resep nya..

    BalasHapus
  17. Setelah direndam 1 malam, pagi nya ditiriskan BERAPA LAMA sih mbak?
    Soalnya di artikel resepnya harus direndam lagi 1 malam di hari ke 2-4?
    Apa ditiriskannya dari pagi sampai Sore? Lalu direndam lagi dari Semalam (dari Sore sampai pagi)??

    BALAS ya.
    Thanks resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai tiris saja, asal air sudah tidak menetes. Intinya, rendam dan rebus, makin lama air rendaman kadar gulanya akan semakin tinggi dan mangga semakin menyusut.

      Hapus
  18. Kira2 tirisnya makan waktu berapa lama ya?
    Soalnya kalau terlalu lama ditiriskan di suhu ruang, saya khawatir buah mangganya malah jadi cepat basi.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 - 10 menit bukannya sudah tiris ya? ya tidak sampai semalaman nirisinnya.

      Hapus
  19. mba klu di diamkan nya ditaro di dlm kulkas bisa g?

    BalasHapus
  20. Ok saya mau cobain resep mba endang ni saya lg ngupas mangga siap2 mau coba

    BalasHapus
  21. Hi mba endang..kl saya buatnya malem..ditiriskannya pas pagi jg ato pas malem boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditiriskan pagi bisa ya Mba, yang jelas jangan sampai kelaman kerendem tanpa ditiriskan dan dimasak airnya. Bisa basi

      Hapus
    2. Siap...saya sudah buat n sukses..enak..makasih yahhh ^^

      Hapus
  22. Lagi bikin manisannya mbak endang. Kebetulan di rumah lagi banyak mangga yg mengkel², jadi keinget manisan mangga yg prnah di kasih temennya mama saya. Akhirnya googling lah, nyari kira² mbak endang prnah share resepnya atau nggak. Dan trnyata...ketemu! Langsung deh saya eksekusi. Sambil ngiris² sambil nge cheat makan irisan mangganya pke rebusan gula yg udah hangat dan beuuuhhhh mantap! Saya jd nggak sabar nunggu manisannya jadi. Oh iya mbak, di diamkan di kulkas semalaman gpp kan ya?! Apa nanti hasil jadinya akan beda? Saya takut nanti klo di taruh di suhu ruang, jadi gagal. Ibaratnya saya nyari aman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, Ibu saya sampai sekarang masih suka bikin manisan mangga ini, kalau ketemu mangga mengkel di pasar, pasti beli dan bikin manisan. Sekarang kita bikin versi simple mba, gula, garam dan cabai dimasak sampai mendidih, tunggu dingin, masukkan mangga dan simpan di kulkas. Lagsung bs dimakan, simpan di freezer juga makin lama makin sedep.

      Hapus
  23. Udah lama kepengen bikin manisan mangga yang awet tanpa pengawet dan dikulkasin,puji TUHAN ketemu resep J & T.
    Dengan sedikit penyesuaian agar suami dan gadis kecilku dapat nikmatin.. tanpa cabai,kugunakan mangga harumamis mengkal yang keras dan sedikit bubuk kunyit sebagai pewarna alami jadi daaah.. aroma fermentasi dan rasanya miriiip banget dengan madu. Gak ada kebahagian yang indah untuk seorang ibu jika olahannya jadi favorit keluarga. Makasih mbak Endang.. mau tambahin photo tapi belum ngerti caranya. Gambar ada di wall FBku Yenny Mamæ Chaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingya ya Mba Yenny, senang resepnya disuka. Kalau disini mmg gak bs nambah gambar.

      sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...