18 April 2011

Resep Sup Bola-Bola Tahu


Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Sup, adalah salah satu jenis masakan sayur yang tidak pernah membuat saya bosan. Ini karena kuah sup yang bening dan kaya akan rempah seperti lada dan pala membuat rasanya sangat segar dan tidak eneg. Apalagi jika disantap kala kuahnya masih panas mengepul di saat musim hujan yang dingin. Penderita flu juga disarankan untuk sering-sering mengkonsumsinya, karena hidangan ini kaya akan gizi, menghangatkan dan menambah asupan cairan yang diperlukan tubuh dikala sedang sakit. Bahan-bahan sup sangat fleksibel untuk dimodifikasi sesuai dengan yang kita sukai dan tentu saja yang tersedia di dapur. Sup juga merupakan masakan yang sangat mudah dibuat sehingga boleh dikatakan sebagai sayur sejuta umat, hampir semua yang pernah ke dapur mampu membuatnya.

Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Bagi yang sedang berdiet, sup merupakan makanan yang sangat dianjurkan. Tentu saja sup yang bahan-bahan utamanya terdiri atas sayur mayur. Jika pun ditambahkan daging ayam, biasanya bagian daging yang dipilih adalah bagian dada tanpa kulit karena kandungan lemaknya yang sedikit. Kuah sup yang melimpah menjadikan kita cepat kenyang kala menyantapnya. Jadi bagi yang sedang berdiet, sebaiknya sup disantap sebelum masuk ke hidangan utama, maksudnya agar porsi nasi menjadi berkurang. Walaupun teknik ini tidak berpengaruh pada saya, karena tetap saja porsi sup dan nasi sama banyaknya :)

Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Selain aneka sayur mayur seperti wortel, kapri muda, kol, kentang, buncis dan rempah daun seperti daun bawang dan seledri, sup juga seringkali ditambahkan daging ayam, daging sapi, sosis atau bakso. Penambahan bahan makanan yang mengandung protein ini membuat sup menjadi lebih kaya akan gizi dan vitamin. Untuk resep sup kali ini saya akan menggunakan bola-bola tahu sebagai sumber proteinnya. Membuatnya mudah dan bola-bola tahunya pun bisa dinikmatin terpisah jika tidak suka di masukkan ke dalam sup. Tipsnya, masukkan bola-bola tahu sesaat ketika sup akan dihidangkan ya, supaya tidak lembek.

Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Sup Bola-Bola Tahu
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan bola-bola tahu:
- 5 potong tahu, berat kira-kira 250 gram, hancurkan dengan garpu hingga halus, bungkus tahu dengan selembar kain bersih yang tipis, peras tahu hingga airnya benar-benar habis.
- 2 sendok makan tepung sagu
- 1 butir telur ayam
- 1/2 sendok teh baking powder

Bumbu bola-bola tahu, haluskan:
- 2 siung bawang putih
- 1/4 sendok teh merica butiran
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Bahan sup:
- 2 batang wortel, potong-potong melintang
- 1 genggam kapri muda
- 1 batang daun bawang

Bumbu sup, haluskan:
- 3 butir bawang putih
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1/2 buah pala
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Siapakan mangkuk sedang, masukkan tahu halus, tepung sagu, baking powder, telur dan bumbu halus, aduk rata. Cicipi rasanya. 

Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT
Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT
Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Siapkan minyak di wajan, panaskan dan cetak adonan tahu dengan 2 buah sendok makan menjadi bulatan seukuran bakso. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan. Lakukan hingga semua adonan tahu habis.  

Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT
Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Tumis bumbu halus untuk sop dengan 1 sendok makan minyak hingga harum, angkat dan sisihkan. Siapkan panci sayur, masukkan 1 1/2 liter air di panci dan rebus hingga mendidih, tuangkan tumisan bumbu ke dalamnya. Tambahkan wortel dan masak hingga wortel hampir matang. Masukkan kapri, aduk-aduk hingga empuk. Cicipi sup. Masukkan daun bawang dan angkat. 

Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT
Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Ketika akan disajikan, masukkan bola-bola tahu kedalam sup. Jangan memasukkan bola-bola tahu jika sup belum akan dimakan karena akan membuat bola-bola tahu menjadi lembek dan kurang lezat. 


Sup siap disajikan panas-panas. Enjoy!

Catatan:
Untuk resep bola-bola tahu lainnya yang lebih lezat anda bisa klik di Bola-Bola Tahu Nan Gurih disini. 



5 komentar:

  1. halo mba, mau tanya.. di adonan bola2 tahu keliatan ada daun2an itu apa ya ? krn di resep bumbu halus ato bola2 tahunya tidak ada daun2an.. cm daun bawang di sop belakangan.. terima kasih sbelumnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai seledri atau daun bawang juga oke ya, gak pakai juga gak apa2. Kalau menurut saya resep bola2 tahu yang ini lebih sip:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/06/bola-bola-tahu-goreng-nan-gurih.html

      Hapus
  2. Mba kalau direbus atau dikukus bisa gak? Bentuknya pecah gk nanti ? Soalnya saya lagi diet ,thanksss infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, khawatir saya juga akan hancur ya kalau kukus, saya belum coba hanya saja menurut saya bola2 yang ini agak lembek teksturnya.

      coba pakai resep ini ya.
      http://www.justtryandtaste.com/2011/06/bola-bola-tahu-goreng-nan-gurih.html

      Hapus
  3. Hai mba Endang,

    Hari ini aku coba resepnya dan anakku (4th) Sukaa banget. Katanya enak, tapi aku belum coba lagi puasa.. Hehe

    Oh ya mau tanya, di resep bola tahunya Kan pake baking soda, itu untuk apa ya? Kalo di skip bisakah? Tadi sih aku pakein

    Makasih banyak :)

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...