31 December 2010

Pecak Ikan Gurame


Ketika saya sedang mem-posting artikel resep ini saya baru saja menikmati sepiring nasi panas dengan pecak ikan gurame sambil bertanya-tanya sendiri, "Apakah ada makanan yang lebih laziz dibandingkan ini"? Dalam hati mengucap syukur atas kuliner Betawi yang mantap habis. Pecak ikan gurame ini hanya satu dari sekian banyak masakan Betawi yang saya sukai kecuali tentu saja, semur jengkol.  Memang sedap saat sedang menyantap semur atau rendang jengkol tetapi setelahnya...? Tobat! Aroma kamar mandi dan bau mulut membuat setengah pingsan (lebay dot com). 


Resep pecak ikan gurame ini sebenarnya hasil browsing beberapa web kuliner dan koleksi buku masakan  di lemari, kemudian saya lantas mencoba untuk melakukan modifikasi sendiri dengan menambahkan beberapa bahan di bumbunya. Hasilnya adalah kuah pecak yang kental, sarat bumbu dan nutty karena saya menambahkan kacang tanah dan mete goreng yang dihaluskan. Untuk ikannya anda bisa menggunakan ikan air tawar lainnya selain gurame, misalnya ikan mas, ikan gabus, ikan mujair atau lele.  Perciki kuah pecak dengan air jeruk nipis, rasa asam segar jeruk cocok sekali berpadu dengan kuah pecak yang kental membuat nafsu makan semakin bertambah.

Muffin Selai Nanas (Pineapple Jam Muffin)


Punya selai yang tidak habis terpakai atau bosan hanya untuk olesan roti tawar? Punya tepung terigu? Dengan sedikit kreatifitas dan usaha kedua bahan itu bisa anda kreasikan menjadi muffin selai yang lezat. Membuatnya mudah dan hasilnya cukup memuaskan.  Untuk resep yang ini saya menggunakan selai nanas. Rasa selai nanas yang asam segar, mantap sekali berpadu dengan muffin yang moist dan lembut. Hmm....Yummy! Nah resepnya sendiri saya adaptasikan dari Muffin Keju Lemon yang pernah saya posting sebelumnya. Begitu fleksibel-nya adonan muffin sehingga ditambahkan isi apa pun tetap saja lezat rasanya. Jika anda meragukan tulisan saya ini, silahkan dicoba sendiri. ^_^ 


30 December 2010

Manisan Jeruk Kumquat (Candied Kumquat)


Saya masih ingat ketika masa kecil dulu di Tanjung Pinang, jika datang ke kerabat yang merayakan Imlek, maka aneka manisan dan coklat berjajar menggiurkan di atas meja. Salah satunya adalah manisan kumquat. Manisan dari jeruk kumquat ini memiliki penampilan yang sangat menarik, berbentuk oval dengan warna orange yang menyala terang. Kumquat yang disajikan saat Imlek diolah menjadi manisan dengan penambahan gula dalam pembuatannya. Seluruh buah, kulit dan biji terpakai dan menghasilkan manisan kumquat yang rasanya manis dengan wangi jeruk. So yummy!


Berry Yoghurt


Tidak jelas siapa pertama kali yang menemukan produk susu yang bergizi ini yang jelas yoghurt telah ada selama 5400 tahun, sejak milenium ke-3 sebelum Masehi.  Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu yang dilakukan oleh bakteri fermentasi, hasil akhirnya adalah tekstur dan rasa yoghurt yang khas.  Bakteri yang berperan penting dalam mengubah susu menjadi yoghurt adalah bakteri Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. thermophilus

Proses pembuatannya sendiri sebenarnya tidak rumit, susu dipanaskan hingga mencapai suhu 80'C untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan sekaligus untuk mengubah struktur protein yang terdapat di dalam susu sehingga setelah fermentasi akan membentuk struktur yang lembut dan bukannya gumpalan. Kemudian susu didinginkan hingga mencapai suhu 45'C. Bakteri kemudian ditambahkan ke dalam susu dengan suhu yang tetap terjaga stabil di 45'C. Selain susu dari hewan ternak, susu kedelai bisa juga diolah menjadi yoghurt, yoghurt dari susu kedelai dikenal dengan soy yoghurt. Nah untuk homemade yoghurt anda bisa klik di postingan saya sebelumnya disini ya. 


29 December 2010

Cake Marmer Kukus


Sejak berhasil membuat Cake Kukus Coklat yang pernah saya posting sebelumnya, saya jadi  bernafsu untuk membuat varian cake kukus lainnya. Tidak seperti yang saya bayangkan bahwa membuat cake kukus itu sulit, ternyata setelah tahu tipsnya beberapa kali membuat cake kukus berakhir sukses. Hmm, bagi pemula seperti saya kemajuan ini sangat berarti. Memotivasi dan mengobarkan semangat. Sebuah ilmu apalah artinya jika tidak dibagikan dengan yang lain bukan? Terutama dibagikan ke mereka yang sampai saat ini masih saja gatot.com jika berhubungan dengan buat-membuat cake. So, di postingan kali ini saya tampilkan resep membuat cake marmer kukus beserta tips-tips-nya yang mudah. Tertarik? Yuk, lanjut! ^_^


28 December 2010

Rujak Petis


Rujak petis di kampung halaman saya, desa Paron, Ngawi cukup terkenal. Makanan ini memang berasal dari daerah Jawa Timur dan masih bersaudara dengan rujak cingur. Bumbu yang digunakan untuk keduanya sama, yang membedakan hanya rujak  petis tidak menggunakan cingur/kikil sapi. Komposisi utama rujak petis adalah kangkung rebus, potongan tahu dan tempe goreng, kemudian semua bahan ini di campur dengan bumbu kacang tanah yang diberi petis. Nikmat dan segar sekali. Bisa juga menambahkan potongan nanas atau kedondong untuk cita rasa asem-asem segar seperti yang biasa ditambahkan di rujak cingur. 

27 December 2010

Lemon Cheese Steamed Cake (Cake Kukus Keju Lemon)


Lemon cheese steamed cake ini merupakan cake kukus biasa hanya saja di resep ini saya tambahkan lemon ekstrak dan keju parut supaya lebih spesial. Steamed cake atau biasa dikenal dengan chinese steamed cake atau Ma Lai Gao (Malai Cake) merupakan cake yang yang biasa disajikan pada perayaan hari besar China. Teknik membuat cake dengan cara kukus merupakan kekhasan cake-cake khas China. Karena proses memasaknya ini dan penggunaan minyak canola atau minyak jagung sebagai pengganti mentega membuat kue ini diklaim lebih sehat dibandingkan dengan versi ovennya.


26 December 2010

Tips Membuat Muffin


Beberapa kali membuat muffin mulai dari yang gagal: kue berakhir bantat sehingga bisa mental jika dipukul dengan raket tenis atau justru terlalu lembut dan mengembang sehingga muffin kurang padat. Paling sering adalah mengisi adonan terlalu penuh sehingga kue meledak, meleleh keluar kertas cetakan membuat kue berakhir mengerikan seperti swamp thing (monster rawa). Atau yang berakhir sukses, pas sesuai dengan keinginan. Kue terasa moist, lembut. Mengembang dengan baik namun tetap padat dengan tingkat rasa manis yang pas. Membuat kue memang memerlukan uji coba dan jam terbang, makin sering membuatnya membuat anda semakin tahu dan jeli dalam mengenali karakternya masing-masing. Beberapa tips yang di sertakan dalam resep yang ditampilkan di website dan komentar dari para reviewer yang telah mencoba sangat berguna sebelum kita memulainya. 


Muffin Keju Lemon (Lemon Cheese Muffins)


Bread Talk menurut saya menjual muffin keju yang paling enak, kejunya terasa, manisnya pas, moist, lembut dan padat. Ukuran muffin-nya juga jumbo, jadi makan satu saja telah membuat perut terasa kenyang. Muffin sendiri merupakan kue yang mudah proses pembuatannya, yang penting adalah komposisi takarannya harus pas. Jika terlalu banyak mentega maka tekstur dan rasa kue akan berakhir seperti cake. Kurang mentega dan gula maka muffin akan mirip-mirip dengan roti. Tips lainnya adalah, jangan mengaduk adonan terlalu lama karena muffin akan menjadi bantat.

Nah, yang akan saya bagi kali ini adalah muffin keju. Rasanya sangat lezat, komposisi takarannya juga pas. Yup, muffin keju ini 'hampir' mirip dengan yang dijual di Bread Talk. So, kenapa tidak buat sendiri saja? Proses pembuatannya juga cepat, jadi bagi yang malas di dapur tapi ingin kudapan spesial buat keluarga, cobalah yang satu ini.

Sate Sapi Bumbu Dendeng


Dulu waktu masih suka jalan ke Bandung dan mengunjungi factory outlet, ada satu FO yang suka saya datangi, Rumah Mode. Barangnya banyak dan lengkap, koleksinya juga bagus-bagus dan up to date.  Selain itu FO ini juga memiliki restoran yang menjual masakan khas Sunda yang lezat. Nasi timbel dan aneka lauk-pauk yang digoreng. Di depan restoran, berjajar gerobak-gerobak mini penjual aneka makanan lainnya, salah satunya adalah sate sapi. Daging sapinya dipotong ukuran besar dengan bumbu mirip dendeng, manis asin gurih. Ditemani dengan lontong dan siraman sambel kacang yang lezat. Wuihh, sedap! Tidak heran antrian pembelinya juga panjang dan lama.


25 December 2010

Tempe Penyet


Tempe, makanan asli Indonesia. Di negara kita hampir seluruh penduduknya mengkonsumsi makanan ini. Lezat, bergizi dan mudah diolah menjadi ratusan resep sedap yang menggiurkan. Karena gizi dan kelezatannya lah, kini tempe tidak hanya dinikmati oleh masyarakat kita tetapi telah mendunia dan menjadi salah satu menu utama vegetarian. Tempe juga merupakan makanan favorit saya, hampir setiap hari saya menyantapnya. Makan rasanya menjadi tidak lengkap jika tidak ada lauk ini. Paling mantap jika pas hari libur, pagi hari menonton acara di tivi sambil ditemani sepiring tempe goreng panas yang asin dan gurih plus segenggam cabe rawit. Wuihh sedap! Tempe goreng nikmatnya selagi panas ketika baru keluar dari penggorengan. Bahkan keponakan saya pun, si krucil-krucil menggemarinya. 


Laksa Ayam


Laksa merupakan makanan mie berkuah dengan cita rasa bumbu yang kental yang berasal dari kultur Peranakan, dimana kultur ini merupakan gabungan dari China dan Malay (Malaysia, Singapura dan sedikit budaya Indonesia). Nama laksa sendiri tidak jelas diambil dari mana, ada beberapa teori yang mengatakan bahwa laksa diambil dari bahasa Hindi/Persian lakhshah, mengacu pada mie bihun yang dipergunakan, kata ini kemungkinan bermuara dari bahasa Sanskerta lakhsan yang artinya 'seratus ribu' (lakh). Tapi ada juga teori yang mengatakan bahwa nama laksa diambil dari bahasa Canton China yang artinya 'spicy sand' (pasir berbumbu), mengacu pada udang kering yang dihaluskan yang memberikan tekstur kasar seperti pasir pada kuah laksa. 


24 December 2010

Ekkado


Gorengan ala Jepang memang beraneka ragam dan lezat, sebut saja tempura, segala macam sayuran bisa digoreng menjadi tempura. Atau menu yang ada di Hoka-Hoka Bento: Kani Roll, Ebi Furai, Chicken Egg Roll, Shrimp Roll dan masih banyak lagi. Nah, ada satu nih yang bentuknya lucu menyerupai buntelan yang diikat ujungnya dan berisi daging ayam & udang cincang plus telur puyuh. Namanya ekkado. Iseng karena kulit kembang tahu masih tersisa ketika membuat Chicken Shrimp Roll,  akhirnya saya pun menyulapnya menjadi Ekkado. Okeh memang ekkado buatan saya tidak secantik di Hokben hanya saja untuk urusan rasa saya percaya diri, ekkado buatan saya bisa diadu ^_^. Berbeda dengan Hokben, ekkado yang ini menggunakan wortel parut dan daun bawang supaya lebih sehat dan lezat.


Muffin Pisang (Banana Muffin)


Muffin merupakan kue khas Inggris yang lahir dari jaman Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijajakan oleh pedagang keliling yang menjualnya dengan nampan yang di letakkan di atas kepala. Kue ini  berbentuk seperti cake mini atau cupcakes hanya saja rasanya biasanya tidak semanis cupcakes dan umumnya disajikan saat breakfast atau sebagai kudapan. Di Inggris, muffin terbuat dari tepung yang diberi ragi (yeast) namun seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan di dunia makanan, proses pembuatan muffin menjadi lebih simple. Di Amerika, bahan pengembang muffin menggunakan baking powder dengan variasi muffin yang beraneka ragam, seperti chocolate chips, labu kuning, raspberry, blueberry, wortel, strawberry dan masih banyak lagi.


23 December 2010

Nasi Goreng Serai ala Just Try & Taste


Terus terang saya bukan penggemar nasi goreng, pernah 'trauma' gara-gara makan nasi goreng campur telur orak-arik. Rasa amis telur yang menyengat membuat isi perut langsung naik ke atas. Setelah itu saya berusaha menjauhi si nasi goreng. Tapi apa daya, nasi goreng merupakan alternatif tercepat memanfaatkan nasi yang tersisa. Memang sih ada menu lainnya yang bisa di kreasikan misalnya nasi pepes. Hanya saja bagaimana kalau di pagi hari dengan waktu terbatas dan terburu-buru untuk menyiapkan sarapan dan tidak memiliki daun pisang? Nasi pepes hanya tinggal khayalan saja.


Sayur Rebus Saus Keju


Waktu yang terbatas bukan berarti membuat anda tidak bisa mempersiapkan makanan yang lezat dan bergizi untuk diri sendiri maupun keluarga. Sayur rebus saus keju ini contohnya. Mudah, cepat dan lezat.  Saya tertarik untuk mencoba resep sayur ini saat membacanya di blog Seasonal Ontario Food, karena proses memasaknya yang simple dan terlihat lezat.  Tentu saja, saya tidak kuasa menolak segala sesuatu yang berbentuk sayuran. Melihat gambarnya saja di website telah membuat air liur saya menetes. Karena menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya maka sayur rebus ini cukup mengenyangkan, jadi bagi anda yang menghindari nasi, menu ini bisa menjadi alternatif penggantinya. Sebagai informasi, kentang mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam pembentukan sel tubuh. Selain itu kulit kentang juga mengandung serat yang tinggi,  jadi saya menggunakan daging dan kulitnya sekaligus untuk dimasak.


22 December 2010

Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)


Saya kadang terheran-heran sendiri dengan resep-resep cake dalam negeri yang suka sekali menggunakan telur berbelas bahkan berpuluh butir. Lebih takjub lagi kalau menemukan resep yang salah satu bahannya menyebutkan: 12 butir telur dan 6 kuning telur. Tobat! Lantas sisa 6 putih telur lainnya mau diapakan yak? Atau resep kue lapis legit yang menggunakan 90 butir telur. 90 butir! Hampir 6 kilo telur sendiri digunakan untuk satu loyang kue. Kolesterol tinggi dan boros! Akhirnya sayapun menghindari cake-cake yang seperti itu, selain berat diongkos juga kurang tantangan, dengan telur sebanyak itu cakenya pasti lezat. Bagi saya,  akan menjadi satu kebanggaan tersendiri jika berhasil membuat cake dengan bahan yang minim tetapi dengan rasa yang sedap (alasan yang dicari-cari padahal sebenarnya ngirit menjadi fokus utama). Yah, yang penting hobi memasak masih bisa jalan terus tanpa berat di kocek. ^_^

Sate Lilit Ikan


Kalau pergi ke Bali, hidangan bernama sate lilit ini biasa disajikan disana. Dihidangkan di rumah makan tradisional dan hotel berbintang atau  dijajakan berkeliling oleh pedagang sate dengan menggunakan pikulan. Sate lilit Bali terbuat dari ikan laut  berukuran besar seperti ikan tuna yang diberi kelapa parut yang disangrai ditambah rempah-rempah kemudian dililitkan ke batang bambu yang pipih dan lebar ataupun ke batang serai. Unik dan lezat.


21 December 2010

Crispy White Chocolate & Lemon Cookies


Cookies ini mudah sekali membuatnya, bahannya juga tidak macam-macam, namun rasanya lezat dan chrispy. Renyah digigitan pertama dan kemudian lumer sempurna di lidah.  Perpaduan kulit jeruk lemon dan coklat putihnya membuat cookies ini menjadi istimewa. Anda tidak akan menyesal mencoba membuatnya di rumah untuk menemani segelas teh atau coklat hangat. Pusing memikirkkan camilan untuk si buah hati? Kenapa cookies ini tidak menjadi pilihan anda? Simpan cookies di wadah yang rapat, masukkan ke kulkas jika perlu supaya cookies tetap renyah. Teksturnya yang ringan memang membuatnya mudah sekali melempem jika terekspos oleh udara terbuka.

20 December 2010

Chicken Shrimp Roll

Selain Chicken Yakiniku yang pernah saya posting sebelumnya, ada satu lagi nih makanan favorit saya jika bersantap di Hoka-Hoka Bento. Kani Roll. Gulungan daging kepiting dan telur yang digoreng ini sangat lezat, pas sekali dicocol dengan mayonaise dan saus sambal membuat saya penasaran bagaimana cara membuatnya. 

Browsing sana sini akhirnya saya menemukan juga resep yang pas. Yang ini bernama Chicken Shrimp Roll karena menggunakan daging ayam dan udang yang dicincang, kemudian dibungkus dengan kulit kembang tahu. Rasanya? Jangan khawatir, hampir mirip kok dengan Kani Roll di Hokben. Tipsnya, cari kembang tahu yang utuh dan tidak pecah agar hasilnya bagus. Rendam dalam air dingin hingga kulit kembang tahu benar-benar lemas. Ketika akan menggoreng roll, sebaiknya celupkan dulu ke dalam telur kocok supaya kulit tahu tidak kering dan mengelupas, hasilnya pun lebih cantik.


19 December 2010

Fruitcake


Bagi yang merayakan Natal, fruitcake sepertinya salah satu kue wajib untuk disajikan di hari besar tersebut. Tetapi bagi yang tidak merayakannya seperti saya, cake buah ini menjadi favorit karena rasanya yang lezat. Kolaborasi antara cake yang manis, lembut & legit dengan buah kering yang asam-asam segar, pas banget di lidah.

Sebelum memutuskan untuk membuat fruitcake yang ini, saya telah membaca puluhan resep fruitcake di website dan aneka buku masakan. Mengkoleksinya bahkan di notebook saya. Target saya, resep yang mudah, bahannya juga tidak 'neko-neko' dan tentu saja terjangkau harganya. 'Riset' ini saya lakukan karena tidak ingin terjadi lagi kebingungan dengan hasil akhirnya seperti resep sebelumnya di Chocolate Fruitcake :)

Soto Tangkar



Wuih, rumah Pete sedang ada renovasi atap total. Mulai dari teras hingga ruang tamu hanya beratapkan langit, sehingga hujan deras mengucur dengan bebas. Bapak-bapak tukang sibuk berseliweran kesana kemari mengangkut kayu dan membersihkan sisa-sisa bongkaran untuk persiapan pemasangan kerangka baja.  

Hmm, hujan-hujan begini enaknya memberi makan siang apa ya untuk Bapak-Bapak yang sedang bekerja keras ini? Pilihan saya jatuh ke soto. Segar berkuah dan sedap di makan dengan nasi putih. Bosan dengan soto yang hanya berkuah bening saja, saya memilih soto tangkar. Soto dari Betawi ini berkuah santan dan menggunakan jeroan sapi seperti paru dan babat. Mirip-mirip dengan soto betawi sebenarnya, bedanya soto tangkar tidak menggunakan kentang goreng didalamnya.

Jeroan sapinya saya rebus dahulu dengan bumbu soto hingga empuk dan bumbu meresap. Baru kemudian kuah kaldunya dimasak dengan santan hingga matang. Hasilnya, paru dan babat terasa lebih gurih dan tasty.

18 December 2010

Panada Isi Tuna


Di kantor saya yang lama ada teman dari Manado, Arnold, yang suka sekali membawa panada. Panada buatan Ibunya itu memang mantap sehingga walaupun ukurannya jumbo, makan satu pun terasa masih saja kurang :). Kulit panada yang seperti roti goreng terasa empuk di mulut, pas sekali di kombinasikan dengan isinya yaitu berupa suwiran cakalang yang dimasak dengan bumbu yang nendang di lidah. Hmm!

Kangen kepingin mengudap panada, akhirnya saya mencoba membuatnya sendiri. Toh membuat adonan kulitnya tidak beda-beda jauh dengan donat. Untuk cakalangnya saya ganti dengan ikan tuna. Kebetulan fillet tuna beku saya di kulkas masih cukup banyak.  Bisa juga anda ganti dengan ikan tongkol. Rasanya tetap laziz lho. Saya pernah mencoba  abon ikan tongkol untuk isian roti. Nah untuk Roti Isi Abon Ikan Tongkol, resepnya bisa anda klik disini.

Panada yang asalnya dari Manado ini, merupakan sejenis roti goreng yang diisi dengan olahan dari ikan, biasanya ikan yang digunakan adalah cakalang asap. Daging cakalang dimasak dengan aneka rempah dan santan hingga santan mengering dan daging ikan menjadi seperti abon yang basah. Adonan kemudian dibentuk menyerupai pastel besar dan digoreng. Hidangan ini cukup mengenyangkan dan bisa tahan hingga 3 hari.


Fettuccine Schotel


Fettuccine dan golongan pasta lainnya ternyata cukup fleksibel untuk diolah menjadi aneka makanan yang lezat. Contohnya yang saya tampilkan berikut ini, Fettuccine Schotel. Creamy, cheesy dan veggie. Untuk buah hati anda yang masih balitapun oke karena cukup menyehatkan. Fettuccine-nya bisa anda ganti dengan mie, macaroni, atau spaghetti. 


Sayuran yang digunakan bisa anda adaptasikan sendiri.  Diresep aslinya seharusnya menggunakan kacang polong, berhubung stok telah habis maka saya ganti dengan broccoli. Bisa pula ditambahkan jagung manis, jamur atau kembang kol.  Isiannya pun bisa variatif,  disini saya menggunakan bakso dan sosis, boleh juga dimasukkan daging sapi cincang yang ditumis. Untuk loyangnya, sebaiknya gunakan kaca tahan panas atau pyrex. Disini saya menggunakan mangkuk-mangkuk kaca kecil dengan diameter sekitar 10 cm, 1 mangkuk cukup untuk satu porsi.

16 December 2010

Sop Iga



Kemarin malam pas pulang kantor, hujan turun deras sekali. Untungnya jalur Sudirman - Blok M lancar jaya, jadi sekitar pukul 7 malam saya sudah tiba di rumah Pete. Suhu dingin, perut keruyukan, niat untuk tidak makan malam akhirnya saya cancel. 'Ubek-ubek' isi kulkas, saya melihat potongan iga rebus yang saya beli Sabtu lalu untuk membuat Bebalung Asam Pedas, - resep pernah saya posting sebelumnya - wortel dan kentang. Hmm, Sop Iga! Ide itu langsung tercetus dalam pikiran saya. 

Sop iga, membuatnya mudah dan tidak perlu menunggu lama karena iganya telah saya rebus sebelumnya. Potong-potong wortel dan kentang dalam ukuran besar, cemplung bumbu sana dan sini, jadi deh. Semangkuk sop yang gurih, panas dan segar!


15 December 2010

Gurame Acar Kuning ala My Mother


Gurame merupakan ikan air tawar yang paling saya gandrungi. Yah, siapa sih yang tidak suka dengan ikan yang satu ini? Dagingnya lembut dan tidak bau lumpur serta jika digoreng garing semua bagian ikan hingga kepalanya bisa dilahap, hingga membuat si Meong 'kesel' minta ampun. Ikan ini juga flexible alias diolah menjadi aneka masakan juga oke. Mau di masak utuh atau di fillet cocok-cocok saja. 

Kali ini saya akan membuat gurame acar kuning, resep ini dari Ibu saya yang suka memasaknya untuk keluarga. Biasanya Ibu saya menggunakan ikan laut seperti kembung, selar, tongkol, atau kakap. Semuanya enak. Saya juga memasukkan wortel dan ketimun sehingga hidangan ini lebih lengkap jika anda malas untuk memasak sayur.

Anda bisa menggunakan gurame utuh dan menggorengnya dalam minyak yang banyak hingga ikan garing ketulang dan siripnya. Atau minta ke abang penjual ikan untuk mem-fillet-nya, supaya keluarga anda  mudah menyantapnya.

Chicken Yakiniku



2 tahun tinggal di Jepang, tidak membuat taste Tedy, adik saya, berubah. Tetap tidak doyan dengan masakan Jepang yang menurut dia hambar, no taste. Tetapi kalau makan di Hoka-Hoka Bento, yang cita rasanya telah disesuaikan dengan lidah Asia kita, baru masuk. 

Salah satu menu yang suka kami pesan jika makan di resto cepat saji tersebut adalah chicken yakiniku. Potongan ayam tanpa tulang yang dimasak dengan irisan bawang bombay dan saus gurih kecoklatan ini memang membuat ketagihan. Pas banget jika dimakan dengan nasi putih hangat. Hmm, yummy!

14 December 2010

Caribbean Coconut Cake



Cake kelapa ini relatif mudah membuatnya dan rasanya juga lezat. Sejak membaca resepnya di buku Cakes & Bakes, saya sudah penasaran ingin mencobanya. Seperti apa rasanya ya cake dengan campuran kelapa parut sangrai di dalamnya? Hasilnya adalah, cake yang moist, lembut dan agak remah, jadi hati-hati saat memotongnya.

Untuk kelapanya, gunakan kelapa yang masih muda, buang kulitnya, parut dan sangrai menggunakan api kecil hingga kering. Warnanya sebaiknya kuning sedikit kecoklatan saja, jadi jangan terlalu lama menyangrainya. Kelebihan kelapa sangrainya masukkan ke dalam plastik terikat rapat, cemplungkan deh ke kulkas. Anda bisa gunakan untuk membuat cookies atau kue lainnya.


Bebalung Asam Pedas



Melihat acara jalan-jalan kuliner di televisi memang mengasyikkan, hari Sabtu dan Minggu pagi lewat begitu saja tak terasa sambil melihat parade masakan lezat yang tidak saja membuat mulut ngiler dan perut lapar tetapi juga hati sedikit 'gondhok' karena letaknya yang jauh. 

Contohnya makanan yang bernama bebalung ini, aslinya dari NTB. Masakan ini berisi potongan iga dan tulang belulang yang dimasak bersama aneka bumbu dengan cita rasa asam pedas dan kuah yang mengepul panas. Wuih, sepertinya mantap! Kalau yang berkuah, asam dan pedas memang membuat saya tak tahan untuk mencicipinya. Sedikit sesal dalam hati, ketika jalan ke Lombok beberapa tahun yang lalu saya hanya mencoba ayam taliwang dan plecing kangkungnya saja.

Okeh, kenapa tidak kita coba buat saja? Di acara tersebut di perlihatkan si ibu yang sedang meracik iga dengan aneka bumbu dan belimbing wuluh. Sepertinya mudah. Jadi sayapun terjun ke dapur untuk membuatnya, resepnya saya adaptasikan dari Tabloid Nova, Bebalung Sapi. 

13 December 2010

Asem Gurih, Tahu Gejrot Belimbing Wuluh



Siang-siang panas-panas, selain rujak dan es kelapa muda ada satu lagi makanan yang masuk ketegori ringan dan bergizi. Tahu gejrot! Buat yang perutnya masih setengah kenyang tetapi mulutnya kepengin ngemil, nah kenapa tidak mencoba yang ini saja sambil menunggu sesi makan berat selanjutnya.

Tahu gejrot ini banyak dijumpai di Jakarta dan dijual dengan menggunakan pikulan atau gerobak mini. Biasanya si abang penjualnya  selain menjual tahu gejrot juga menjual tahu goreng sumedang. Karena memang bahan utama si tahu gejrot adalah tahu goreng yang yang digoreng dengan minyak banyak sehingga menggelembung dan kempos di dalam.

Komposisi utamanya adalah potongan-potongan tahu goreng yang diiris kasar kemudian disiram dengan kuah gula merah yang diberi asam jawa. Bumbunya biasanya adalah cabai rawit hijau dan bawang merah yang diulek kasar di cobek tanah liat. Rasanya manis, asam  dan pedas bercampur dengan gurihnya tahu. Hmm, bikin ketagihan!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...